BlogPemilik PropertiDesain HunianNggak Bikin Boncos! Ini Biaya Pembuatan Kolam Ikan Minimalis!
0
0

Nggak Bikin Boncos! Ini Biaya Pembuatan Kolam Ikan Minimalis!

Dipublikasikan oleh  

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
biaya pembuatan kolam ikan minimalistop-right-banner

Memiliki kolam ikan di taman rumah tentu bisa membuat rumah terasa sejuk dan asri. Selain itu, kolam ikan di rumah juga bisa jadi tempat untuk menghilangkan stres, lho. Beberapa jenis ikan yang bisa menjadi bagian dari kolam ikan tersebut, di antaranya ikan koi atau ikan mas. 

Tertarik untuk membuat kolam ikan di rumah? Tapi, berapa ya biaya pembuatan kolam ikan beton di rumah? Daripada bingung, langsung saja, simak rincian biaya pembuatan kolam ikan minimalis berikut ini! Yuk, simak! 

Bagaimana Konsep Kolam Ikan Minimalis?

Kalau kamu ingin memiliki kolam ikan dengan budget yang terjangkau, kolam ikan konsep minimalis bisa jadi pilihannya. Konsep kolam ikan minimalis ini terbilang unik dibanding kolam ikan pada umumnya. Meskipun begitu, konsep ini cukup diminati karena cukup menarik dan harga pembuatannya yang terjangkau. 

Bentuk dan konsep kolam ikan ini hampir aquarium dalam rumah yang diletakkan di luar ruangan. Pasalnya, bentuk dan desainnya berbentuk kubus atau persegi panjang dengan material dindingnya berupa pembatas kaca transparan. 

Ukuran kolam ikan minimalis pun terbilang cukup kecil, yaitu mulai dari ukuran 100 cm x 80 cm, 150 cm x 70, dan sebagainya. Ukurannya dapat kamu sesuaikan dengan ukuran lahan yang akan digunakan untuk kolam ikan. 

Oh iya, jika kamu ingin memiliki kolam ikan minimalis yang lebih praktis, kamu bisa membeli kolam ikan minimalis yang sudah jadi. Kamu hanya perlu memasangnya di lahan tertentu di rumah kamu. Namun, untuk harga yang perlu dikeluarkan mungkin akan lebih mahal daripada membuatnya sendiri.

Baca juga: Inspirasi Kolam Ikan Batu Alam Minimalis untuk Halaman Rumah 

Biaya Pembuatan Kolam Ikan Minimalis

Mari simak ilustrasi jika kamu membuat kolam ikan dengan ukuran berikut. Anggaplah kamu ingin membuat kolam ikan minimalis dengan ukuran panjang sekitar 1,5 meter, lebar sekitar 80 cm, dan kedalaman sekitar 60 meter. 

Ukuran tersebut pun dapat disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia di rumah kamu. Kamu bisa memanfaatkan lahan mini di belakang rumah atau depan rumah sebagai tempat kolam ikan minimalis. 

Berikut daftar biaya yang perlu dikeluarkan:

RincianQtyHargaTotal
Semen3Rp 55.000Rp 165.000
Batu Bata Merah300Rp 500Rp 150.000
Pipa Keci T4Rp 5.000Rp 20.000
Pipa ¾ Inci 6Rp 8.000Rp 8.000
Pipa Keni L10Rp 5.000Rp 50.000 
Lem Pipa PVC1Rp 8.000Rp 8.000
Keramik Batu3Rp 65.000RP 195.000
Kaca 100 mm (100 cm x 40 cm)1Rp 130.000Rp 130.000
Pelapis Anti Bocor1Rp 65.000Rp 65.000
Gaji Tukang1Rp 250.000Rp 250.000
TOTALRp 1.041.000

Dari ilustrasi di atas, bisa dilihat bahwa estimasi total biaya yang harus disiapkan sekitar Rp 1.041.000. Biaya di atas mungkin bisa lebih atau kurang tergantung dari kolam ikan yang akan kamu buat, ya. 

Baca juga: Cara Membuat Kolam Koi Minimalis dan Contohnya! 

Faktor Pengaruh Harga Kolam Ikan Minimalis

mustikaland.co.id

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya estimasi biaya di atas bisa saja lebih mahal atau lebih murah, ya. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi biaya pembuatan kolam ikan yang akan dikeluarkan. Nah, beberapa faktornya adalah sebagai berikut. 

Ukuran Kolam

Jika kamu ingin membuat kolam dengan ukuran lebih besar, kamu tentu perlu membutuhkan keramik tambahan, kaca berukuran lebih besar, serta jumlah pipa yang lebih banyak. 

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap biaya pembuatan kolam ikan yang akan dikeluarkan. Jika kamu ingin membuat kolam minimalis mungkin kamu bisa lebih menghemat budget. 

Desain Kolam Ikan

Faktor biaya pembuatan kolam ikan semakin besar juga bisa dipengaruhi oleh desain kolam ikan yang akan dibuat. Misalnya desain kolam ikan menggunakan batu alam, tentu harganya akan berbeda dengan menggunakan kaca. 

Untuk itu, kamu bisa membuat desainnya terlebih dulu untuk menentukan anggaran dalam pembuatan kolam ikan minimalis. Sebisa mungkin desainnya juga tidak banyak interior yang membutuhkan anggaran lebih. 

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kolam Ikan Lahan Sempit 

Kualitas Kolam

Biaya pembuatan kolam ikan minimalis juga bisa berbeda-beda tergantung pada kualitas barang yang digunakan. Jika menggunakan jenis semen atau keramik model tertentu, kamu mungkin membutuhkan anggaran yang lebih banyak. 

Material dan Aksesoris yang Digunakan Kolam

Tampilan kolam ikan minimalis juga perlu dibuat dengan dekorasi tambahan. Tujuannya supaya tampilannya terlihat menawan. Misalnya memasang lampu UV aquarium, atau beberapa tanaman untuk sekitar kolam. 

Perlu diingat bahwa kolam ikan minimalis ini juga termasuk eksterior rumah yang dapat mempercantik hunian. Jadi, buatlah tampilannya dapat mempercantik rumah kamu. 

Demikianlah rincian harga kolam ikan minimalis yang bisa kamu lihat. Ternyata membuat kolam ikan minimalis di rumah tidak terlalu mahal, bukan? Biayanya kurang lebih hanya sekitar Rp 1 juta-an saja. Model kolam ikan ini bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin memiliki kolam ikan di rumah yang ramah di kantong. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download