BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif
0
0

15 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 30, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kantor merupakan tempat karyawan berpikir kreatif dan berfokus menyelesaikan pekerjaan. Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja mereka. Selain itu, interior kantor yang estetik dapat menarik perhatian tamu yang datang ke kantor tersebut. Ada beragam konsep interior yang bisa dibangun di tempat kerja. Selain memperhatikan pemilihan warna, Pins juga harus mempertimbangkan furniture dan material dinding serta plafon kantor. Simak artikel ini untuk mengetahui interior kantor yang estetik!

Baca juga: 15 Desain Ruang Kantor Minimalis Hingga Modern yang Menarik Hati

Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Kantor akan menjadi tempat singgah para karyawan dalam membantu pencapaian perusahaan. Dalam prosesnya, para karyawan akan bekerja secara kreatif dan produktif di dalam gedung kantor tersebut. Demi mewujudkan suasana yang mendukung karyawan untuk tetap kreatif dan produktif, dibutuhkan lingkungan yang mampu menciptakan suasana tersebut.

Salah satunya adalah dengan cara membangun interior kantor yang indah untuk dipandang mata, memberikan kenyamanan, dan ketenangan. Berikut ini beberapa referensi interior kantor estetik yang mampu memberikan kenyamanan dan keproduktifan:

1. Minimalis

Source : Pexels

Konsep kantor minimalis cocok untuk perusahaan dengan jumlah pegawai yang minim. Desain kantornya menggunakan dominasi warna cerah seperti putih, kuning maupun krem. Warna ini menampilkan ruangan yang bersih dan tampak elegan.

Lahannya yang terbatas cenderung memanfaatkan perabotan yang multifungsi. Kebanyakan furniture built in atau portable. Setiap sudut digunakan secara maksimal seperti adanya celah sempit dapat ditambahkan partisi HPL sebagai rak tambahan. Setiap perabotan memiliki jarak yang cukup jauh sehingga ruangan terasa tidak penuh.

Warna dinding bisa memakai 2-3 warna sekaligus. Kombinasikan dengan dindng bertekstur dari pemakaian wallpaper maupun wall sticker. Rak dan meja ditempatkan menempel ke dinding. Berkas maupun dokumen disimpan dengan cara diberdirikan. Dengan begitu ruang terasa lebih rapi.

Baca juga: 10 Desain Ruang Tunggu Kantor Paling Nyaman

2. Industrial

Source : Pexels

Selanjutnya ada interior bergaya industrial yang kini semakin diminati startup. Ciri dari gaya industrial adalah memakai bahan dasar metal dan dinding batu bata. Style cenderung campuran material yang mentah.

Dinding unfinished dan furniture yang mempertahankan warna alaminya. Dinding batu batanya tidak diberi lapisan dan dicat. Bagian langit-langitnya dibuat tinggi dan didominasi warna hitam, abu-abu, putih, emas dan lainnya.

Meja kantor terbuat dari kombinasi kayu dan metal. Konsep ini dianggap ramah lingkungan karena tak jarang memakai barang-barang bekas sebagai furniture.

3. Kontemporal

Source : Pexels

Interior ini sering mengusung apa yang sedang viral. Umumnya menggunakan satu warna saja dalam ruang kerjanya. Pemilihan warnanya netral misalnya hitam, abu-abu, biru hingga monokrom.

Desain kontemporer memperhatikan penggunaan cahaya. Furniture yang dipakainya lebih modern dan kekinian. Konsep kantor seperti ini sering dimanfaatkan untuk ruangan eksekutif maupun ruang meeting.

Baca juga: 10 Tips Memilih Rumah di Sekitar Perkantoran

4. Retro Funky

Source : Unsplash

Ciri khas dari interior ini adalah penggunaan warna yang shocking. Contohnya saja warna orange, kuning, pink an lainnya. Warna ini tidak hanya diimplementasikan pada dindingnya saja namun juga furniturenya.

Permainan motif berupa geometris mendominasi. Pins bisa memakainya untuk bagian plafon ruangan agar terlihat lebih artistik. Berikan warna yang kontras pada dinding untuk mempertegas area tertentu seperti pada gambar diatas.

5. Klasik

Source : Pexels

Gaya klasik mengedepankan keseimbangan dan keharmonisan yang sempurna. Perabotan yang dipakai cenderung berukuran besar baik pada meja maupun sofa dan lainnya. Dominasi warna yang digunakan cenderung gelap seperti hitam.

Warna ini diseimbangkan dengan warna terang seperti putih untuk menciptakan keharmonisan.

Baca juga: 10 Desain Ruangan Kantor Mewah yang Super Cozy

6. Bohemian

Source : Pexels

Jenis gaya bohemian menggabungkan antara vintage, hippies dan klasik. Bohemian merupakan wujud kebebasan dalam koleksi warna-warni serta mencerminkan individualitas.

Bohemian muncul dari ketidakpastian dan dibuat secara spontan. Desainnya menjelaskan kaun gypsya yang suka berpindah tempat dalam jangka waktu pendek. Tak heran bila interiornya unik sebab tidak teratur.

7. Victoria

Source : Unsplash

Jika suka dengan arsitektur Inggris bisa menerapkannya interiornya pada plafon kantor. Gaya Victoria mengadopsi nilai seni kerajaan Inggris.

Pencahayaannya berasal dari lampu maupun lilin. Warna yang sering digunakan adalah hijau tua, emas hingga merah tua. Lantainya pun dilengkapi karpet mewah seperti bahan bulu sehingga menciptakan kesan elegan pada ruangan.

Bagian langit-langit menjulang tinggi. Furniturenya dikenal mewah dengan material mahal seperti pemakaian batu marmer maupun granit. 

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kantor Kecil Terbaik 2024

8. Coastal

Source : Unsplash

Coastal sering pula disebut sebagai desain interior nautical. Interior ini menghadirkan elemen bersuasana pantai. Terlihat jelas pada ruangan yang dipenuhi hiasan dinding berbau pantai.

Misalnya saja ornamen pasir, ombak hingga matahari. Interior seperti ini membuat kerja otak lebih santai dan mengurangi stres.

9. Eklektik

Source : Unsplash

Interior dengan gaya eklektit merupakan perpaduan antara klasik populer dan retro. Furniturenya memakai warna kontras dan cerah serta aktraktif. Tak ada aturan sama sekali sehingga Pins diberi kebebasan berkespresi, asalkan permainan mix & match tepat dan menyatu dengan ruangan tersebut.

Baca juga: 10 Ide Desain Kamar Mandi Kantor Menarik

10. Vintage

Source : Pexels

Ruangan bergaya vintage memiliki perabotan yang antik. Ruangan didominasi warna coklat tua dari material kayu sebagai bahan lantai maupun rak. Konsep vintage mewakili model kuno namun terlihat kokoh. Visualnya enak dipandang dan memberikan kesan hangat.

11. Skandinavian

Source : Unsplash

Skandinavian diadopsi dari interior di negara Nordik. Konsep ini terkenal akan ruangan yang ramah lingkungan. Interiornya memaksimalkan cahaya alami dan menghemat energi.

Ruang kerja akan memiliki jendela yang besar sehingga cahaya masuk didalam ruangan dapat maksimal. Selain itu ada tanaman dalam ruangan untuk menciptakan kesan asri. Furniturenya berasal dari alam seperti kursi rotan maupun meja kayu.

Baca juga: 10 Panduan Desain Kantor Industrial Untuk Setiap Area Kerja

12. Homey

Source : Unsplash

Desain kantor rumahan meningkat saat pandemi datang. Interior ruang kerjanya mengedepankan suasana seperti rumah sendiri. Warna cerah sering dipilih dan dikombinaskan dengan rak kayu.

Meja kerjanya dapat digunakan dua orang. Ditambah lagi adanya tanaman di beberapa sudut ruangan agar lebih hidup. Tak jarang ruang kerjanya menyediakan TV hingga konsol game maupun mesin pembuat kopi atau teh.

13. Open Plan

Source : OfficeSnapshot

Interior kantor yang estetik untuk menciptakan kenyamanan dan produktif selanjutnya adalah dengan konsep open plan atau terbuka. Pemilihan konsep open plan bertujuan agar tidak adanya sekat-sekat antar meja, sehingga para karyawan dapat dengan mudah berkomunikasi satu sama lain. Bahkan mereka dapat melakukan pekerjaan di tempat yang mereka inginkan.

Open plan akan membuat karyawan bekerja secara fleksibel. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan mereka, karena mereka dapat sesuka hati memilih bagaimana mereka bekerja di kantor.

Baca juga: Desain Tata Ruang Kantor Modern dan Fungsional

14. Rustic

Source : Pikbest

Interior kantor yang estetik untuk menciptakan kenyamanan dan produktif keempat belas adalah dengan desain bergaya rustic. Seperti yang Pins ketahui gaya rustic ini akan membuat ruangan kita dipenuhi dengan berbagai ornamen alam, khususnya kayu dan batu.

Mulai dari penggunaan furniture berbahan kayu seperti meja kantor, kursi kantor, rak untuk berkas-berkas kantor, dan lainnya. Penggunaan batu alam dapat digunakan sebagai pajangan, dinding, lantai, dan juga meja.

Tambahkan juga tanaman-tanaman agar semakin menguatkan nuansa alam di kantormu.

15. Khas Jepang

Source : RupaAI

Interior kantor yang estetik untuk menciptakan kenyamanan dan produktif terakhir adalah kantor dengan desain khas Jepang. Desain khas Jepang akan membuat kantormu dipenuhi dengan ornamen kayu berwarna cerah, jendela besar untuk konsep terbuka, dan ornamen alam.

Ruang kantor kamu akan terasa seperti di dojo Jepang yang penuh ketenangan dan fokus. Lalu, terdapat tanaman dan bahkan pohon yang diletakkan di dalam kantor.

Itulah 15 interior kantor yang estetik. Interior kantor dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, selain cerdas dalam mempermainkan warna, pememilihan furniture, ada pula interior yang mengedepankan ramah lingkungan dan pencahayaan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: TheSpaceDoctors


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download