BlogPemilik PropertiDesain HunianRagam Desain dan Fungsi Eksterior Kantor 
0
0

Ragam Desain dan Fungsi Eksterior Kantor 

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bangunan kantor sebaiknya memiliki eksterior kantor yang tak kalah menarik dengan interiornya. Eksterior juga mempengaruhi tata letak furniture di bagian dalam gedung.

Unsur-unsur yang berhubungan dengan eksterior meliputi ventilasi, kanopi, konstruksi hingga landscape. Adapun manfaatnya serta ragam desain eksterior kantor dapat Pins simak dibawah ini!

Pentingkah Eksterior Kantor ?

Freepik

Pada area padat penduduk desain eksterior bangunan sebaiknya dibuat tertutup. Tujuannya agar mendukung privasi Pins saat bekerja. Desain terbuka hanya untuk meningkatkan interaksi ke bagian luar.

Prinsip yang ditetapkan dalam mendesain eksterior bangunan adalah keseimbangan bentuk. Pins perlu memahami tujuan dibangunnya sebuah gedung. Bagaimana merancang bagian atap yang sesuai dengan kondisi gedung tersebut.

Prinsip tekstur, material dan warna perlu Pins pegang. Pins dapat memakai warna dominan agar mudah padu padankan dengan warna lainnya. 

Selain sebagai hiasan visual, eksterior juga berguna sebagai pelindung dari berbagai cuaca baik hujan dan suhu panas. Desainnya tak jarang dikombinasikan dengan taman yang terletak di atas gedung, depan maupun belakang bangunan.

Baca juga :

Jenis Bahan Eksterior Kantor

Pexels

Dalam membangun konstruksi biasanya diterapkan pula cladding. Fungsinya melindungi bangunan dari kelembaban udara, angin, suhu dan meningkatkan kinerja termal secara menyeluruh.

Negara di benua Eropa sering memakai cladding untuk penghasil energi panas dan listrik. Bahan yang digunakan untuk teknik ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Kayu

Kayu memiliki kesan elegan dan natural sehingga cocok untuk bahan dasar dinding luar bangunan. Ada kayu yang bertekstur empuk sehingga lentur namun ada pula yang padat.

Logam & Kaca

Konstruksi logam atau metal biasa dikombinasikan dengan kaca. Rangkanya terbuat dari metal sementara dinding memakai bahan kaca. Struktur bangunan kuat serta menarik dilihat dari luar.

Vinyl

Harga vinyl cukup terjangkau dan tersusun atas bahan plastik PVC. pengaplikasiannya mudah sehingga tak akan memakan banyak waktu dalam pembangunannya.

Batuan Alam

Tampilan eksterior bangunan dengan batuan alam terlihat natural dan mewah. Umumnya digunakan bahan veneer dengan kombinasi pewarna alami dan melewati proses pencetakan yang serupa dengan batu.

Semen Serat

Semen serat adalah material yang berisi semen fiber, pasir, tanah liat dan pulp. Bahannya bisa bertahan hingga 30 tahun lamanya. Dalam pemasangannya membutuhkan bantuan mesin khusus.

Baca juga :

Desain Eksterior Kantor

Adapun pilihan desain dari gedung perkantoran bisa Pins simak dibawah ini! Desainnya ada yang bergaya kontemporer hingga memakai kontainer.

Cityscape Office

Freepik

Penampilan gedung perkantoran diatas mengekspos material dengan berani. Eksterior terlihat menawan dan atraktif ditambah adanya tanaman hijau di setiap sudutnya.

Cara ini juga salah satu langkah mempercantik eksterior dengan budget terbatas. Dinding seperti gaya industrial yang tidak melalui proses finishing secara utuh. Paduan warna dindingnya senada dengan lantai paving luar yang membumi.

White Concrete Building

Pexels

Gedung ini berada di Shenzhen, Guangdong, China. Dari luar eksterior bangunan tampak menonjol dari lukisan bunga yang menghiasi dindingnya. Cat dinding berwarna putih polos dapat dipadukan dengan berbagai warna.

Seperti pada bangunan diatas memakai sentuhan kelopak bunga berwarna pink. Rangkaian kelopak bunga tersebut bahkan memenuhi area lantai teratas gedung. 

Dalam membuat eksterior bangunan menarik tidak harus mengubah bentuk fasad namun cukup memberikan ornamen pada dindingnya saja.

Kantor Kubik Berdinding Kaca

Pexels

Gedung perkantoran dengan model kubik memang cukup banyak dibuat di area perkotaan. Setiap sisi yang presisi mencerminkan bangunan kokoh dan tangguh. Apalagi tambahan material kaca yang menampilkan eksterior futuristik.

Keunggulannya adalah memiliki luas lantai yang sama dari bagian bawah hingga atas. Area parkir luas sehingga mampu menampung kendaraan karyawan lebih banyak.

Eccentric Glass Building

Pexels

Desain eksterior kantor diatas cukup eksentrik dan futuristik. Gedung berbentuk tabung namun beberapa lantai didesain mencuat dari lantai lainnya. Bangunan dengan ketinggian 89 meter ini memiliki 15 toko didalamnya yang dilengkapi balkon.

Bangunan ini terletak di Bochum, Jerman dan menjadi landmark area tersebut. Arsiteknya adalah Gerhard Spangenberg yang dibangun sejak 2009-2013. 

Gedung perkantoran ini dikenal dengan nama Bochum Exzenter Haus. Kesan eksentrik terlihat jelas dari bentuk fasadnya yang tidak biasa.

Contemporary Office Building

Pexels

Bagian dinding kantor terbuat dari bahan kaca yang disusun secara zig-zag. Desain kantor seperti ini bertujuan memaksimalkan pencahayaan dari sinar matahari. Energi listrik untuk penerangan semakin bisa ditekan khususnya pada siang hari.

Konsep bangunan kontemporer dan ramah lingkungan. Setiap unit perkantoran terlihat lebih luas karena adanya celah seperti atap balkon pada salah satu sudut atap.

Curvy Skyscraper

Pexels

Gedung perkantoran dengan dinding curvy ini berada di Chicago, Illinois. Tingginya mencapai 261.8 meter gabungan antara perkantoran dan apartemen. Bentuk curvy tersebut dibuat dari steel dan kaca yang menonjol.

Setiap lantai memiliki area balkon tersendiri. Fasadnya seperti aliran air yang mengalir di sungai. Setiap lantainya memiliki luas 1500 meter persegi dan terdapat taman di bagian atas gedung.

Kantor Kontainer

Pexels

Kantor kontainer semakin diminati karena sifatnya yang semi permanen. Kantor dapat dipindahkan sesuai kebutuhan. Meskipun tidak menambahkan banyak desain khusus di area luar kontainer namun materialnya sendiri sudah terkesan berbeda.

Satu kontainer bisa memuat 2-4 ruangan sekaligus tanpa sekat. Susunannya dapat dibuat bertumpuk maupun disusun secara memanjang. Kontainer biasanya akan memiliki jendela kaca yang besar untuk ventilasi udara.

Eksterior kantor selain sebagai pelindung bangunan juga hiasan visual. Bentuk eksteriornya tidak hanya dari material semen saja. Ada yang desain eksterior kantor memakai full kaca agar terkesan futuristik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download