BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti6 Strategi Negosiasi Harga Beli Properti
0
0

6 Strategi Negosiasi Harga Beli Properti

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Strategi Negosiasi Harga Beli Propertitop-right-banner

Gajian sebentar lagi dan Ramadhan baru saja usai. Beberapa diantara kamu mungkin sudah punya rencana untuk membayar muka. Jika kamu masih ragu karena belum tahu strategi negosiasi harga beli properti tepat dan benar. Pinhome akan membuka rahasia strategi negosiasi ketika ingin membeli properti dan juga saat hendak pasang iklan rumah dijual.

Dalam artikel ini Pinhome akan membahas strategi negosiasi yang efektif beserta cara pengajuannya. Mau tahu apa saja? Baca lebih lanjut.

Baca juga: Mudah! Begini Cara Bayar Pajak Rumah PBB Online

Memahami Nilai Pasar Properti

Strategi Negosiasi Harga Beli Properti
Source : Shutterstock

Sebelum memulai strategi negosiasi harga beli properti, langkah pertama yang sangat penting adalah memahami nilai pasar properti. Jika memiliki pemahaman yang baik tentang nilai pasar, Pins dapat mengumpulkan informasi yang relevan tentang harga properti sejenis yang berada di lokasi yang sama.

Jangan lupa untuk mencari dan memperoleh data pasar terkini yang bisa digunakan untuk mendukung tawaran dan argumen ketika melakukan negosiasi. Ketika kamu memiliki pemahaman yang akurat mengenai nilai pasar, tingkat kepercayaan diri kamu ketika melakukan negosiasi akan meningkat secara signifikan.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Cicilan KPR Agar Selalu On Time dan Finansial Terjaga!

Tentukan Batas Harga dan Prioritas

Strategi Negosiasi Harga Beli Properti
Source : Shutterstock

Sebelum adanya proses negosiasi yang intens, langkah awal yang sangat penting untuk menentukan anggaran. Penting untuk kamu menyusun anggaran yang realistis dan sesuai dengan kondisi finansial.

Ketika membuat anggaran juga harus mempertimbangkan berbagai faktor yang akan terjadi di masa depan. Misalnya kemampuan finansial beberapa tahun selanjutnya hingga opsi pengajuan KPR yang memungkinkan.

Selain menentukan batas harga, juga sangat penting untuk mengidentifikasi dengan jelas prioritas properti yang kamu cari. Kalian bisa membuat list apa saja kebutuhan yang penting misalnya lokasi, ukuran properti, fasilitas dan lain sebagainya,

Memiliki batas harga dan prioritas akan membuat kamu lebih mudah menyusun argumen dan memperkuat posisi kamu ketika negosiasi. Selain itu kamu juga terhindar dari mengeluarkan uang yang diluar rencana sebelumnya.

Baca juga: 7 Apartemen di Jogja Murah dan Terbaik

Riset Sebelum Bertemu Penjual

Strategi Negosiasi Harga Beli Properti
Source : Shutterstock

Ketika hendak bertemu dengan penjual properti, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Persiapan ini akan memberikan keunggulan dan memastikan pertemuan tersebut berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Pins ambil untuk mempersiapkan diri sebelum bertemu dengan penjual properti.

Kumpulkan Informasi yang Relevan

Sebelum bertemu dengan penjual, lakukan riset dan kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang properti yang ingin dibeli. Cari tahu kondisi properti secara mendalam, termasuk aspek-aspek seperti struktur bangunan, perawatan yang dilakukan, dan renovasi yang mungkin diperlukan.

Selain itu, telusuri juga riwayat kepemilikan properti dan alasan penjual ingin menjual. Informasi ini akan membantu kamu dalam menilai nilai properti dengan lebih akurat dan memberikan wawasan yang berguna saat bernegosiasi.

Persiapkan Pertanyaan yang Relevan

Buatlah daftar pertanyaan yang relevan untuk ditanyakan kepada penjual. Pertanyaan ini dapat berkaitan dengan kondisi properti, perbaikan yang dilakukan, biaya perawatan, fasilitas yang ada, lingkungan sekitar, dan hal-hal lain yang penting bagi kamu.

Dengan menyiapkan pertanyaan yang baik, kamu akan mendapatkan informasi lebih lanjut yang dapat membantu membuat keputusan yang tepat dan memberikan kesan bahwa Pins serius dalam membeli properti tersebut.

Siapkan Argumen yang Kuat

Dalam proses negosiasi, penting untuk memiliki argumen yang kuat yang didasarkan pada kelebihan dan kekurangan properti. Identifikasi kelebihan properti yang ingin Pins tekankan, seperti lokasi yang strategis, aksesibilitas, fasilitas yang lengkap, atau kondisi bangunan yang baik.

Di sisi lain, juga perhatikan kekurangan yang mungkin ada dan pikirkan cara untuk menyelesaikannya. Dengan memiliki argumen yang solid, Pins akan lebih percaya diri dan dapat meyakinkan penjual tentang nilai properti tersebut.

Baca juga: Beli Rumah di Perumahan Summarecon Bekasi? Ini Keuntungannya!

Lakukan Pendekatan Persuasif

Strategi Negosiasi Harga Beli Properti
Source : Shutterstock

Saat memulai negosiasi, penting untuk menggunakan pendekatan yang persuasif dan profesional. Sampaikan tawaran awal yang rasional dan realistis berdasarkan informasi yang Pins telah kumpulkan sebelumnya.

Jika penjual memberikan penawaran balik, jangan ragu untuk melakukan tawar-menawar. Gunakan strategi seperti menyoroti kelebihan properti yang Pins nilai tinggi atau menunjukkan bahwa kamu memiliki penawaran alternatif yang menarik.

Baca juga: 6 Rekomendasi Sewa Kantor di SCBD Terbaik

Persiapkan Kesepakatan Alternatif

Strategi Negosiasi Harga Beli Properti
Source : Shutterstock

Dalam negosiasi, tidak selalu dapat mencapai kesepakatan yang diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk membahas alternatif lain yang dapat menjadi solusi jika negosiasi tidak berhasil. Misalnya, Pins dapat membicarakan kemungkinan tambahan fasilitas atau perbaikan pada properti sebagai bentuk kompromi. Evaluasilah setiap kesepakatan yang diajukan dan pastikan kesepakatan tersebut menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga: 5 Daftar Perumahan Murah dan Bagus di Lampung

Ajukan KPR dengan Aplikasi Pinhome

simulasi kalkulator kredit
Source : Pinhome

Salah satu solusi yang bisa Pins pertimbangkan adalah pengajuan KPR melalui Pinhome. Rumah eksklusif Pinhome menawarkan hunian yang menarik dengan berbagai fasilitas dan keunggulan. 

Salah satunya Vasa Jagakarsa yang merupakan perumahan di Jakarta Selatan. Melalui pengajuan KPR, Pins dapat memperoleh dukungan finansial yang membantu kamu dalam proses pembelian properti.

Selain itu aplikasi Pinhome juga memiliki fitur kalkulator simulasi KPR. Fitur ini akan membantu fins melihat secara detail berapa biaya yang akan Pins keluarkan setiap bulannya. Fitur simulasi kalkulator KPR dari Pinhome ini sangat lengkap mulai dari harga properti, uang muka, jangka waktu angsuran, bank yang akan diajukan, hingga suku bunganya.

Dengan memahami strategi negosiasi yang efektif, Pins dapat meningkatkan peluang untuk mencapai kesepakatan terbaik saat membeli properti. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa kamu segera praktekan.

Baca juga: Cara Menabung Beli Rumah Tanpa KPR


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Rumah Dekat Perbelanjaan di Cijerah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download