BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Membersihkan Rumah yang Sudah Lama Kosong Sampai Kinclong
0
0

5 Cara Membersihkan Rumah yang Sudah Lama Kosong Sampai Kinclong

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jan 24, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah yang sudah lama kosong dapat menjadi tempat yang penuh dengan debu, kotoran, dan mungkin bahkan bau yang tidak sedap. Membersihkan rumah yang telah lama tidak dihuni bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan beberapa langkah yang tepat, Kamu dapat mengembalikannya ke kilauan semula. Dalam artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong hingga bersih dan kinclong.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Cara Membersihkan Rumah yang Sudah Lama Kosong

Jika Kamu membeli rumah bekas yang sudah lama dibiarkan kosong, sebelum pindah ke sana ada baiknya Kamu bersihkan terlebih dahulu rumah tersebut hingga menyeluruh. Karena pada saat rumah telah lama tidak ditempati, selain kotor pastinya rumah tersebut cepat atau lambat akan mengalami kerusakan.

Kerusakan ini dapat diperparah jika digerogoti oleh hama yang bersarang di dalam rumah, misalnya seperti serangga ataupun tikus. Berikut ini beberapa cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong hingga bersih dan kinclong.

1. Pembersihan Debu dan Kotoran Dasar

cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong
Source : Pixabay

Cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong yang pertama adalah fokus pada pembersihan debu dan kotoran dasar. Saat rumah ditinggalkan, debu memiliki waktu untuk menumpuk di setiap sudut dan celah. Gunakan kain microfiber yang dapat menangkap debu dengan baik untuk membersihkan permukaan datar, seperti meja, rak, dan furniture lainnya.

Selanjutnya, perhatikan lantai rumah Kamu. Jika rumah memiliki lantai kayu atau ubin, gunakan vakum atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mungkin menempel. Jika lantai terbuat dari karpet, pertimbangkan untuk mencucinya atau, jika memungkinkan, mengirimkannya ke layanan pembersihan profesional. Membersihkan lantai dengan seksama akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman.

2. Ventilasi dan Aerasi Rumah

cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong
Source : Pixabay

Rumah yang telah ditinggalkan untuk waktu yang lama cenderung mengalami masalah kelembapan yang tinggi dan kurangnya sirkulasi udara. yang dapat menyebabkan jamur di tembok. Oleh karena itu cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong berikutnya adalah fokus pada ventilasi dan aerasi yang baik.

Pertama-tama, buka semua jendela dan pintu rumah untuk memastikan sirkulasi udara yang optimal. Udara segar yang masuk akan membantu menghilangkan bau tidak sedap dan membawa kehidupan baru ke dalam rumah. Biarkan sinar matahari juga masuk, karena ini tidak hanya memberikan energi positif tetapi juga membantu membunuh kuman dan bakteri yang mungkin berkembang selama periode ketidakaktifan.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk menggunakan alat bantu seperti kipas angin atau pengatur kelembaban untuk membantu mengatur kualitas udara. Pilih pengatur kelembaban yang dapat menyerap kelembapan berlebih dan mencegah pertumbuhan jamur. Pastikan juga untuk membersihkan atau mengganti filter pada alat bantu ini agar tetap efisien dalam menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Jika rumah memiliki sirkulasi udara yang buruk atau bau yang sulit diatasi, pertimbangkan untuk menyewa alat pengering udara profesional. Alat ini dapat membantu menghilangkan kelembapan berlebih, mengurangi bau tidak sedap, dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman.

Selain itu, perhatikan bahan-bahan di dalam rumah yang mungkin menyerap bau, seperti karpet atau tirai. Cucilah atau bersihkan bahan-bahan tersebut sesuai petunjuk perawatan untuk memastikan bahwa mereka tidak hanya terlihat bersih tetapi juga memberikan aroma segar di dalam ruangan.

3. Pengecekan dan Perawatan Alat Elektronik

cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong
Source : Pixabay

Alat elektronik yang ditinggalkan tanpa penggunaan selama periode yang lama mungkin memerlukan perawatan sebelum dapat digunakan kembali. Periksa semua perangkat elektronik seperti AC, kulkas, kompor, dan alat elektronik lainnya. Bersihkan debu yang mungkin menumpuk di bagian dalam, periksa kabel dan sambungan, serta pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika ditemukan masalah, segera hubungi teknisi untuk perbaikan atau pemeliharaan agar Kamu dapat menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Pengecekan Kondisi Pipa dan Saluran Air

Source : Pixabay

Rumah yang tidak dihuni dapat mengalami masalah dengan sistem pipa dan saluran airnya. Periksa semua kran, toilet, dan saluran air untuk memastikan tidak ada kebocoran atau masalah lainnya. Jalankan air pada setiap kran untuk menghilangkan air yang sudah berdiri dan mengurangi kemungkinan munculnya bau tidak sedap akibat air yang stagnan. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki atau ganti bagian yang rusak untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dan memastikan sistem air berfungsi secara optimal.

5. Pembersihan Taman dan Halaman

Cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong yang terakhir yaitu membersihakan taman dan halaman. Jangan lupakan area luar rumah, termasuk taman dan halaman. Dedaunan kering, ranting, dan sampah lainnya mungkin menumpuk di sekitar rumah selama periode ketidakaktifan. Mulailah dengan membersihkan taman dari semua material yang tidak perlu. Potong rumput dan tanaman yang mungkin telah tumbuh liar selama rumah tidak dihuni.

Selain itu, perhatikan kondisi pagar, trotoar, dan area luar lainnya. Jika terdapat kerusakan, pertimbangkan untuk melakukan perbaikan atau perawatan. Pembersihan menyeluruh pada bagian luar rumah akan memberikan kesan yang baik dan membuat rumah terlihat lebih terawat. Investasikan waktu untuk membersihkan dan merawat taman serta halaman, sehingga rumah Kamu tidak hanya bersih di dalam, tetapi juga menampilkan keindahan di luar. Dengan begitu, rumah yang sudah lama kosong akan kembali bersinar dan siap untuk dihuni kembali dengan nyaman.

Itu dia beberapa cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong hingga bersih kembali dan kinclong. Membersihkan rumah yang sudah lama kosong memang memerlukan usaha ekstra, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Kamu dapat mengembalikannya ke kondisi terbaiknya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download