BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Green House Hidroponik Sederhana
0
0

10 Desain Green House Hidroponik Sederhana

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 26, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
desain greenhouse hidroponik sederhanatop-right-banner

Bagi Pins yang menyukai dunia tanam-menanam, tentu desain green house hidroponik berikut bisa menjadi inspirasimu. Green house sederhana ini tidak hanya menunjang hobi berkebun Pins, tapi juga melindungi tanaman lebih baik.

Apalagi Pins yang memiliki rumah eksklusif di daerah perkotaan seperti rumah di Cipayung ataupun rumah bekas di Bekasi. Karena lahan terbatas, menyediakan lahan untuk green house bisa menjadi pilihan utama.

Fungsi green house hidroponik ini tidak kalah dengan rumah kaca pada umumnya meski terbuat dari material yang sederhana. Nah, jika Pins tertarik untuk membangun green house di rumah sendiri, mari simak 10 desain green house hidroponik untuk rumah Pins. 

Baca juga: 7 Desain  Rumah Kaca Mewah dan Unik

Desain Green House Hidroponik Sederhana

Desain rumah kaca hidroponik sederhana dapat menjadi proyek yang menarik dan bermanfaat bagi penanaman tanaman secara efisien dan ramah lingkungan. Berikut adalah panduan sederhana untuk mendesain green house hidroponik:

1. Green House Bambu

Green House Bambu
Source : Downtoearthph

Ide desain green house hidroponik yang pertama akan kita mulai dari cara yang paling sederhana. Desain green house hidroponik sederhana berikut ini dapat Pins buat dengan material yang murah.

Cukup sediakan beberapa bilah bambu dan plastik bening dengan ukuran yang cukup tebal. Membuat green house memang tidak perlu besar-besar. Dengan jenis desain green house satu ini Pins dapat membuatnya kecil saja jika terbatas oleh lahan yang sempit.

2. Green House Mungil Rapat Tembok

Green House Mungil Rapat Tembok 
Source : Furnizing

Desain green house hidroponik sederhana kedua yang dapat Pins terapkan di rumah adalah dengan konsep mungil yang menempel dengan dinding rumah. Jika Pins terbatas dengan lahan, konsep ini akan sangat menolong. 

Desain seperti ini juga akan terkesan unik karena Pins dapat menggabungkan akses pintu belakang dengan rumah kaca. Pins dapat gunakan rumah kaca ini untuk beberapa tanaman yang cukup sensitif saja. 

Baca juga: Percantik Rumah Dengan Desain Taman Yang Apik

3. Green House Paralon Plastik Rakitan

Green House Paralon Plastik Rakitan
Source : UV Plastik 99

Desain green house hidroponik selanjutnya ini juga hadir dengan konsep sederhana yang sangat mudah untuk Pins terapkan di rumah. Pertama Pins bisa dapatkan paralon di toko material terdekat serta plastik penutupnya.

Pins bisa merakitnya sendiri di rumah dengan konsep tunnel. Dengan material yang murah pun Pins bisa membuat green house sendiri di rumah. 

4. Green House Botol Bekas

Green House Botol Bekas
Source : Off Grid World

Ide desain green house hidroponik sederhana yang satu ini mungkin akan terlihat cukup unik bagi Pins. Dinding pada rumah kaca Pins dapat buat dengan botol bekas yang ditempel dan disusun rapi.

Lalu untuk kerangka Pins dapat gunakan kayu bekas di rumah atau kayu yang murah saja. Cara ini sangat tepat untuk menghemat biaya dan sekaligus mendaur ulang plastik yang tidak terpakai. 

Baca juga: 10 Manfaat Pupuk untuk Tanaman, Penting untuk Kamu yang Suka Berkebun

5. Green House Kayu Minimalis

Green House Kayu Minimalis
Source : Cedar Built Green House

Selain dengan paralon dan bambu, Pins juga dapat menggunakan kayu sebagai bahan dasar kerangka green house yang sederhana. Bentuk dari rumah kaca ini dapat Pins terapkan dengan konsep seperti rumah yang mungil.Dengan lapisan plastik yang menutupi kerangka kayu akan melindungi tanaman dari gangguan eksternal. 

Baca juga: Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula (100% Berhasil)

6. Desain Hoop House

Desain Hoop House
Source : Oregon Green House

Bagi Pins yang tidak memiliki cukup lahan yang besar untuk membuat green house, jangan khawatir. Pins dapat mencoba desain hoop house yang berfungsi untuk budidaya tanam dengan skala kecil. Dengan konsep ini Pins akan lebih menghemat biaya dan fleksibel menentukan ukuran rumah kaca. 

7. Desain Green House Shade House

Desain Green House Shade House
Source : Greenhouse Product News

Desain yang satu mungkin lebih sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan konsep semi terbuka, desain shade house adalah salah satu konsep green house yang hanya menggunakan atap jaring, kain, dan beberapa bilah kayu. Tidak seperti desain lainnya, shade house tidak menggunakan dinding penutup. Cukup hanya dengan atap penutupnya saja. 

Baca juga: 12 Alat Berkebun yang Perlu Kamu Miliki di Rumah

8. Desain Green House A-frame

Desain Green House A-frame
Source : Eureka Carpenter

(Pinterest)

Jika ingin memiliki green house dengan penampilan yang unik, desain yang satu ini adalah pilihan yang cocok. Desain A-frame membentuk seperti pola segitiga atau huruf A yang memiliki banyak ruang di dalamnya. 

Dengan bentuknya yang menyerupai huruf A tentunya menambah estetika pada green house. Namun dengan desain ini mungkin Pins akan merogoh kocek lebih dalam karena cara membentuk polanya yang tidak mudah dan membutuhkan lahan yang cukup luas. 

9. Green House Piggyback

Green House Piggyback
Source : ACA Asuransi

Mungkin desain yang satu ini adalah desain yang cukup sering Pins lihat. Dengan bentuk yang menyerupai rumah dengan berbagai model ventilasi transparan yang berguna untuk menjaga sirkulasi udara. Dalam membuat desain satu ini Pins membutuhkan lahan yang luas dan daerah dengan terpaan angin yang banyak. 

Baca juga: Ragam Jenis Tanaman Air Hias untuk Kamu yang Ingin Mulai Berkebun

10. Green House Desain Gothic

Green House Desain Gothic
Source : Gothic Arch Green House

Desain green house hidroponik terakhir yang dapat Pins terapkan di rumah sendiri ini hadir dengan konsep gothic. Desain ini sangat mengesankan keunikan karena bangunannya yang menyerupai Notre Dame. Pins akan menemukan desain green house ini banyak di kebun raya karena memang terlihat bagus dan tidak membosankan. 

Itulah beberapa desain green house hidroponik sederhana yang dapat Pins terapkan di rumah sendiri. Dunia tanam-menanam merupakan hobi yang mengasyikkan untuk digeluti. Tapi, tentu tidak selalu membutuhkan biaya besar.

Rumah kaca memang seringkali ditemukan di wilayah perkebunan skala besar. Namun, Pins juga bisa membuat green house hidroponik dari material sederhana dengan modal kreativitas. Namun sebelum Pins memulai untuk membangun rumah kaca, pastikan lahan rumah Pins cukup untuk membuatnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source feature image: Amazon


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download