Pinhome

10 Desain Green House Hidroponik Sederhana

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 18 February 2022 ∙ 5 menit membaca

Dunia tanam-menanam merupakan suatu hal yang sangat mengasyikkan untuk digeluti. Sedari dulu pun pecinta tanaman sudah eksis dalam waktu yang sangat lama. Membuktikan bahwa tanaman merupakan komoditi yang sangat bermanfaat dan juga sangat bernilai. Sebagai pecinta tanaman banyak orang yang menggeluti lebih dalam dunia perkebunan. Salah satu contohnya adalah mengembangkan perkebunan dengan membangun greenhouse. Para pecinta tanaman sudah selayaknya untuk memiliki desain green house hidroponik pada rumah mereka karena akan sangat membantu dalam proses penanaman dan perawatan. 

Jika menelisik istilah green house sendiri merupakan sebuah pelindung tanaman yang bisa dibilang berbentuk kabin atau rumah beratap yang menaungi tanaman. Hadirnya greenhouse ini bertujuan untuk membantu perawatan tanaman supaya terhindar dari gangguan cuaca yang tidak stabil serta polusi udara. 

Jika Pins masih asing dengan istilah greenhouse, mungkin Pins familiar dengan sebutan rumah kaca. Di Indonesia greenhouse juga banyak dikenal sebagai rumah kaca karena bangunan tersebut dirancang transparan seperti kaca. Tujuannya agar cahaya matahari tetap masuk walau tanaman tertutupi dengan atap. 

Rumah kaca biasanya dapat Pins temukan pada perkebunan dengan skala besar karena bertujuan untuk menghindari kerugian dari akibat eksternal. Walaupun begitu ternyata Pins juga dapat membuat green house atau rumah kaca ini di rumah lho. Dengan membangun greenhouse mungkin Pins butuh biaya yang banyak dan lahan rumah yang luas. 

Namun green house sangat bermanfaat untuk melindungi banyak tanaman bagi Pins yang sangat gemar menanam. Jika Pins tertarik untuk membangun green house di rumah sendiri, mari simak 10 desain green house hidroponik untuk rumah Pins. 

Green House Bambu

(Pinterest)

Ide desain green house hidroponik yang pertama akan kita mulai dari cara yang paling sederhana. Desain green house hidroponik sederhana berikut ini dapat Pins buat dengan material yang murah. Cukup sediakan beberapa bilah bambu dan plastik bening dengan ukuran yang cukup tebal. Membuat green house memang tidak perlu besar-besar. Dengan jenis desain green house satu ini Pins dapat membuatnya kecil saja jika terbatas oleh lahan yang sempit.

Green House Mungil Rapat Tembok 

(Pinterest)

Desain green house hidroponik sederhana kedua yang dapat Pins terapkan di rumah adalah dengan konsep mungil yang menempel dengan dinding rumah. Jika Pins terbatas dengan lahan, konsep ini akan sangat menolong. 

Desain seperti ini juga akan terkesan unik karena Pins dapat menggabungkan akses pintu belakang dengan rumah kaca. Pins dapat gunakan rumah kaca ini untuk beberapa tanaman yang cukup sensitif saja. 

Baca juga: Percantik Rumah Dengan Desain Taman Yang Apik

Green House Paralon Plastik Rakitan

(Pinterest)

Desain green house hidroponik selanjutnya ini juga hadir dengan konsep sederhana yang sangat mudah untuk Pins terapkan di rumah. Pertama Pins bisa dapatkan paralon di toko material terdekat serta plastik penutupnya. Pins bisa merakitnya sendiri di rumah dengan konsep tunnel. Dengan material yang murah pun Pins bisa membuat green house sendiri di rumah. 

Green House Botol Bekas

(Pinterest)

Ide desain green house hidroponik sederhana yang satu ini mungkin akan terlihat cukup unik bagi Pins. Dinding pada rumah kaca Pins dapat buat dengan botol bekas yang ditempel dan disusun rapi. Lalu untuk kerangka Pins dapat gunakan kayu bekas di rumah atau kayu yang murah saja. Cara ini sangat tepat untuk menghemat biaya dan sekaligus mendaur ulang plastik yang tidak terpakai. 

Green House Kayu Minimalis

(Pinterest)

Selain dengan paralon dan bambu, Pins juga dapat menggunakan kayu sebagai bahan dasar kerangka green house yang sederhana. Bentuk dari rumah kaca ini dapat Pins terapkan dengan konsep seperti rumah yang mungil. Dengan lapisan plastik yang menutupi kerangka kayu akan melindungi tanaman dari gangguan eksternal. 

Baca juga: Cara Menanam Hidroponik Untuk Pemula (100% Berhasil)

Desain Hoop House

(Pinterest)

Bagi Pins yang tidak memiliki cukup lahan yang besar untuk membuat green house, jangan khawatir. Pins dapat mencoba desain hoop house yang berfungsi untuk budidaya tanam dengan skala kecil. Dengan konsep ini Pins akan lebih menghemat biaya dan fleksibel menentukan ukuran rumah kaca. 

Desain Green House Shade House

(Pinterest)

Desain yang satu mungkin lebih sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan konsep semi terbuka, desain shade house adalah salah satu konsep green house yang hanya menggunakan atap jaring, kain, dan beberapa bilah kayu. Tidak seperti desain lainnya, shade house tidak menggunakan dinding penutup. Cukup hanya dengan atap penutupnya saja. 

Desain Green House A-frame

(Pinterest)

Jika ingin memiliki green house dengan penampilan yang unik, maka desain yang satu ini adalah pilihan yang cocok. Desain A-frame membentuk seperti pola segitiga atau huruf A yang memiliki banyak ruang di dalamnya. 

Dengan bentuknya yang menyerupai huruf A tentunya menambah estetika pada green house. Namun dengan desain ini mungkin Pins akan merogoh kocek lebih dalam karena cara membentuk polanya yang tidak mudah dan membutuhkan lahan yang cukup luas. 

Green House Piggyback

(Pinterest)

Mungkin desain yang satu ini adalah desain yang cukup sering Pins lihat. Dengan bentuk yang menyerupai rumah dengan berbagai ventilasi transparan yang berguna untuk menjaga sirkulasi udara. Dalam membuat desain satu ini Pins membutuhkan lahan yang luas dan daerah dengan terpaan angin yang banyak. 

Green House Desain Gothic

(Pinterest)

Desain green house hidroponik terakhir yang dapat Pins terapkan di rumah sendiri ini hadir dengan konsep gothic. Desain ini sangat mengesankan keunikan karena bangunannya yang menyerupai Notre Dame. Pins akan menemukan desain green house ini banyak di kebun raya karena memang terlihat bagus dan tidak membosankan. 

Baca juga: Tips Membuat Taman Hidroponik Di Rumah

Itulah beberapa desain green house hidroponik sederhana yang dapat Pins terapkan di rumah sendiri. Namun sebelum Pins memulai untuk membangun rumah kaca, pastikan lahan rumah Pins cukup untuk membuatnya. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia