BlogPemilik PropertiDesain HunianWajib Ada, Ini 9 Ciri-ciri Rumah yang Sehat
0
0

Wajib Ada, Ini 9 Ciri-ciri Rumah yang Sehat

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 23, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membangun rumah yang besar dan megah jauh lebih mudah dari mewujudkan hunian yang sehat karena yang namanya kesehatan itu tidak peduli apakah yang punya rumah dalam kondisi kekurangan atau kebanyakan harta. Tidak peduli apakah rumah itu dibangun dengan dana kecil atau berlimpah ruah. Pada kenyataannya ciri ciri rumah yang sehat terlihat dari pondasi dan higienisan hunian itu sendiri.

Hal ini bisa pula terlihat dari hunian mungil dan Pinhome membantu menemukan rumah sehat yang kamu dambakan. Kamu bisa menemukannya pada rumah bekas di Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Dapatkan pula hunian dekat Rumah Sakit Mitra Keluarga Cikarang melalui fitur Pinhome.

Ciri Rumah Sehat

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika membangun rumah sehat. Adapun unsur penting yang ada didalamnya bisa kamu simak dalam poin-poin yang ada di bawah ini!

1. Ketersediaan Air

Ciri ciri rumah yang sehat
Source : Pxhere

Ketersediaan air merupakan ciri khas utama dari sebuah rumah yang sehat. Air memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia, termasuk keperluan sehari-hari seperti minum, memasak, dan kebersihan diri.

Rumah yang dilengkapi dengan sumber air yang memadai menunjukkan adanya perhatian terhadap kesejahteraan penghuninya. Selain itu, air bersih berperan dalam menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan rumah. Ini mengurangi risiko terjadinya penyakit, dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi penghuninya.

Oleh karena itu, ketersediaan air yang mencukupi bukan hanya sebagai sarana kehidupan sehari-hari, tetapi juga sebagai indikator utama dari sebuah rumah yang sehat dan berkelanjutan.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah Yang Tidak Disukai Malaikat

2. Ventilasi Udara

Setiap ruangan harus mempunyai ventilasi sebagai tempat pergantian udara segar, jumlah ventilasi juga tidak bagus jika terlalu banyak karena udara malam biasanya akan terasa dingin. Apalagi di dapur harus mampu menata ventilasi seefisien mungkin walaupun lahannya cenderung terbatas.

Dalam mengatur sirkulasi udara di dapur kecil biasanya dipasang cooker hood atau exhaust yang mampu mengeluarkan asap masakan. Dengan begitu bau makanan tidak menyebar ke ruangan lainnya.

Suhu ruangan yang tinggi juga diakali dengan pemakaian air condioner ( AC ) secara wajar. Pemakaian AC sering jadi solusi instan ketika jendela atau ventilasi lainnya kurang memberikan hasil maksimal dalam menurunkan suhu ruangan.

3. Tidak Lembab

Source : Pexels

Jika dapur menggunakan kompor dengan tabung gas LPG, perlu diatur sedemikian rupa agar dapat berfungsi dengan baik namun tetap aman dan sehat. Usahakan agar setiap ruangan mendapat sinar matahari yang cukup. Pasalnya, ruangan yang lembab dapat berpotensi menjadi tempat berkembang biak bakteri, kuman,virus dan sebagainya.

4. Pijakan Tanah

Tidak bijak jika kita menutup seluruh permukaan bumi dengan bangunan atau plesteran beton. Air hujan yang turun ke permukaan bumi punya hak untuk menyerap kedalam tanah sehingga kondisi lingkungan tetap terjaga kesehatannya.

Usahakan ada area berupa tanah yang bisa menjadi tempat berpijak telapak kaki secara langsung. Kita tahu bahwa pada telapak kaki manusia ada bermacam saraf yang perlu dijaga kesehatannya.

5. Pencahayaan

Ciri ciri rumah yang sehat
Source : Pxhere

Salah satu ciri-ciri rumah sehat selanjutnya adalah mempunyai pencahayaan yang maksimal. Rumah dengan pancaran cahaya matahari yang cukup mampu mengurangi kelembapan di dalam ruangan. Cara memaksimalkan pencahayaan alami di rumah bisa dengan melakukan beberapa hal sederhana ini:

  • Rutin membuka pintu dan jendela pada pagi dan siang hari
  • Tambahkan cermin atau hiasan reflektif agar memantulkan cahaya dari luar ke bagian dalam rumah
  • Hindari meletakan furnitur di depan ventilasi baik pintu atau jendela agar tak menghalangi masuknya cahaya

Baca juga: Jarak Pemasangan Lampu Downlight yang Ideal dan Ragam Desainnya

6. Bebas Hama

Adanya hama seperti kecoa, tikus atau serangga mampu menyebarkan bibit penyakit dan merusak struktur hunian tersebut. Jika ingin menghindari hama tersebut biasakan untuk mengosongkan tempat sampah secara teratur. Selain itu simpan makanan di wadah yang tertutup rapat dan lakukan renovasi pada area rumah yang mengalami kerusakan.

7. Pengelolaan Sampah

Source : Pxhere

Kelola sampah dengan baik seperti memilah sampah sesuai jenisnya yang bisa didaur ulang dan tak bisa didaur ulang. Jangan suka menimbun sampah hingga berbau tak sedang dan menjadi sarang penyakit.

Perbaiki saluran pembuangan air yang tersumbat dari kotoran dengan pemeriksaan secara berkala. Mulai dari kamar mandi, dapur hingga wastafel agar tidak ada tumpukan kotoran yang menghambat saluran pembuangan.

8. Rumah Kokoh

Bangun pondasi yang kokoh dan atap yang kuat menahan beban. Begitu juga dengan dinding harus terhindar dari kelembapan dan jamur. Hal ini karena bisa menjadi peluang sarang bakteri dan mengganggu kesehatan pernapasan. Pada bagian atap bisa menggunakan kerangka baja dan genteng tanah liat yang cocok untuk rumah di daerah tropis seperti Indonesia.

9. Tata Letak Ruang dan Furnitur

Ciri ciri rumah yang sehat
Source : Pexels

Selain bagian luar rumah ternyata ruang dan tata letak furnitur juga menjadi pertimbangan dalam membangun rumah sehat. Ruangan yang ada di dalam rumah umumnya terdiri atas kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Rumah yang sehat harus memberikan keleluasaan bagi penghuni dalam bergerak maupun beraktivitas di dalam hunian. Jika lahan terbatas, manfaatkan furnitur multifungsi guna menghemat ruangan.

Ciri ciri rumah yang sehat di atas bisa menjadi acuan dalam membangun hunian yang cocok untuk kesehatan dan aktivitasmu. Rumah yang sehat tentunya meningkatkan kenyamanan penghuninya sehingga betah tinggal di tempat tersebut.

Baca juga: 10 Desain Furniture Minimalis untuk Rumah Semakin Indah

Feature Image Source: Wikimedia Commons


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download