BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat
0
0

13 Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Dipublikasikan oleh Ambar Eka Purbowani dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 6, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain Rumah kos kosan yang sehat perlu dipertimbangkan di era sekarang. Generasi muda sudah teredukasi bagaimana pentingnya kesehatan tubuh, terlebih setelah pandemic covid 19 berakhir. Banyak hikmah yang dapat dirasakan setelah pandemic berakhir salah satunya masyarakat lebih aware dengan kesehatan dan ingin hidup sehat.

Temukan kos terbaikmu lewat aplikasi Pinhome dengan memanfaatkan fitur PinValue. Tersedia pula informasi properti sekitar Baywalk Pluit, rumah second di Kota Mojokerto hingga perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Nismara Harapan Indah.

Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Jika kamu ingin memulai usaha kos-kosan sebaiknya pemilihan desain harus lebih diperhatikan. Desain yang benar dan memikirkan banyak aspek sangat dibutuhkan untuk menarik minat para pengunjung. Jadi selain lokasi strategis kamu juga perlu berusaha menghadirkan desain yang mengikuti perkembangan zaman seperti berikut:

1. Desain Kos dengan Pekarangan Hijau

Source : 99

Hadirnya tumbuhan-tumbuhan hijau akan menjadikan kos lebih segar, sejuk dan sehat. Tumbuhan hijau berperan sebagai pemasok oksigen yang sehat untuk para penghuni kos. Selain sebagai pemasok oksigen, tumbuhan hijau juga baik untuk merelaksasi penglihatan mata.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Design dan Denah Rumah Terbaikmu

2. Desain dengan Atap Transparan

Source : pinterest

Kosan sehat juga dapat memodifikasi atap menggunakan atap transparan di beberapa tempat. Hal ini bermanfaat untuk suplai pencahayaan yang cukup dan menghemat listrik di rumah.

Seperti pada gambar kamu dapat mengubah atap menjadi transparan pada bagian atas. Desain dengan posisi atap seperti ini cocok untuk kosan bertingkat.

3. Desain Kosan dengan Taman Dalam dan Atap Transparan

Source : 99

Kamu dapat menambahkan taman dalam ruangan untuk meningkatkan kualitas udara yang ada. Taman dalam ruangan akan menjadikan kosan lebih sehat dan lebih hijau. Hal ini akan membuat penghuni kos merasa lebih nyaman dan betah berada di kosan.

Seperti pada gambar selain taman juga bisa ditambahkan kolam kecil dan tempat duduk untuk bersantai. Penghuni kos dapat memanfaatkan meja dan kursi tersebut ketika bosan berada dalam kamar.

4. Desain Kos dengan Dapur Outdoor

Source : parboaboa

Membuat dapur terbuka minimalis untuk kosan merupakan pilihan tepat. Selain dapat memudahkan penghuni kos memasak dan sebagai fasilitas menarik.

Dapur outdoor lebih sehat karena sirkulasi udara yang baik. Alhasil bau masakan tidak menyebar dan masuk ke kamar-kamar penghuni kos.

5. Desain Kosan Dengan Jendela Bukaan

Source : mebelkita

Kamar kos yang di desain dengan jendela bukaan menghasilkan sirkulasi udara yang baik sehingga akan lebih menyehatkan. Penghuni dapat membuka tutup jendela sesuai dengan kebutuhannya. Seperti yang terdapat pada gambar, kamu dapat memadukan antara lubang angin yang banyak dan jendela bukaan.

Baca juga: Begini Cara Membuat Desain Rumah yang Bagus

6. Kosan dengan Kamar yang Berjarak Rapi

Source : palmgardenjakarta

Kamar yang berjarak dan tersusun rapi dapat menjaga stabilitas aliran udara dan energi listrik yang digunakan penghuni kos. Warna cat cerah dapat membuat pencahayaan lebih terlihat terang dan penghuni kos mudah melihat kotoran yang menempel di dinding.

7. Desain Kos Lahan Sempit

Source : simplihomy

Desain kos lahan sempit dapat dibuat dengan menerapkan ventilasi silang agar sirkulasi udara tetap baik. dalam memanfaatkan lahan sempit kamu bisa membuat kosan dengan lantai bertingkat bergaya minimalis.

8. Desain Kos Bertingkat dengan Taman

Source : cakrawalaindonesiaonline

Fungsi taman di depan rumah dapat membuat kosan lebih teduh dan sedap dipandang. Meskipun taman hanya berisi rerumputan hijau yang terawat dan dipangkas rapi.

9. Desain Kosan dengan Kaca Transparan Dekat Tangga

Source : grid

Kamu dapat meletakkan desain kaca transparan di area tangga untuk kosan bertingkat. Kaca transparan dapat meneruskan sinar matahari ke dalam ruangan sehingga tangga menjadi terang dan hemat listrik.

10. Desain Pintu Kos dengan Ventilasi Buka Tutup

Source : parboaboa

Penggunaan lubang angin buka tutup seperti ini dapat memberikan ruang sirkulasi. Sekaligus dapat ditutup kembali ketika AC dihidupkan

11. Desain Kamar Kos dengan Konsep Tanaman Dinding

Source : parenting

Pemberian taman di setiap dinding teras rumah kayu menjadikan penghuni merasa lebih sejuk saat berada di teras. Tanaman yang ada juga memproduksi oksigen yang akan memperkaya oksigen di udara.

12. Desain Kos Menggabungkan Taman dan Atap Transparan

Source : rumah123

Penggabungan atap transparan yang diletakkan di atas taman dapat menjadi sumber cahaya matahari bagi tanaman. Sehingga tanaman dapat berfotosintesis dengan baik dan menghasilkan oksigen yang cukup untuk penghuni kos.

13. Desain Kos 1 Lantai dengan Taman Disetiap Kamar

Source : ratuberita

Kos yang berlantai satu dan berhadapan dapat memudahkan penghuni bercengkrama dan berkumpul terutama para mahasiswa. Pengerjaan tugas mahasiswa dapat dilakukan bersama di teras.

Baca juga: Cara Membuat Desain Rumah Online

Feature Image Source: Wallpaper Flare


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download