Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Pikir-Pikir Dulu Sebelum Percayakan Desain Rumah pada Tukang Bangunan

Tips Properti

Pikir-Pikir Dulu Sebelum Percayakan Desain Rumah pada Tukang Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mendesain rumah memerlukan keterampilan khusus, tidak semua tukang bangunan bisa mendesain rumah selayaknya seorang arsitek, oleh karena itu coba pikir kembali untuk menggunakan tukang bangunan sebagai pendesain rumah Anda. Alih-alih bagus dan fungsional, yang terjadi malah pemborosan dan desain yang tidak nyaman.

Tukang Bangunan vs Arsitek

Kebanyakan orang menggunakan jasa seorang tukang bangunan untuk mendesain rumah mereka. Hasilnya memang ada yang bagus, namun tentu saja tidak fungsional dan kesannya hanya seadanya saja. Belum lagi jika desain tersebut kemudian bermasalah di kemudian hari, misalnya air rembesan hujan malah bisa masuk ke dalam ruang  makan karena ruang makan terbuka dengan taman tanpa adanya jendela pembatas yang bisa menampis rembesan air hujan. Dan beberapa desain yang kurang pas dan tidak fungsional. Semisal sebuah rumah yang sempit memanjang malah semakin sempit dan mirip deretan gerbong kereta api dengan desain yang monoton.

Benar, Anda tidak harus menggunakan tukang bangunan sebagai pendesain rumah Anda. Karena itu bukan spesifikasi dari pekerjaan yang bisa mereka lakukan. Tukang bangunan adalah pelaksana sebuah proyek bangunan yang biasanya sudah memiliki penghitungan yang pasti, desain yang ideal, dan beberapa aturan tentang bangunan yang hanya bisa dikerjakan oleh seorang arsitek.

Anda jangan salah ya, saat ini jasa arsitek semakin terjangkau dan bisa Anda manfaatkan untuk mewujudkan impian Anda tentang hunian tinggal yang nyaman dan fungsional serta cantik dan apik. Anda bisa menggunakan jasa mereka di internet. Lihat dan cermati testimoni klien, dan lihat bagaimana situs yang mereka miliki. Dari sana Anda bisa menilai bahwa arsitek tersebut atau perusahaan kontraktor tersebut layak digunakan ataukah tidak.

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika Anda menggunakan jasa arsitek adalah sebagai berikut.

  • Anda akan mendapatkan bantuan secara profesional dan menyeluruh, termasuk konsultasi mengenai desain yang pas dan sesuai dengan kepribadian serta lahan yang Anda miliki. Tidak seperti tukang bangunan yang kurang memiliki nilai seni dan estetika saat menggambar desain rumah.
  • Jika Anda menginginkan penghematan, Anda dapat mengutarakannnya kepada sang arsitek. Arsitek akan memberikan solusi terbaik bagi Anda dengan melakukan penghematan, misalnya tidak menggunakan ornamen yang mubadzir dalam pendirian bangunan. Hal ini akan sangat sulit dilakukan oleh tukang bangunan karena kapasitas mereka tidaklah sampai.
  • Arsitek akan membuatkan Anda gambar kerja di lapangan sehingga mandor dan tukang bangunan sebagai pelaksana tidak kebingungan dan mudah dalam bekerja.
  • Arsitek bisa Anda minta untuk mengawasi beberapa kali proses pembangunan untuk memastikan bahwa desain yang dibangun sudah pas dan tidak memerlukan perubahan.

Arsitek dapat pula memberikan masukan pada Anda tentang finishing sebuah bangunan. Finishing sangat penting karena hal ini akan berdampak pada tampilan dan gengsi dari pemilik rumah.

Tags :

Bagikan Artikel