BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Macam Harga Solar Panel Terbaik dan Terbaru
0
0

5 Macam Harga Solar Panel Terbaik dan Terbaru

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 3, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin mendukung penggunaan listrik yang ramah lingkungan? Sudah saatnya Kamu menggunakan panel surya atau solar panel bertenaga sinar matahari untuk menyuplai listrik di rumah Kamu. Berikut ini akan ditampilkan beberapa harga solar panel.

Jika Kamu menyadari penyebab terjadinya pemanasan global karena penggunaan listrik yang memanfaatkan energi fosil, Kamu dapat menggunakan solar panel di rumah baru yang dapat ditemukan di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung Sebelum pemasangan solar panel, Kamu bisa menghitung estimasi pembangunan rumah yang mengikuti desain idaman Kamu di PinValue.

5 Macam Harga Solar Panel Terbaik dan Terbaru

Solar panel sesuai dengan penamaannya, ini adalah teknologi yang menerima cahaya matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik untuk pemakaian sehari-hari di rumah Kamu. Energi matahari termasuk energi yang selalu terbarukan tidak akan pernah habis, sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan mendapati kelangkaan dari energi satu ini. 

Pemanfaatan energi matahari sebagai pengganti sumber fosil energi listrik, memberikan dampak yang sangat baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Penggunaan energi alternatif ini, tidak menghasilkan gas emisi karbon yang dapat merusak lingkungan. 

Berbeda dengan penggunaan energi fosil yang penghasil listrik pada umumnya, energi fosil menghasilkan gas emisi hasil pembakaran yang besar sekali jumlahnya. Sehingga dinobatkan sebagai salah satu perusak lingkungan kita Pins. Dengan menggunakan solar panel, kita dapat menekan gas emisi karbon yang dihasilkan energi fosil, dengan begitu bersama-sama kita memiliki peran dalam mengurangi polusi dan pemanasan global di bumi ini.

Kamu dapat menggunakan solar panel berdaya 300 Watt untuk membantu Kamu menjalankan listrik sehari-hari. 300 Watt ini cukup untuk menghidupkan alat-alat elektronik Kamu. Solar panel berdaya 300 Watt akan menghasilkan 2,5 kWh per harinya, setelah mendapat asupan sinar matahari selama 8 jam. Namun, jumlah solar panelnya harus lebih dari satu ya untuk mendapatkan kWh yang cukup untuk menghidupkan alat-alat elektronik Kamu.

Berikut ini tersajikan beberapa macam harga solar panel yang dapat Kamu gunakan di rumah:

1. Solar Panel My Solar (300 Watt Peak)

harga solar panel
Source : MySolar

Solar panel dengan merk My Solar memiliki daya maksimum 300 Watt, dengan tegangan maksimum 35,4 Volt, dan arus maksimumnya sebesar 8,49 Ampere. Bahan yang digunakan untuk pembuatan solar panel ini adalah polycrystalline dan berbobot 25kg. Kamu bisa mendapatkan solar panel ini dengan harga Rp. 2.200.000 hingga Rp. 2.800.000.

Ketika arus sel surya berada di posisi nol, tegangan maksimumnya dapat mencapai 44,0 Volt. Lalu, ketika tegangan sel surya yang berada di posisi nol, maksimum arus yang mengalir hingga 9,09 Ampere.

Baca juga: Pengertian Sel Surya/Solar Cell, Kelebihan, Kekuarangan, dan Prinsip Kerjanya

2. Solar Panel Solana (300 Watt Peak)

harga solar panel
Source : Solana

Solar panel kedua berasal dari Solana, solar panel ini berdaya 300 Watt, dan dilengkapi dengan tegangan maksimum sebesar 32,70 Volt, serta memiliki arus maksimum 9,27 Ampere. Harga yang dikeluarkan Solana untuk pembeli adalah sekitar Rp. 2.500.000.

Solana merancang solar panelnya dengan berbahan monocrystalline dan berbobot 20kg. Ketika arus sel suryanya berada di nol, tegangan maksimum dapat mencapai 39,30 Volt. Lalu, ketika tegangan sel surya yang berada di nol, akan membuat arus mengalir hingga 9,72 Ampere. 

3. Solar Panel Kenika (300 Watt Peak)

harga solar panel
Source : iStock

Solar panel bermerk Kenika dapat menyalurkan listrik sebesar 300 Watt. Kenika membuat produknya dengan bahan polycrystalline berbobot 21kg. Tegangan yang dihasilkan sebesar 36,0 Volt dan arus maksimalnya 8,33 Ampere. 

Ketika arus sel surya berada di titik nol, maka tegangannya akan memberikan daya maksimal 45,0 Volt. Sedangkan, ketika tegangan sel surya berada di nol, maka akan mengalirkan arus 9,0 Ampere. Solar panel ini dapat dibeli dengan harga Rp. 2.100.000. Jika belum menginstalasi solar panel sebagai pengganti listrik di malam hari, Kamu dapat mengetahui persiapan di rumah ketika pemadaman listrik terjadi.

4. Solar Panel Maysun Solar atau GH Solar (310 Watt Peak)

harga solar panel
Source : MaysunSolar

GH Solar dan Maysun Solar memiliki produk yang mirip sekali, tidak ada perbedaannya. Daya tertinggi yang dapat dihasilkan solar panel merk ini sebesar 310 Watt dengan tegangan 33,41 Volt dan arus 9,17 Ampere.

Solar panel yang dikeluarkan oleh perusahaan ini memiliki produk yang terbuat dari monocrystalline dan berbobot 25kg. Harga jualnya berjumlah Rp. 1.739.000. Ketika arus sel surya mencapai nol, tegangannya akan berdaya 40,43 Volt. Kemudian, ketika tegangan sel surya mencapai nol, arus yang mengalir hingga 9,84 Ampere.

5. Solar Panel ST Solar (300 Watt Peak)

harga solar panel
Source : iStock

Solar panel buatan ST Solar dapat menghidupkan daya hingga 300 Watt. Tegangan yang diberikan dari produk ini sebesar 35,8 Volt dan arus yang diberikan berjumlah hingga 8,38 Ampere. Pins dapat membeli solar panel bermerk ST Solar dengan harga sekitar Rp. 1.700.000.

Solar panel satu ini terbuat dari polycrystalline dengan bobot 25kg. Ketika arus sel surya menjadi nol, tegangannya dapat mencapai 44,0 Volt. Sedangkan, untuk arusnya akan mencapai 8,38 Ampere ketika tegangan sel surya menjadi nol.

Jenis dan Komponen Solar Panel

Setelah mengetahui macam harga solar panel terbaik, Kamu perlu tahu juga komponen-komponen untuk instalasi solar panel di rumah. Dalam menjalankan pembangkit listrik tenaga surya, terdapat beberapa pilihan sistem yang dinamakan ongrid, offgrid, dan hybrid. Ketiganya memiliki sistem dasar yang sama, hanya penyimpanan daya dan sumber cadangan yang berbeda. Kenali rangkaian panel listrik di rumah Kamu, agar bisa menyesuiakan rangkaian listrik dan solar panel dengan rapi.

PLTS OnGrid atau (di dalam jaringan) memiliki sistem suplai listrik tenaga surya yang terhubung langsung dengan listrik PLN, kedua listrik ini dapat digunakan secara bergantian. Dikarenakan tidak memiliki komponen baterai, ketika terdapat listrik berlebih yang dihasilkan oleh panel surya, maka listrik tersebut akan dialihkan atau disimpan ke jaringan PLN.

PLTS OffGrid atau (di luar jaringan) memiliki sistem suplai listrik tenaga surya yang tidak terhubung dengan listrik PLN, itu lah mengapa disebut panel surya di luar jaringan. Sumber listriknya berasal dari hasil panel surya dan penyimpanan baterai. Penggunaan baterai ini sangat dibutuhkan, karena sistem offgrid hanya mengandalkan sinar matahari saja untuk penyimpanan energi malam.

PLTS Hybrid memiliki sistem suplai listrik yang berasal dari gabungan tenaga surya dan sumber energi PLN lainnya. PLTS jenis ini juga disebut sebagai sistem panel surya yang menggabungkan sistem ongrid dan offgrid. Jadi hybrid memiliki sumber yang lebih lengkap, yaitu panel surya, PLN, dan baterai. Kamu tidak akan khawatir kehabisan listrik karena ketiganya akan bergantian menjadi sumber energi.

Baca juga: Cara Menggunakan Listrik Tenaga Surya di Rumah

Berikut ini komponen-komponen dalam instalasi panel surya:

1. Panel Surya

Panel surya ini adalah panel yang akan menyimpan sinar matahari dan mengubahnya menjadi sumber listrik untuk keperluan Kamu. Jenis panel surya yang biasanya digunakan memiliki sebutan monocrystalline dan polycrystalline. Monocrystalline menjadi jenis panel yang paling mahal dan tergolong lebih efisien energi. Sedangkan polycrystalline merupakan jenis panel yang lebih murah karena tergolong efisiensi lebih rendah dibandingkan monocrystalline.

2. Inverter

Inverter ini adalah komponen panel surya yang berfungsi untuk melangsungkan konversi arus DC menjadi AC sebelum listrik dialirkan untuk penggunaan elektronik.

3. Proteksi Kelistrikan

Proteksi ini dibutuhkan untuk menyalakan dan memotong jalur listrik dengan mudah agar tidak terjadi konsleting listrik. Alat untuk memproteksi kelistrikan ini dinamakan dengan MCB (Miniature Circuit Breaker). Ketahui nama alat listrik lengkap dengan fungsi dan bentuknya, sebagai pengetahuan kita Pins!

4. Mounting dan Tiang Solar Panel

Mounting dan tiang dibutuhkan untuk pemasangan solar panel agar dapat ditempatkan secara rapi di atap rumah atau di tanah. Ketahui nama alat listrik

5. Kabel dan Stop Kontak Listrik

Kabel dan stopkontak listrik dipergunakan sebagai jalur masuk dan aliran listrik dari panel surya ke elektronik lainnya. 

6. Solar Charge Controller (SCC)

Solar charge controller ini dibutuhkan untuk sistem PLTS yang menggunakan offgrid dan berfungsi sebagai optimalisasi baterai dari panel ke penyimpanan baterai.

7. Baterai

Tentunya ketika Kamu memilih untuk menggunakan sistem PLTS berjenis offgrid maka membutuhkan baterai sebagai penyimpanan daya listriknya.

Itulah beberapa macam harga solar panel terbaik dan terbaru yang dapat menjadi referensi Kamu ketika membutuhkan solar panel yang tepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Kamu ya Pins!

Baca juga: Berapa Biaya Tambah Daya Listrik? Ini Informasi dan Caranya!

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download