Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Desain Rumah dengan Anggaran yang Terbatas

Properti

Tips Desain Rumah dengan Anggaran yang Terbatas

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Dalam menentukan desain sebuah rumah tinggal, sebagian besar orang sering terpengaruh dengan konsep desain yang sedang trend. Namun ada juga sebagian orang yang benar-benar merencanakan konsep desain dengan matang. Mereka pada umumnya menginginkan konsep desain rumah yang berbeda dari umumnya.

Desain rumah sering kali mencerminkan karakter penghuni rumah. Termasuk dalam pemilihan warna serta segala pernak-pernik interior dan eksterior rumah. Bila Anda berminat mendesain rumah yang tidak sekedar mengikuti trend namun dengan anggaran yang terbatas, tips desain rumah berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

model rumah terbaru

Pertama, perencanaan anggaran. Rencanakan anggaran dengan matang sebab besarnya anggaran sangat berpengaruh bagi kelancaran Anda membangun rumah. Selain itu, besarnya anggaran yang Anda sediakan juga akan menentukan konsep desain rumah, pemilihan material, desain interior maupun eksterior rumah. Bila Anda mempunyai anggaran yang lebih, tentu tidak ada masalah dengan semua itu.

Kedua, mengambil langkah strategis. Bila anggaran yang Anda sediakan pas-pasan atau bahkan kurang, ada beberapa alternatif yang perlu Anda pertimbangkan saat mendesain rumah:

  1. Menurunkan kualitas material bangunan. Anda bisa memilih kualitas dua atau kualitas tiga. Namun resikonya ketahanan bangunan juga akan menurun atau bahkan cepat rusak;
  2. Pilihan lain, Anda mengecilkan ukuran rumah. Namun ini juga beresiko. Pertimbangkan bahwa dalam jangka panjang kemungkinan besar jumlah anggota keluarga akan bertambah. Bila Anda pasangan yang baru menikah, pastilah ingin mendapatkan keturunan. Kelahiran buah hati sebagai anggota baru keluarga jelas akan menambah kebutuhan ruangan di dalam rumah. Begitu pula bila Anda pasangan yang sudah lama menikah. Saat Anda memiliki menantu yang untuk sementara waktu tinggal bersama Anda, kehadiran mereka juga memerlukan ruangan tambahan di dalam rumah. Belum lagi bila ada orang tua atau sanak saudara yang tinggal bersama Anda. Bayangkan jika rumah Anda berukuran kecil, pastilah para penghuninya tidak akan merasa nyaman karena rumah terlalu sempit dengan jumlah penghuni yang padat;
  3. Alternatif terbaik, berusahalah untuk bersabar. Anda tidak perlu tergesa-gesa membangun rumah langsung jadi. Artinya, Anda bisa membangun rumah secara bertahap sesuai dengan ketersediaan anggaran.

Tags :

Bagikan Artikel