BlogHome ServiceKebersihan Rumah10 Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dari Kerak
0
0

10 Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dari Kerak

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta

Des 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamar mandi yang digunakan setiap hari tentu menyebabkan ruangan tersebut kotor dan berjamur, terutama di bagian dinding. Namun, ada cara membersihkan dinding keramik kamar mandi khusus agar terlihat bersih dan berkilau. 

Keramik memang menjadi pilihan populer untuk menghiasi dinding di kamar mandi. Hanya saja, Pins perlu rajin-rajin membersihkan jenis ubin yang satu ini mengingat dinding bisa jadi sarang jamur dan kotoran lainnya. 

Lantas, bagaimana cara membersihkan dinding keramik kamar mandi yang benar tetap higienis dan bebas dari kuman? Simak tipsnya di bawah ini!

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Berkerak

Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi

Umumnya, Pins mungkin menggunakan cairan pembersih biasa untuk membersihkan dinding dan lantai kamar mandi. Kabar baiknya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar sebagai cara membersihnkan dinding keramik kamar mandi. 

Tanpa berbasa-basi lagi, ini beberapa bahan alami yang bisa Pins manfaatkan sebagai pembersih kotoran dan lumut di kamar mandi. 

Pakai Cuka

cara membersihkan dinding keramik kamar mandi
Source : Unsplash

Salah satu cara membersihkan dinding keramik kamar mandi dari kerak terampuh adalah menggunakan cuka Pins tahu tidak jika cuka termasuk bahan pembersih yang bersifat hidrofobik dan hidrofilik. 

Artinya, ada komponen dalam cuka yang membenci air, sedangkan senyawa lainnya menyukai cairan bening tersebut. Jadi, senyawa yang tidak menyukai air akan mengikat minyak pada kotoran dan mengangkatnya dari permukaan yang dibersihkan.

Nah, cara membersihkan dinding keramik dengan cuka pun cukup mudah. Pins hanya tinggal mengikuti beberapa langkah di bawah ini. 

  • Campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama, misalnya lima sendok makan cuka dengan lima sendok makan air. 
  • Celup kain ke dalam larutan tersebut dan gosok sampai keramik bersih. 
  • Lap dinding dengan kain kering, atau biarkan mengering dengan sendirinya. 

Baca juga: 12 Produk Rekomendasi Pembersih Kloset Paling Ampuh

Gunakan Perasan Lemon

cara membersihkan dinding keramik kamar mandi
Source : Pexels

Selain cuka, bahan pembersih lainnya yang bisa Pins gunakan dalam cara membersihkan dinding keramik yaitu air perasan lemon. 

Air lemon mengandung asam yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk membersihkan dinding keramik yang kotor. Ada pun cara-cara yang bisa Pins terapkan di rumah antara lain: 

  • Peras 1-2 buah lemon hingga menghasilkan air yang banyak. 
  • Isi botol semprot dengan jus lemon yang sudah diperas. 
  • Semprotkan air lemon langsung ke dinding. 
  • Bersihkan dinding dengan spons basah. 
  • Bilas ubin dengan spons atau kain yang dicelupkan ke dalam air hangat. 

Alternatifnya, Pins bisa membasahi langsung kain atau spons dengan jus lemon. Lalu, kain tersebut bisa digunakan untuk mengelap dinding keramik. 

Bila perlu, Pins dapat melapisi dinding kamar mandi dengan sedikit baking soda sebelum disemprot dengan air lemon. Cara ini cukup ampuh dalam mengangkat noda pada dinding keramik. 

Manfaatkan Baking Soda

Baking soda memang menjadi solusi bersih-bersih yang paling ampuh, termasuk untuk dinding kamar mandi. Hanya saja, cara membersihkan dinding keramik dengan baking soda membutuhkan bahan pembersih lainnya agar lebih efektif. Bagaimana caranya?

  • Campur 90 gram soda kue, satu sendok teh sabun cuci piring cair, dan 63 mililiter hidrogen peroksida. Kocok sampai merata. 
  • Tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot. 
  • Semprotkan larutan ini pada dinding kamar mandi yang akan dibersihkan.
  • Tunggu 10 menit dan bersihkan keramik dengan spons atau kain basah. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Sofa dengan Baking Soda

Buat Larutan Air dan Pemutih

Source : Unsplash

Bahan pembersih lainnya yang bisa kamu manfaatkan dan ampuh mengangkat lumut dan dinding keramik yaitu larutan air dan pemutih. Walaupun cukup ampuh, Pins perlu berhati-hati ketika menggunakan larutan ini. 

Ini karena pemutih dapat mengiritasi kulit sehingga Pins disarankan menggunakan sarung tangan karet saat membersihkan kamar mandi. Bila sudah, coba ikuti cara-cara di bawah ini.

  • Campur pemutih dan air dengan perbandingan 1:3, misal campur lima sendok makan pemutih dengan 15 sendok makan air. 
  • Tuangkan larutan ke dalam botol semprot. 
  • Semprotkan campuran ini pada dinding kamar mandi yang kotor. 
  • Bilas dinding dengan kain bersih yang sudah dibasahi air hangat. 

Pakai Amonia

Source : Unsplash

Amonia bisa kamu manfaatkan dalam cara membersihkan dinding keramik kamar mandi lho, Pins. Senyawa kimia ini memang dapat menghilangkan kotoran atau noda minyak. Tidak heran bila banyak produk pembersih banyak mengandung amonia. 

Walaupun ampuh, Pins perlu berhati-hati ketika menggunakan amonia. Amonia mirip dengan putih sehingga bisa menimbulkan bau yang tidak enak. Itu sebabnya, kamu perlu membuka ventilasi udara kamar mandi ketika menggunakan bahan ini. 

Selain itu, amonia dapat mengiritasi kulit dan Pins dianjurkan menggunakan sarung tangan karet, ya. Bila persiapannya sudah selesai, silakan terapkan cara-cara ini. 

  • Campurkan amonia dan air dengan perbandingan 1:2. 
  • Isi botol semprot dengan larutan amonia dan semprotkan ke dinding kamar mandi. 
  • Diamkan selama 60 menit. 
  • Bersihkan dengan kain bersih yang lembap. 

Baca juga: 10 Cara Cepat dan Mudah Membersihkan Kerak Wajan

Gunakan Pembersih Khusus

cara membersihkan dinding keramik kamar mandi
Source : Pexels

Pada dasarnya, cara membersihkan dinding keramik kamar mandi yang paling mudah adalah menggunakan cairan pembersih khusus.  Ada berbagai produk pembersih serbaguna yang dapat membersihkan dinding kamar mandi dari lumut dan kotoran. 

Walaupun petunjuk penggunaan setiap produk sedikit berbeda, Pins bisa mulai menyemprot dinding tipis-tipis. Setelahnya, bilas air semprotan pada dinding dengan kain bersih. 

Tidak hanya itu, ada beberapa tips yang bisa Pins lakukan untuk memaksimalkan hasil dari produk pembersih dinding kamar mandi. 

  • Tutup pintu dan jendela kamar mandi, alirkan air panas dengan sumbat pembuangan yang terpasang selama beberapa menit. 
  • Air panas akan menghasilkan uap di kamar mandi dan memudahkan proses pembersihan. 

Menggunakan Belimbing Wuluh

Source : Ners Unair

Caranya yaitu gosok noda yang berkerak menggunakan belimbing wuluh. Diamkan sampai mengering, lalu bilas hingga bersih.

Keramik juga perlu dijaga serta dirawat supaya selalu bersih dan tidak lagi berkerak. Cara merawatnya yaitu dengan rutin membersihkan noda keramik menggunakan air bersih dan mengelapnya hingga kering. Di samping itu, jaga sirkulasi udara di dalam ruangan agar udara tidak terasa lembab.

Menggunakan Cairan Pembersih Lantai

Source : The Spruce

Untuk membersihkan noda kerak yang masih terbilang ringan, cukup menggunakan cairan pembersih lantai saja. Caranya yaitu tuang cairan ke bagian noda yang berkerak, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gosok noda kerak tersebut menggunakan sikat kawat. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Sampai Hilang Total

Menggunakan Asam Sitrat

Source : Kompas

Asam sitrat dijual di pasaran sehingga tidak sulit untuk memperolehnya. Cara membersihkan noda kerak menggunakan asam sitrat, pertama yaitu kerak harus digosok terlebih dahulu dengan batu apung dan air sabun beberapa kali. Setelah itu bilas sampai bersih. Sebelum menaburkan asam sitrat, basahi bagian yang berkerak. Diamkan satu jam lamanya, kemudian bilas menggunakan air.

Menggunakan Kaporit

Source : NU Online

Sebelum menaburkan kaporit pada bagian yang berkerak, terlebih dahulu siram bagian tersebut dengan air panas. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air biasa.

Nah, sekarang Pins tinggal memilih cara membersihkan dinding keramik kamar mandi mana yang cocok untuk dicoba. Selamat bersih-bersih, Pins!

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok dengan Cepat


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Editor: Syahya R

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download