Pinhome

Uncategorized

Tips Merawat dan Membersihkan Kerak Pada Keramik Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Salah satu jenis noda atau kotoran yang sangat sulit untuk dibersihkan yaitu noda kerak yang terdapat pada keramik rumah. Tak jarang hal tersebut membuat orang-orang merasa kesal atau jengkel. Noda kerak banyak ditemukan di kamar mandi, terutama pada bagian kloset, bathup, dan penampungan air. Meskipun sangat sulit, noda kerak tetap bisa dibersihkan dengan cara-cara yang tepat.

Selain memakai pembersih yang memiliki kandungan HCl atau hidroclorida untuk membersihkannya, terdapat bahan atau cairan lain yang bisa digunakan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Menggunakan Cairan Pembersih Lantai

Untuk membersihkan noda kerak yang masih terbilang ringan, cukup menggunakan cairan pembersih lantai saja. Caranya yaitu tuang cairan ke bagian noda yang berkerak, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gosok noda kerak tersebut menggunakan sikat kawat. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih.

Menggunakan Cairan Asam

Cairan asam seperti cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada keramik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membasahi noda kerak dan menuangkan cairan asam atau cuka pada noda tersebut. Selanjutnya biarkan selama 20 menit. Kemudian gosok memakai sikat kawat atau batu apung sampai bersih. Jika sudah selesai menggosoknya, bilaslah dengan air.

Menggunakan Asam Sitrat

Asam sitrat dijual di pasaran sehingga tidak sulit untuk memperolehnya. Cara membersihkan noda kerak menggunakan asam sitrat, pertama yaitu kerak harus digosok terlebih dahulu dengan batu apung dan air sabun beberapa kali. Setelah itu bilas sampai bersih. Sebelum menaburkan asam sitrat, basahi bagian yang berkerak. Diamkan satu jam lamanya, kemudian bilas menggunakan air.

Menggunakan Pemutih Pakaian

Di samping menghilangkan noda pada pakaian, pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk membersihkan noda kerak pada keramik. Cara membersihkannya yakni dengan menuangkan pemutih pakaian pada keramik yang berkerak dan diamkan selama 20 menit. Gosok dengan sikat kawat atau batu apung, lalu bilas hingga bersih.

Menggunakan Kaporit

Sebelum menaburkan kaporit pada bagian yang berkerak, terlebih dahulu siram bagian tersebut dengan air panas. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air biasa.

Menggunakan Belimbing Wuluh

Caranya yaitu gosok noda yang berkerak menggunakan belimbing wuluh. Diamkan sampai mengering, lalu bilas hingga bersih.

Keramik juga perlu dijaga serta dirawat supaya selalu bersih dan tidak lagi berkerak. Cara merawatnya yaitu dengan rutin membersihkan noda keramik menggunakan air bersih dan mengelapnya hingga kering. Di samping itu, jaga sirkulasi udara di dalam ruangan agar udara tidak terasa lembab.

Itulah tips merawat dan membersihkan noda kerak pada keramik rumah. Pastikan tips tersebut diterapkan dengan sebaik mungkin. Semoga informasi yang telah dibahas dapat bermanfat. Selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel