5 Jenis-jenis Shower dan Perbedaannya

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti ∙ 15 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Memilih shower yang bagus harus tidak hanya dilihat dari desain dan harganya saja. Pins harus mengetahui  jenis-jenis shower kamar mandi sebelum menentukan mana produk yang tepat untukmu. Masing-masing jenis shower ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Ada berbagai macam shower yang dijual di pasaran dengan harga yang juga bervariasi serta fitur yang lengkap. Selain itu, beberapa jenis juga menentukan kekuatan pancaran airnya. Bahkan, Pins dapat memilih shower yang dilengkapi fitur pengaturan pancaran air. 

Shower yang tepat juga dapat menentukan ukuran yang tepat. Ketahui ukuran shower yang sesuai dengan ruangan kamar mandi terutama kalau Pins merencanakan akan memasang bathtub di kamar mandimu. 

Buat kamu yang sedang ingin membeli shower, mari simak macam-macam bentuk shower dan jenisnya berikut ini. 

1. Body Shower

body shower
(American Standard)

Jenis shower kamar mandi yang pertama body shower yang memiliki ciri khas pancuran air yang ada lebih dinding dengan tinggi selutut hingga bahu, bersama dengan kepala pancuran yang ditempatkan di atas kepala. Umumnya, jenis body shower ada di kamar mandi yang berukuran besar. 

Body shower dapat mengalirkan air tepat di area tubuh yang diinginkan sehingga menjadi lebih efisien dibandingkan pancuran air yang mengalir ke bawah tanpa perlu menunggu pancuran menetes dari atas.

Semprotan body shower biasanya lebih kuat seperti jet washer di toilet. Body shower seringkali dilengkapi dengan berbagai pengaturan aliran yang biasanya dapat berupa pijatan. 

Namun kelemahan body shower lebih boros air saat digunakan. Body shower jarang digunakan di rumah, biasanya lebih sering digunakan untuk kebutuhan terapi.

Baca juga: 12 Merk Jet Shower Toilet Terbaik

2. Hand Shower

hand shower
(Freepik)

Hand shower adalah jenis shower kamar mandi yang sering ditemukan di hunian. Shower yang digunakan dengan cara digenggam cenderung mudah digunakan dan bisa membersihkan tubuh dengan baik. Perbedaan hand shower dengan jenis-jenis shower kamar mandi lainnya yaitu bentuk kepalanya yang kecil sehingga dapat kamu gerakan sesuai kebutuhan, 

Konsumsi airnya juga lebih hemat dibandingkan body shower. Apalagi, banyak brand yang dapat mengatur semprotan dengan berbagai mode, mulai dari lembut hingga kuat. Pemasangannya juga mudah seperti memasang kran. 

Untuk bentuk hand shower kamar mandi ini memiliki variasi model yang beragam, serta terbuat dari berbagai material. Pilihlah model hand shower sesuai dengan desain kamar mandi secara keseluruhan. Untuk materialnya sendiri, plastik ABS dan stainless steel yang sering dipilih karena ringan, antikarat, dan terlihat minimalis. 

Meski fleksibel dan efisien dalam pemakaian air, hand shower mudah kotor saat gagangnya tersentuh.  

3. Rain Shower

rain shower
(Wayfair)

Diantara berbagai macam-macam bentuk shower, model rain shower lebih simple dengan cara kerja layaknya air hujan yang membasahi badan. Kelebihan rain shower dibandingkan jenis lainnya yaitu mudah awet dan tidak mudah kotor karena posisinya yang statis tidak akan berubah. 

Dengan penempatan rain shower yang berada tepat di atas kepala, penggunaannya sangat efisien untuk membersihkan seluruh bagian tubuh tanpa perlu berputar-putar untuk mengarahkan badan ke arah pancuran air. 

Menariknya, Pins dapat memilih rain shower dalam variasi yang berbeda, seperti yang terekspos melalui pipa hingga model tersembunyi di plafon yang sudah dilengkapi fitur menarik seperti lampu LED. 

Jenis rain shower dapat memberikan kenyamanan dan pengalaman mandi menjadi lebih menyenangkan. 

Sementara kelemahan rain shower adalah sulit menjangkau bagian tubuh serta tidak hemat air. 

Baca juga: 15 Desain Wastafel Kamar Mandi Minimalis Modern

4. Electric Shower

electric shower
(QS Supplies)

Model shower kamar mandi yang saat ini populer yaitu jenis elektrik yang dapat menyajikan air panas dan dingin sesuai dengan keinginan. Shower ini dapat menghubungkan arus air ke dalam peralatan di dalamnya. 

Di era modern, Pins dapat menemukan electric shower dengan alat pengontrol suhu. Model electric shower dapat dengan baik di rumah yang memiliki tekanan air rendah atau tidak ada pasokan air utama, karena adanya pompa kecil di dalam untuk meningkatkan tekanan air saat air dipanaskan. 

Meskipun bernama elektrik, nyatanya shower elektrik menggunakan lebih sedikit listrik daripada pemanas air listrik.

Adapun kelemahannya kekhawatiran tersetrum. Namun, shower listrik aman jika digunakan dan dipasang dengan benar. Harga instalasinya juga cenderung mahal. 

5. Waterfall Shower 

waterfall shower
(The Spruce)

Jenis terakhir waterfall shower yang cocok untuk kamar mandi mewah yang besar. Model pancuran air terjun terletak lebih tinggi dari pancuran biasa, yang memancarkan aliran air jenis hujan yang lembut. 

Pins dapat memasang pancuran air terjun di semua jenis bilik pancuran. Dengan mengalirkan aliran air yang luas, waterfall shower memunculkan pengalaman layaknya berdiri di bawah air terjun yang sebenarnya . 

Namun, jenis waterfall shower kurang pas untuk kamar mandi mungil. 

Nah, demikian penjelasan mengenai jenis-jenis shower kamar mandi beserta perbedaannya yang dapat Pinhome sampaikan. Apapun pilihanmu, pastikan memilih produk yang berkualitas, ya!

Jika memungkinkan, beli shower yang sudah dilengkapi dengan filter yang dapat membantu menyaring zat klorin maupun bau tidak sedap. 

Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memutuskan memilih shower terbaik untuk kamar mandimu, ya!

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia