Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Beragam Jenis Monstera, Tanaman yang Sedang Naik Daun

Lifestyle

Beragam Jenis Monstera, Tanaman yang Sedang Naik Daun

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 14 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Pandemi yang tak kunjung usai ternyata memiliki dampak baik bagi masyarakat yang memang banyak menghabiskan waktu kegiatannya di dalam rumah. Salah satunya adalah mengoleksi tanaman hias. Tanaman Monstera Variegata contohnya, menjadi tanaman laris manis di pasaran karena perawatannya yang sangat mudah apalagi bagi para pemula berkebun. Penasaran tanaman seperti apa itu? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Pinhome – Monstera variegata merupakan jenis klasifikasi tumbuhan famili Araceae yang biasanya hidup di daerah tropis. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang cantik yang cocok menjadi tanaman hias pada hunian. Selain bentuk daunnya yang sangat sedap dipandang mata, tanaman ini juga sangat minim perawatan sehingga tergolong mudah bagi pemula yang sedang ingin berkebun.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Kekinian Untuk Mempercantik Halaman Rumah

(Shutterstock)

Jenis varietasnya pun tergolong banyak dengan berbagai klasifikasi. Namun, cirinya selalu tetap tampak dalam daunnya yang berwarna hijau pekat dengan beberapa lubang di dalamnya. Ini yang menjadikan tanaman ini andalan penambah estetika dalam ruangan. Nah, bagi Pins yang sudah mulai tertarik membelinya, simak terlebih dahulu ragam jenis tanaman hias ini, agar kamu tidak salah memilih.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Tanaman Yang Benar Untuk Pemula

Jenis-Jenis Tanaman Hias Monstera 

Untuk memberikan referensi mengenai tanaman monstera, silakan cek jenis-jenisnya berikut ini.

Monstera Deliciosa

Dikenal pula dengan sebutan sweet cheese plant, monstera deliciosa merupakan spesies asli yang berasal dari hutan tropis di daerah Meksiko Selatan. Tanaman dengan bentuk daun unik satu ini merupakan tanaman yang membutuhkan paparan sinar matahari tapi tidak secara langsung terus menerus. Ini akan membuat daun menguning. Selain itu, jenis varietas deliciosa juga dapat diturunkan dalam beragam jenis seperti di bawah ini:

  • Monstera Deliciosa Borsigiana

Untuk kamu yang memiliki lahan yang terbatas, jenis deliciosa satu ini dapat kamu miliki. Tumbuhnya tergolong cepat dan memiliki bentuk yang kecil. Cocok menghiasi kamar tidurmu yang aesthetic kekinian.

  • Monstera Deliciosa Variegata

Untuk jenis tanaman dalam tipe variegeta biasanya tidak berada dalam hunian. Untuk varietas jenis ini, daunnya tidak secantik jenis lainnya. Terdapat beberapa bercak kekuningan di dalamnya yang membuat tanaman ini menjadi minim estetika. Selain itu pula, tanaman ini tergolong memiliki waktu tumbuh yang lama.

  • Monstera Deliciosa Albo Variegata
(Thevariegatedmonstera)

Terakhir untuk varian deliciosa ada albo variegata yang sangat unik dengan daun berwarna cantik. Daun dari tanaman ini memiliki perpaduan warna putih dan hijau pada setiap daunnya. Sangat cocok menjadi penghias ruang tamu anda yang mengandalkan warna putih pada perabotnya.

Monstera Obliqua

(Blibli)

Kemudian beralih ke spesies monstera obliqua yang memiliki daun berbentuk hati yang unik. Tanaman ini disukai oleh para penghuni karena simpel dengan corak daun yang simetris berlubang. Monstera obliqua menjadi tanaman yang mudah untuk ditanam dengan hanya menanam batangnya saja. Bagian batang yang terdapat akarnya dapat Pins tanam dengan baik dicocokan dengan pot putih yang manis ataupun model rangka pot jenis besi.

Seperti varian jenis lainnya, monstera obliqua juga memerlukan sinar matahari tetapi tidak secara langsung. Pins bisa membawanya ke teras rumah setiap pagi hari sebelum matahari benar-benar berada di puncak kepala kita. Hal tersebut karena daunnya dapat tumbuh dengan sehat dan subur di bawah suhu 30 derajat. Nah, satu hal lagi yang menarik dari monstera obliqua, yaitu harga jualnya yang tinggi. Selain bisa koleksi, Pins pun bisa menjualnya dengan penghasilan hingga jutaan rupiah lho!

Monstera Adansonii

(irisandco)

Untuk varian tanaman dengan bunga unik satu ini juga menarik dijadikan hiasan pada hunian. Berasal dari Amerika Selatan, tanaman hias adansonii juga dapat merambat dan menjadi penghias pada bagian rumah, seperti pagar maupun pada dinding tanaman vertikal garden. 

Sering disamakan dengan jenis deliciosa yang berlubang banyak, adansonii juga dikenal dengan sebutan tanaman janda bolong, varian andersonii juga tidak kalah dengan varian monstera variegata yang unik. Harga jual tanaman ini pun fantastis bisa mencapai 95 juta rupiah. Kira-kira akan membuat kantong mendadak bolong kah?

Kekurangan dan Kelebihan Menanam Tanaman Monstera

Jenis tanaman hias satu ini memang sangat cantik untuk ditanam. Namun, saat hendak menanamnya di sekitar hunian, kamu juga perlu tahu kelebihan dan kekurangannya agar kamu tidak salah dalam memilih dan merawatnya.

Kekurangan

  • Untuk kamu yang memiliki buah hati yang masih kecil ataupun hewan di dalam rumah, usahakan untuk meletakan nya jauh dari jangkauan mereka. Hal tersebut dikarenakan daunnya beracun dan dapat membahayakan bila tidak sengaja terkonsumsi tubuh. Kandungan calcium oxalates yang terdapat dalam daun dapat membuat kejang tubuh.

Kelebihan

  • Mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak pada waktu pagi hari. Hal tersebut akan menambah kesejukan tersendiri pada hunian bila Pins menanamnya di dalam rumah.
  • Selain menjadi penghasil oksigen yang baik, juga dapat melembabkan ruangan agar tidak menimbulkan kekeringan terhadap kulit tubuh.
  • Dengan mayoritas daun jenis lebar, maka dapat dengan mudah menghalau debu dan membuat rumah menjadi lebih bersih. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Pins tidak lupa membersihkan daunnya dengan kain halus agar tanaman tetap terlihat menarik.

Itulah ragam jenis monstera variegata, adansonii, obliqua dan deliciosa yang paling sering dikenal. Semoga dapat membantu Pins dalam berkebun dan juga menyeleksi ragam tanaman untuk dekorasi hunian!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel