BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!
0
0

Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
renovasi rumah tuatop-right-banner

Sebagian dari kamu mungkin memiliki rumah tua. Rumah tua ini biasanya merupakan peninggalan dari orangtua turun – temurun, atau mungkin sengaja dibeli untuk harga yang lebih murah. Meski terbilang usang, kamu juga bisa melakukan renovasi rumah tua agar terlihat cantik kembali dan memiliki desain yang lebih modern. Bagaimana caranya? Berikut ini tips renovasi rumah tua yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Strategi Menjual Rumah Tua Secara Cepat dan Menguntungkan

Renovasi Rumah Tua

Jika rencana renovasi rumah tua nantinya tidak menambah beban tambahan pada rumah maka tidak perlu dibongkar semua, cukup diganti dengan yang rusak, atau penambahan kolom baru pada bagian tertentu sehingga nilai sejarah rumah dapat menjadi kenangan dari orang tua.

Penjelasan lebih lanjut langkah merenovasi rumah tua tersebut kurang lebih seperti ini:

Baca juga: Peraturan Melakukan Renovasi Rumah

Cek Kondisi Rumah

renovasi rumah tua
Source : Shutterstock

Cek kondisi rumah yang rusak merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada rumah yang dapat membahayakan keselamatan penghuni atau menyebabkan kerugian finansial.

Mulailah dengan melakukan pemeriksaan pada atap rumah untuk mencari tanda-tanda kerusakan seperti retak, bocor, atau kerusakan lainnya. Kemudian periksa dinding, jendela dan pintu, lantai rumah, sistem drainase dan saluran air, sistem listrik dan plumbing untuk menemukan tanda-tanda kerusakan atau kebocoran. Jika ditemukan kerusakan, segera lakukan perbaikan atau hubungi profesional untuk mengatasinya.

Atur Budget

Mengatur budget untuk renovasi rumah tua adalah hal yang penting dilakukan agar dapat mengoptimalkan dana yang tersedia. Buat daftar prioritas renovasi yang perlu dilakukan dan cari harga material dan jasa yang sesuai dengan budget yang tersedia.

Perhitungkan juga biaya tambahan seperti biaya transportasi, pajak, dan biaya peralatan serta biaya perbaikan yang mungkin tidak terduga. Jangan lupa untuk menyisihkan dana cadangan untuk keperluan darurat. Hindari melakukan renovasi yang terlalu mahal dan tidak perlu. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya perawatan setelah renovasi selesai.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah

Mulai Renovasi

renovasi rumah tua
Source : PIxabay

Jika kedua hal tersebut memenuhi persyaratan maka keputusan untuk melakukan renovasi dapat dilakukan, jika tidak maka penggantian dengan rumah baru akan lebih ekonomis.

Tentukan Model Rumah

Menentukan model rumah untuk renovasi adalah hal yang penting dilakukan untuk memastikan bahwa hasil renovasi sesuai dengan harapan dan kebutuhan Pins. Identifikasi gaya arsitektur rumah saat ini dan pertimbangkan preferensi pribadi dan gaya hidup Pins.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan kondisi lingkungan sekitar rumah, faktor-faktor praktis seperti biaya, ketersediaan lahan, dan regulasi pemerintah. Konsultasikan dengan arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan saran dan masukan yang profesional untuk memastikan bahwa desain yang dipilih sesuai dengan kondisi dan regulasi yang berlaku.

Baca juga: Mendesain model rumah idaman

Pilih Tukang Bangunan yang Benar

renovasi rumah tua
Source : Pixabay

Memilih tukang bangunan yang benar adalah hal yang penting dilakukan untuk memastikan bahwa hasil renovasi sesuai dengan harapan dan kebutuhan. Pastikan tukang bangunan yang akan kamu pilih memiliki lisensi dan izin yang valid serta memiliki asuransi, cari referensi dari orang-orang yang pernah bekerja dengan tukang bangunan tersebut dan bandingkan hasil kerja yang telah dikerjakan.

Periksa portofolio kerja tukang bangunan tersebut dan pastikan kerja-kerja yang telah dikerjakan sesuai dengan yang Pins inginkan. Jangan ragu untuk bertanya tentang estimasi waktu dan biaya yang diperlukan untuk

Pertahankan Nilai Sejarahnya

Rumah tua cenderung memiliki nilai sejarah atau kenangan-kenangan tertentu yang ingin dipertahankan nilai-nilai sejarah tersebut.

Sering kita dengar adanya daerah yang menjadi kota lama untuk mempertahankan nilai-nilai sejarah rumah tua, karena rumah tua bisa dikatakan sebagai aset tak ternilai harganya.

Buat Struktur Rumah

Jika sudah ditentukan bagaimana arah renovasi rumah tua nantinya, maka kita dapat melihat apakah struktur rumah yang lama masih dapat menahan beban-beban tambahan nantinya masih dapat ditanggung oleh struktur rumah yang lama.

Baca juga: Menentukan Struktur Rumah Idaman

Fokus ke Bagian yang Rusak

Jika struktur rumah lama masih kuat maka , hanya dilakukan perbaikan pada bagian yang rusak saja.

Ubah Fungsi Ruangan

Renovasi rumah tua
Source : Pixabay

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengubah fungsi ruangan saat renovasi:

  1. Identifikasi tujuan perubahan fungsi ruangan. Apakah kamu ingin mengubah ruangan menjadi lebih fungsional atau hanya ingin memberikan tampilan yang berbeda?
  2. Pertimbangkan kondisi struktur ruangan. Apakah ruangan memiliki dinding yang cukup kuat untuk menahan beban atau perlu ditambahkan dinding tambahan?
  3. Pastikan perubahan fungsi ruangan sesuai dengan regulasi dan peraturan yang berlaku.
  4. Pertimbangkan faktor keselamatan dan keamanan seperti ventilasi, cahaya, dan aksesibilitas.
  5. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan dengan arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan saran dan masukan yang profesional.

Mengubah fungsi ruangan saat renovasi dapat memberikan nilai tambah pada rumah, namun perlu diperhatikan beberapa hal. Identifikasi tujuan perubahan fungsi ruangan, pertimbangkan kondisi struktur ruangan, pastikan perubahan fungsi ruangan sesuai dengan regulasi dan peraturan yang berlaku.

Perkuat Pondasi

Jika diperlukan kekuatan tambahan maka dapat dibuatkan kolom dan pondasi tambahan pada bagian-bagian rumah yang membutuhkan perkuatan tambahan.

Setelah semua proses identifikasi rumah tua tersebut selesai, maka kegiatan renovasi rumah tua dapat dilaksanakan dengan baik. Demikianlah tips untuk renovasi rumah tua yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Harmoni Muktiwari dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download