BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Plamir Tembok dengan Mudah Untuk Pemula
0
0

7 Cara Plamir Tembok dengan Mudah Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat plamir temboktop-right-banner

Plamir tembok merupakan tahapan pelapisan tembok sebelum mengecat dinding. Pasalnya, permukaan tembok cenderung bertekstur atau tidak rata sehingga harus diratakan dan dibuat mulus sebelum dicat. Plamir menjadi salah satu cara membuat tembok lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Walau terdengar sulit, Pins bisa menerapkan cara membuat plamir tembok sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang dapat dibeli di toko bangunan. Penasaran? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Rekomendasi Toko Bahan Bangunan Terdekat dan Terlengkap di Berbagai Daerah

Cara Membuat dan Mengaplikasikan Plamir Tembok

Mempersiapkan Bahan Plamir Tembok

Seiring perkembangan zaman, Pins kini bisa menemukan bahan plamir tembok secara instan yang dijual di pasaran. Bahan-bahan tersebut dapat kamu gunakan untuk dicampur dengan takaran air yang sudah diinformasikan di dalam kemasan.

Metode ini cukup efektif karena lebih mudah dan menghemat waktu. Selain plamir instan, kamu perlu mempersiapkan wadah, amplas, halus, dan kape. Kape adalah alat kerik cat dengan permukaan besi berbentuk segitiga.

Jika tidak ingin yang instan, Pins bisa mengikuti beberapa tahap dan takaran membuat plamir tembok di bawah ini:

  1. Campurkan 1,5 kg pengeras semen dengan 20 liter air.
  2. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan semen putih sebanyak 1 kg dengan 1 kg lem dan 2 kg kalsium.
  4. Aduk lagi dengan hati-hati hingga tercampur.
  5. Plamir siap digunakan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah Per Meter

Membersihkan Tembok

(

Cara membuat plamir tembok selanjutnya adalah mulai membersihkan dinding. Ini karena kotoran yang menempel di tembok sangat memengaruhi ketahanan daya rekat dari plamir. Tidak hanya itu, debu bisa menyebabkan tembok tidak rata.

Jika Pins hendak melakukan pengecatan pada tembok, sebaiknya kelupas terlebih dulu cat lama hingga benar-benar bersih. Dengan begitu, bahan buat plamir tembok akan lebih mudah diaplikasikan dan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Mengaplikasikan Plamir Tembok

Jika sudah yakin dinding yang hendak dicat sudah bersih, Pins bisa mulai mengaplikasikan plamir pada tembok. Bagi kamu yang menggunakan plamir instan bisa menuangkan bubuk plamir pada wadah yang sudah disiapkan dan campurkan dengan air sesuai takaran. Aduk merata agar adonan plamir siap digunakan.

Setelah itu, aplikasikan plamir dengan memakai kape pada adonan. Ini bertujuan agar plamir merata ke seluruh bagian dinding dan pastikan bahwa seluruh bagian tembok sudah tertutup tanpa adanya pori-pori yang terlihat.

Usahakan juga untuk mengaplikasikan cairan dengan cara mengoleskan plamir dari bagian atas menuju bagian bawah tembok. Metode tersebut membantu menciptakan hasil akhir yang lebih rapi dan merata.

Setelah mengaplikasikan plamir tembok, Pins perlu menunggu hingga adonan tersebut benar-benar kering. Umumnya, pengeringan plamir memakan waktu 1×24 untuk memastikan cairan menyerap sempurna dan menempel dengan baik.

Kamu juga bisa melakukan pengecekan kedua kalinya untuk memastikan permukaan tembok mulus dan muncul warna solid dari plamir.

Baca juga: Murah dan Mudah! Ini Kisaran Biaya Membangun Rumah Tipe 36 Selengkapnya

Mengamplas Dinding

(

Cara membuat plamir tembok selanjutnya setelah adonan benar-benar kering adalah mengamplas dinding. Pins bisa mengamplas pada sisi halus untuk mencegah tembok rontok akibat amplas yang terlalu kasar.

Tahapan ini bertujuan membuat tembok tampak lebih halus dan lebih merata. Pada saat mengamplas tembok sebaiknya Pins lakukan secara perlahan dan hati-hati.

Mengecek Hasil Akhir Plamir Tembok

Salah satu tahap yang patut diperhatikan adalah memastikan seluruh permukaan tembok sudah teramplas dengan baik agar Pins bisa mengecat dinding lebih mudah. Ini juga membantu menghasilkan permukaan dinding yang baik.

Bila pengamplasan tembok terasa maksimal, lakukan pengecekan terakhir keseluruhan permukaan. Pins perlu melihat apakah plamir sudah halus dan tertempel dengan benar atau tidak. Jika ada beberapa bagian yang masih membutuhkan plamir tambahan, ulangi dari cara awal untuk bagian tembok yang kurang maksimal.

Mulai Mengecat Tembok

Nah, kini saatnya bahan plamir tembok dilapisi dengan cat warna kesukaan. Pins tentu harus mulai mempersiapkan kebutuhan cat tembok, mulai dari kuas hingga catnya. Keberadaan plamir akan menciptakan perbedaan begitu kamu mengecat dinding dan membuat warna cat lebih terang serta menarik.

Manfaat Menggunakan Plamir Tembok

Bila bahan dan cara membuat plamir tembok dilakukan dengan benar, Pins bisa memperoleh beragam manfaat dari plamir tembok itu sendiri. Apa saja?

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah yang Murah Tapi Berkualitas

Memperbaiki Retak dan Kerusakan pada Dinding

Pins ternyata bisa menggunakan plamir tembok untuk mengisi retakan akibat kerusakan atau kebocoran air. Hal ini pun akan membantu memperbaiki struktur dinding yang tampak tidak estetik. Bahkan, pengaplikasian plamir tembok sangat berguna untuk mereka yang hendak menjual rumah dalam waktu dekat.

Menjadi Dasar untuk Cat Baru

Jika ingin mengecat dinding, Pins membuthkan plamir tembok sebagai pelapis dasar. Palmir tembok akan membantu cat menutupi ketidaksempurnaan pada pemurkaan dengan lebih baik dan memberikan hasil akhir yang bagus.

Meningkatkan Insulasi Rumah

Takaran membuat plamir tembok yang benar ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan insulasi rumah dengan mengisi celah atau retakan pada dinding. Dengan begitu, rumah kamu akan tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas.

Nah, itu tadi sederet cara membuat plamir tembok beserta manfaatnya yang bisa Pins peroleh. Jika dibuat dengan bahan dan takaran yang benar, plamir akan menawarkan manfaat yang begitu besar bagi penghuni rumah.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download