Cara Mengaci Tembok Agar Halus Tanpa Retak

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

5 Cara Mengaci Tembok Agar Halus Tanpa Retak

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 12 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Mengaci tembok adalah pekerjaan finishing dalam proses pembuatan tembok dengan melapisi tembok menggunakan acian. Mengaci dilakukan setelah pekerjaan proses plester tembok dan sebelum melakukan proses pengecatan tembok. Cara mengaci tembok yang benar, bisa menghasilkan tembok yang lebih halus permukaannya dan saat dicat bisa menghemat pemakaian cat.

Jika kamu ingin melakukan pengacian tembok rumah sendiri misalnya, kamu perlu mengetahui cara mengaci tembok yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang halus tanpa retak. Jika sudah mengetahui cara mengaci tembok yang benar, pekerjaan ini akan mudah untuk kita lakukan sendiri tanpa bantuan tenaga professional. Sebelum kamu melakukan proses pengacian tembok sendiri, sebaiknya kamu simak dulu artikel Pinhome berikut ini ya!

Baca Juga: Cara Mengecat Tembok Rumah yang Wajib Kamu Ketahui!

Penyebab Plester dan Acian Retak Rambut

Sebelum kamu melakukan proses pengacian tembok sendiri, sebaiknya kamu simak dulu artikel Pinhome cara-cara mengaci tembok berikut!
(Nippon Paint)

Penyebab utama sering terjadinya retak rambut pada plesteran tembok adalah dikarenakan teknik aplikasi yang tidak sesuai standar pekerjaan yang baik ketika dalam proses konstruksinya. Selain itu, penyebab lainnya adalah kualitas material yang kurang bagus. Seperti konstruksi penggunaan pasir maupun kualitas air juga sangat mempengaruhi hasilnya. Namun tidak hanya sampai disitu, terkadang rendahnya konsistensi adukan campuran bahan mengakibatkan acian tembok mudah retak.

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah karena pekerjaan yang terlalu terburu-buru. Tembok beton harus mencapai kondisi settlement sebelum dilanjutkan pada tahap proses selanjutnya. Hal tersebut dikarenakan tembok yang belum settled cenderung masih mengalami perubahan partikel-partikel yang ada di dalamnya atau biasa disebut juga deformasi.

Cara Mengaci Tembok Yang Baik

(Wall and Ceiling)

Untuk melakukan pengacian tembok sendiri kamu perlu mempersiapkan bahan dan alat-alat antara lain: 

  • Semen
  • Air
  • Jidar atau penggaris tembok
  • Kuas
  • Amplas Halus
  • Ember kecil

Setelah Pins mengetahui penyebab-penyebab keretakan tembok di atas, kamu perlu menerapkan langkah-langkah cara mengaci tembok berikut agar hasilnya halus tanpa retak.

Menyiapkan Adukan Acian

Cara mengaci tembok
(Instructables)

Membuat adukan acian yang bagus adalah salah satu proses penting untuk menghasilkan kualitas yang bagus. Campuran semen dan air yang pas merupakan komposisi dari adukan acian yang benar. Cara membuat adukan acian cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan ember kecil dan masukan semen secukupnya. Kemudian, tuangkan air sedikit demi sedikit agar bubuk semen berubah bentuk menjadi pasta yang selanjutnya bisa Pins gunakan.

Kamu juga bisa menambahkan air lagi sedikit demi sedikit jika semen masih terlihat padat agar adukan pasta bisa lebih encer. Namun, kamu juga harus memperhatikan. Jangan sampai adonan terlalu cair dengan cara menambahkan komposisi semen di dalamnya. Komposisi adukan acian yang benar adalah kurang lebih jika kekentalan sudah mirip seperti adonan pasta.

Mengecek Kondisi Tembok

(Tokyo Cement)

Sebelum mengaplikasikan adukan acian ke tembok sebaiknya cek kembali kondisi tembok terlebih dahulu apakah sudah bersih terbebas dari kotoran dan partikel-partikel debu. Adanya kotoran atau noda pada dinding akan mempengaruhi hasil acian yang membuat dinding menjadi tidak rata.

Penting juga untuk memperhatikan apakah permukaan tembok sudah kering dari proses plesteran. Perlu waktu sekitar dua minggu untuk menunggu tembok kering setelah proses plester tembok dilakukan. Kemudian jika tembok sudah dipastikan kering, perlahan kamu bisa membasahi dinding dengan sedikit air. Proses ini adalah untuk menjaga adukan acian tidak mengering dalam waktu cepat.

Aplikasikan Adukan Acian ke Tembok

cara mengaci tembok
(Pinterest)

Pada tahap ini adalah cara mengaci tembok yang paling utama. Pins hanya perlu menggunakan ujung roskam dalam pengerjaan. Kamu bisa mulai mengambil sejumput adukan acian, kemudian aplikasikan pada dinding yang akan diaci. 

Dalam mengaplikasikan adukan acian pada dinding kamu perlu melakukannya dengan menekan roskam yang sudah terdapat adukan acian ke permukaan dinding, kemudian ratakan adukan acian ke sisi sampingnya agar adukan tersebut menutupi pori-pori tembok secara merata. Ulangi langkah tersebut hingga seluruh permukaan dinding tertutupi adukan acian secara merata. Ketebalan acian dinding yang baik disarankan sekitar antara 1,5 mm – 3,0 mm untuk menghindari hasil yang retak.

Menyiasati Kesulitan Mengaci Pada Sudut Tembok

(Pinterest)

Mengaplikasikan adukan acian pada sudut tembok merupakan hal yang tricky karena pada bagian ini pengaplikasian lebih sulit dibandingkan bagian tembok lain. Posisi bidang sudut tembok yang berhimpitan 45 derajat dengan tembok di sebelahnya, membuat proses aplikasi adukan acian menjadi lebih sulit dan membuat area bergerak untuk tangan menjadi terbatas.

Untuk menyiasati kesulitan ini Pins harus memulai proses pengacian tembok dengan menggunakan roskam berukuran kecil dari salah satu sudut. Kemudian, dalam mengaplikasikannya lakukan gerakan pengacian pada permukaan dinding yang searah dari bidang sudut tertutup ke bidang yang terbuka, atau kamu juga bisa memanfaatkan kuas untuk mengoleskan adukan acian pada sudut tembok. 

Haluskan Dengan Amplas

cara mengaci tembok
(Pinterest)

Tahap terakhir cara mengaci tembok agar halus tanpa retak adalah dengan mengampelas permukaannya. Penggunaan amplas halus, bisa kamu mulai prosesnya setelah tembok lapisan aciannya sudah mengering dengan sempurna. Bagian terpenting dalam proses ini, kamu hanya perlu menggosokkan amplas halus tersebut pada seluruh permukaan dinding dengan gerakan memutar dan merata. Proses terakhir ini bertujuan agar permukaan acian menjadi halus, rata, dan rapi sehingga lapisan acian yang tipis dapat timbul di atas permukaan yang sudah dikikis oleh amplas.

Nah, dengan mengikuti cara-cara diatas kamu sudah bisa melakukan cara mengaci tembok dengan baik dan benar. Setelah selesai proses diatas, sesekali kamu bisa mengecek tembok hasil proses pengacian kamu untuk memastikan seluruh tembok sudah yang rata dengan tekstur yang halus. Selamat mencoba, Pins!

Baca Juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah Untuk Pemula


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel