BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Mengaci Tembok Agar Halus Tanpa Retak
0
0

5 Cara Mengaci Tembok Agar Halus Tanpa Retak

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 13, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengaci temboktop-right-banner

Mengaci tembok adalah pekerjaan finishing dalam proses pembuatan tembok dengan melapisi tembok menggunakan acian. Mengaci dilakukan setelah pekerjaan proses plester tembok dan sebelum melakukan proses pengecatan tembok. Cara mengaci tembok yang benar, bisa menghasilkan tembok yang lebih halus permukaannya dan saat dicat bisa menghemat pemakaian cat.

Jika kamu ingin melakukan pengacian tembok rumah sendiri misalnya, kamu perlu mengetahui cara mengaci tembok yang benar agar bisa mendapatkan hasil yang halus tanpa retak. Berikut cara mengaci tembok yang baik dan benar!

Pins juga bisa menemukan rumah dengan halaman yang cukup besar di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Cobalah ajukan KPR di Pengajuan KPR untuk membantumu memulai pengerjaan rumahmu yang mudah dan bisa pembayarannya bisa disesuaikan dengan angsuran agar tidak memberatkanmu.

Baca Juga:

Penyebab Plester dan Acian Retak Rambut

cara mengaci tembok
Source : Nippon Paint

Penyebab utama sering terjadinya retak rambut pada plesteran tembok adalah dikarenakan teknik aplikasi yang tidak sesuai standar pekerjaan yang baik ketika dalam proses konstruksinya. Selain itu, penyebab lainnya adalah kualitas material yang kurang bagus. Seperti konstruksi penggunaan pasir maupun kualitas air juga sangat mempengaruhi hasilnya.

Namun tidak hanya sampai disitu, terkadang rendahnya konsistensi adukan campuran bahan mengakibatkan acian tembok mudah retak. Kesalahan lain yang sering terjadi adalah karena pekerjaan yang terlalu terburu-buru. Tembok beton harus mencapai kondisi settlement sebelum dilanjutkan pada tahap proses selanjutnya.

Hal tersebut dikarenakan tembok yang belum settled cenderung masih mengalami perubahan partikel-partikel yang ada di dalamnya atau biasa disebut juga deformasi.

Baca Juga:

Cara Mengaci Tembok Yang Baik

Source : Wall and Ceiling

Untuk melakukan pengacian tembok sendiri kamu perlu mempersiapkan bahan dan alat-alat antara lain: 

  • Semen
  • Air
  • Jidar atau penggaris tembok
  • Kuas
  • Amplas Halus
  • Ember kecil

Setelah Pins mengetahui penyebab-penyebab keretakan tembok di atas, kamu perlu menerapkan langkah-langkah cara mengaci tembok berikut agar hasilnya halus tanpa retak:

1. Menyiapkan Adukan Acian

Cara mengaci tembok
Source : Instructables

Membuat adukan acian yang bagus adalah salah satu proses penting untuk menghasilkan kualitas yang bagus. Campuran semen dan air yang pas merupakan komposisi dari adukan acian yang benar. Cara membuat adukan acian cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan ember kecil dan masukan semen secukupnya.

Kemudian, tuangkan air sedikit demi sedikit agar bubuk semen berubah bentuk menjadi pasta yang selanjutnya bisa Pins gunakan. Kamu juga bisa menambahkan air lagi sedikit demi sedikit jika semen masih terlihat padat agar adukan pasta bisa lebih encer.

Namun, kamu juga harus memperhatikan. Jangan sampai adonan terlalu cair dengan cara menambahkan komposisi semen di dalamnya. Komposisi adukan acian yang benar adalah kurang lebih jika kekentalan sudah mirip seperti adonan pasta.

Baca Juga:

2. Mengecek Kondisi Tembok

Source : Tokyo Cement

Sebelum mengaplikasikan adukan acian ke tembok sebaiknya cek kembali kondisi tembok terlebih dahulu apakah sudah bersih terbebas dari kotoran dan partikel-partikel debu. Adanya kotoran atau noda pada dinding akan mempengaruhi hasil acian yang membuat dinding menjadi tidak rata.

Penting juga untuk memperhatikan apakah permukaan tembok sudah kering dari proses plesteran. Perlu waktu sekitar dua minggu untuk menunggu tembok kering setelah proses plester tembok dilakukan.

Kemudian jika tembok sudah dipastikan kering, perlahan kamu bisa membasahi dinding dengan sedikit air. Proses ini adalah untuk menjaga adukan acian tidak mengering dalam waktu cepat.

Baca juga:

3. Aplikasikan Adukan Acian ke Tembok

cara mengaci tembok
Source : Pinterest

Pada tahap ini adalah cara mengaci tembok yang paling utama. Pins hanya perlu menggunakan ujung roskam dalam pengerjaan. Kamu bisa mulai mengambil sejumput adukan acian, kemudian aplikasikan pada dinding yang akan diaci. 

Dalam mengaplikasikan adukan acian pada dinding kamu perlu melakukannya dengan menekan roskam yang sudah terdapat adukan acian ke permukaan dinding, kemudian ratakan adukan acian ke sisi sampingnya agar adukan tersebut menutupi pori-pori tembok secara merata.

Ulangi langkah tersebut hingga seluruh permukaan dinding tertutupi adukan acian secara merata. Ketebalan acian dinding yang baik disarankan sekitar antara 1,5 mm – 3,0 mm untuk menghindari hasil yang retak.

Baca Juga:

4. Menyiasati Kesulitan Mengaci Pada Sudut Tembok

Source : Pinterest

Mengaplikasikan adukan acian pada sudut tembok merupakan hal yang tricky karena pada bagian ini pengaplikasian lebih sulit dibandingkan bagian tembok lain. Posisi bidang sudut tembok yang berhimpitan 45 derajat dengan tembok di sebelahnya, membuat proses aplikasi adukan acian menjadi lebih sulit dan membuat area bergerak untuk tangan menjadi terbatas.

Untuk menyiasati kesulitan ini Pins harus memulai proses pengacian tembok dengan menggunakan roskam berukuran kecil dari salah satu sudut. Kemudian, dalam mengaplikasikannya, lakukan gerakan pengacian pada permukaan dinding yang searah dari bidang sudut tertutup ke bidang yang terbuka, atau kamu juga bisa memanfaatkan kuas untuk mengoleskan adukan acian pada sudut tembok. 

Baca juga:

5. Haluskan Dengan Amplas

cara mengaci tembok
Source : Pinterest

Tahap terakhir cara mengaci tembok agar halus tanpa retak adalah dengan mengampelas permukaannya. Penggunaan amplas halus, bisa kamu mulai prosesnya setelah tembok lapisan aciannya sudah mengering dengan sempurna.

Bagian terpenting dalam proses ini, kamu hanya perlu menggosokkan amplas halus tersebut pada seluruh permukaan dinding dengan gerakan memutar dan merata. Proses terakhir ini bertujuan agar permukaan acian menjadi halus, rata, dan rapi sehingga lapisan acian yang tipis dapat timbul di atas permukaan yang sudah dikikis oleh amplas.

Nah, dengan mengikuti cara-cara diatas kamu sudah bisa melakukan cara mengaci tembok dengan baik dan benar. Setelah selesai proses diatas, sesekali kamu bisa mengecek tembok hasil proses pengacian kamu untuk memastikan seluruh tembok sudah yang rata dengan tekstur yang halus. Selamat mencoba, Pins!

Baca Juga:

Feature Source Image: Ampbi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download