BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Manfaat Sumur Resapan Air Hujan yang Jarang Diketahui
0
0

6 Manfaat Sumur Resapan Air Hujan yang Jarang Diketahui

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat Sumur Resapantop-right-banner

Musim hujan akan segera tiba. Biasanya ketika menghadapi musim hujan, pemerintah dan masyarakat di kota besar seperti Jakarta akan menggalakkan pembuatan sumur resapan. Sebenarnya apa sih itu dan apa manfaat sumur resapan air hujan? Berikut ulasannya!

Sumur resapan merupakan salah satu usaha pengelolaan air sederhana yang bisa dilakukan oleh masyarakat luas. Walaupun terbilang sederhana, membangun sumur satu ini bisa mengembalikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan. Cara untuk membangunannya sendiri cukup mudah.

Pembuatan sumur resapan tidak hanya dilakukan pemerintah. Kamu juga bisa membuatnya di lingkungan rumah di Bekasi seperti Samira Regency Bekasi atau The Mansion. Kamu yang ingin jual rumah bekas di Kab Bogor Utara bisa pasang iklan rumah di Pinhome

Baca juga: Rumah Kamu Memakai Sumur Dalam? Tenang, Ini 15 Rekomendasi Pompa Air Submersible Terbaik!

Pengertian Sumur Resapan

Manfaat Sumur Resapan
Source : Pixabay

Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali. Lubang sumur memiliki kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan agar diserap ke dalam tanah.

Fungsi sumur resapan berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Sasaran lokasi adalah daerah resapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olahraga, serta fasilitas umum lainnya.

Secara teori, sumur resapan merupakan sumur atau lubang pada permukaan tanah yang dibuat untuk menampung air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah. Sumur resapan ini kebalikan dari sumur air minum. 

Pasalnya sumur resapan merupakan lubang untuk memasukkan air ke dalam tanah, sedangkan sumur air minum berfungsi untuk menaikkan air tanah ke permukaan. Dengan demikian, konstruksi dan kedalamannya berbeda.

Perbedaan salah satunya ada pada kedalaman. Sumur resapan digali dengan kedalaman di atas muka air tanah, sedangkan sumur air minum digali lebih dalam lagi atau di bawah muka air tanah.

Penerapan sumur resapan sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi sumur resapan bagi kehidupan manusia adalah sebagai pengendali banjir, melindungi dan memperbaiki (konservasi) air tanah, serta menekan laju erosi.

Sumur resapan dapat dikatakan sebagai suatu rekayasa teknik konservasi air, berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur galian dengan kedalaman tertentu. 

Baca juga: Perlu Tahu! 10 Tips Memilih Pompa Air di Rumah

Manfaat Sumur Resapan

Manfaat Sumur Resapan
Source : iStock Photo

Melihat fungsi yang cukup penting, maka sudah pasti ada manfaat besar dari pembuatan sumur resapan. Tak heran pemerintah di Jakarta bahkan menggalakkan pembuatan sumur resapan dalam beberapa tahun terakhir. Berikut beberapa manfaat sumur resapan bagi kehidupan sehari-hari. 

1. Mencegah Penurunan Muka Air Tanah

Penurunan muka air tanah yang banyak terjadi akhir-akhir ini dapat teratasi dengan bantuan sumur resapan. Tanda-tanda penurunan muka air tanah terlihat pada keringnya sumur dan mata air pada musim kemarau serta timbulnya banjir pada musim penghujan. 

Perubahan lingkungan hidup sebagai akibat dari proses pembangunan, berupa pembukaan lahan, penebangan hutan, serta pembangunan pemukiman dan industri yang diduga menyebabkan terjadinya hal tersebut.

2. Mengendalikan Banjir

Manfaat Sumur Resapan
Source : iStock Photo

Salah satu strategi atau cara pengendalian air, baik mencegah banjir atau kekeringan adalah melalui sumur resapan. Sumur resapan ini merupakan upaya memperbesar resapan air hujan ke dalam tanah dan memperkecil aliran permukaan sebagai penyebab banjir. 

Sumur resapan berfungsi menyerap air yang berasal di atas permukaan tanah. Maka dari itu sumur resapan membantu mengurangi aliran pada permukaan dan mencegah terjadinya genangan air atau banjir.

3. Konservasi Air Tanah

Sumur resapan sebagai konservasi air tanah, diharapkan agar air hujan lebih banyak yang diresapkan ke dalam tanah menjadi air cadangan dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah tersebut akan dapat dimanfaatkan melalui sumur-sumur atau mata air. 

Peresapan air melalui sumur resapan sangat penting mengingat adanya perubahan tata guna tanah di permukaan bumi. Dengan adanya perubahan tata guna tanah tersebut akan menurunkan kemampuan tanah untuk menyerap air. 

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis Eye-Catching dan Kekinian!

4. Menekan Laju Erosi

Manfaat Sumur Resapan
Source : iStock Photo

Erosi adalah peristiwa pindahnya atau terangkutnya tanah atau bagian- bagian tanah dari suatu tempat lain oleh media alami. Penurunan muka air tanah menjadi salah satu faktor terjadinya erosi. 

Dengan adanya penurunan aliran permukaan maka laju erosi pun akan menurun. Bila aliran permukaan menurun, tanah-tanah yang tergerus dan terhanyut pun akan berkurang. 

Dampaknya, aliran permukaan air hujan kecil dan erosi pun akan kecil. Dengan demikian adanya sumur resapan yang mampu menekan besarnya aliran permukaan berarti dapat menekan laju erosi.

5. Sumber Air Konsumsi

Air yang berasal dari sumur resapan juga dapat dikonsumsi sebagai air minum dan kebutuhan bahan makanan sehari-hari. Maka dari itu sumur resapan akan bermanfaat baik dalam membantu mendukung proses konsumsi pangan dari masyarakat sekitar.

6. Sumber Irigasi

Pemanfaatan sumur resapan untuk mengairi lahan dan membendung air akan dilakukan apabila saluran irigasi sedang mengalami gangguan seperti kekurangan air. 

Sumur resapan dapat menggantikan sementara sumber irigasi. Sehingga dapat dikatakan sumur resapan juga memiliki peran penting untuk membantu proses irigasi ketika sedang kekurangan air.

Itulah beberapa manfaat sumur resapan dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui. Rumah kamu sudah ada sumur resapan belum, Pins?

Baca juga: 

Featured Image Source: Kominfotik DKI Jakarta


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download