BlogPemilik PropertiCara Pasang Air PDAM dengan Praktis
0
0

Cara Pasang Air PDAM dengan Praktis

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, apakah saat ini kamu menempati hunian baru? Jika ya, maka kamu harus pasang air pdam. Mengapa demikian? Karena jika hanya mengandalkan air sumur kamu tidak punya back up apabila air sumur kering, Pins. 

Kamu yang tinggal di perumahan di Jakarta Selatan, The Agathis, atau Puri Tenjo City pasti juga berniat untuk memasang air pdam, bukan? Sebelum membaca informasi lengkap mengenai cara pasang air pdam, kamu juga bisa cek estimasi harga rumah atau info soal titip jual sewa rumah di Pinhome.

Keunggulan Pasang Air PDAM

Source : Flip

Air bersih merupakan kebutuhan untuk hidup bagi makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Air bersih digunakan untuk aktivitas seperti mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, mengepel lantai dan membersihkan rumah. 

Namun menurut CNN air PDAM ini tidak bisa digunakan sebagai air untuk minum di Indonesia, karena kualitas pipa yang kurang baik sehingga menyebabkan air PDAM suka bau dan atau beraroma kaporit, sehingga membuat orang enggan meminumnya. Tetapi, di balik itu ada keunggulan dari memasang air PDAM seperti berikut, 

Bisa untuk Keperluan Non-Konsumsi Air

Ketika musim kemarau, biasanya air sumur akan mengering. Hal ini bisa diantisipasi dengan penggunaan air PDAM. Ya, paling tidak air PDAM bisa digunakan untuk mandi, mencuci baju, mencuci piring, mencuci motor dan menyiram tanaman ya Pins. 

Baca juga: Apa itu abodemen Listrik

Menjadi Cadangan Air jika Kemarau

Pada musim kemarau biasanya cadangan air untuk beraktivitas yang bersumber dari sumur akan berkurang. Oleh karena itu jika kamu pasang air pdam maka asupan air ke rumah bisa tetap terjaga. 

Diawasi oleh PDAM

Air yang berasal dari PDAM tentunya akan diawasi langsung oleh kantor PDAM. Jika kamu merasa ada kendala ataupun gangguan lainnya maka kamu bisa langsung memberitahu ke pihak PDAM Pins. Jadi, di sini layanan konsumen pun akan tersedia untuk membantu menyelesaikan masalah serta kebutuhan kamu.

Cara Memasang Air PDAM

Source : Pikiran Rakyat

Berikut ini merupakan cara pasang air pdam yang bisa dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut! Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini! 

1. Siapkan Dokumen dan Persyaratan

Pertama-tama siapkan pastikan kamu menyiapkan dokumen yang diperlukan ketika mendaftar dan mengajukan pemasangan air PDAM. Misalnya saja fotokopi KTP, fotokopi KK, Materai, fotokopi Akta Jual Beli, fotokopi PBB terakhir. Apabila kamu mewakili sebuah instansi pastikan menggunakan surat kuasa jika mewakili instansi. Namun daftar dokumen tersebut bisa saja berbeda sesuai daerah masing-masing. Tipsnya pastikan kamu mencari tahu dulu ya Pins informasinya di PDAM sekitar. 

Baca juga: Mengenal apa itu Air PAM

2. Datang ke Kantor PDAM

Selanjutnya kamu bisa mendatangi kantor PDAM terdekat. Dengan mendatangi kantor PDAM serta membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan maka kamu akan lebih cepat mendapatkan informasi pendaftaran PDAM. Kamu bisa langsung bertanya kepada petugas di loket atau di kantor PDAM untuk menanyakan perihal pemasangan PDAM sesuai daerah masing-masing Pins. Perhatikan juga jam operasional kantor PDAM di daerah kamu ya Pins agar kamu tahu kapan harus datang ke lokasi. 

3. Mengisi Form Permohonan Pasang Air PDAM

Ketika kamu tiba di kantor PDAM kamu perlu melakukan pengisian form untuk mengajukan diri pemasangan air PDAM. Umumnya jika kondisi ramai maka kamu harus mengantre mengisi form PDAM itu Pins. Pengisian form ini pastinya akan memerlukan waktu beberapa menit, oleh karena itu pastikan kamu sedang mempunyai waktu senggang ya Pins agar tidak mengganggu aktivitas atau jam kerja kamu. 

4. Membayar Biaya Pendaftaran di Awal

Source : Parapuan

Biaya awal untuk mendaftar dan pasang air PDAM tentu diperlukan. Untuk hal ini kamu perlu konfirmasi ke PDAM terdekat ya Pins. Selain itu sediakan juga biaya materai untuk penandatanganan formulir yang kamu isi. Oh ya, Pins kamu juga harus menyediakan uang cash ya Pins, jaga-jaga siapa tahu di kantor PDAM masih belum menerima pembayaran online atau sedang ada gangguan sinyal. Tapi seharusnya segala transaksi sekarang sudah online semua ya. 

Baca juga: Intip Cara Menghitung Tarif PDAM yang Paling Akurat

5. Petugas Memeriksa Area Rumah

Setelah kamu menyelesaikan proses pendaftaran dan pembayaran di kantor PDAM, maka petugas PDAM akan mengatur waktu untuk mengunjungi rumah kamu. Pins pastikan rumah dan area sekitar dalam kondisi rapi ya Pins supaya mempermudah para petugas bekerja. Setidaknya taman dan saluran air kamu bisa dilihat oleh petugas Pins. 

Baca juga: 10 Cara Menjernihkan Air di Rumah dengan Cepat

6. Membayar Biaya Pemasangan

Untuk biaya pemasangan sendiri pada dasarnya akan ada perbedaan di setiap lokasi dan bangunan. Hal ini lantaran akan ada pertimbangan ketika melakukan pasang air pdam. Cara memasang PDAM pun tentunya memperhatikan faktor lingkungan perumahan, akses atau jangkauan PDAM, jumlah pipa yang diperlukan dan juga bangunan rumah.

7. Proses Pemasangan Saluran oleh Petugas

Source : Infobekasi

Setelah semua proses administrasi diselesaikan maka petugas akan melakukan pasang air pdam. Cara memasang air pdam pun sebenarnya akan memerlukan beberapa hari dan setelah proses selesai masih akan ditinjau dan dimonitor oleh petugas. Jika ada hal yang perlu diperbaiki akan dilakukan segera untuk mencegah masalah semakin besar.

Pins, itu saja informasi mengenai pasang air pdam semoga penjelasan di atas bermanfaat buat kamu, ya Pins!

Baca juga:

Sumber featured image: infobekasi.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download