Pinhome

Tips Properti

Cara Memperbaiki Talang Air Rumah Yang Bocor

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kebocoran talang air mengakibatkan rumah lembab dan berjamur. Untuk itu kita perlu untuk memperbaiki talang tersebut. Artikel ini akan membahas bagaimana cara memperbaiki talang air rumah yang bocor.

Kebanyakan rumah di Indonesia menggunakan talang air, baik berupa talang air seng maupun talang air beton. Talang air biasanya terletak di belakang rumah dan terbuat dari beberapa bahan material seperti plastik, seng alkan, dan seng biasa. Yang paling menjengkelkan dari talang air adalah ketika mengalami kebocoran. Talang air yang bocor, sangat mengganggu ketika hujan turun. Ini sangat menggangu karena mengakibatkan rumah lembab dan memicu tumbuhya jamur.

Pada kenyataannya untuk memperbaiki talang air rumah yang bocor sangatlah sulit. Ketika talang air bocor, kita tidak dapat membuang talang tersebut dan menggantinya dengan yang baru atau langsung memanggil tukang untuk memperbaikinya. Karena untuk memanggil tukang kita harus membutuhkan waktu sampai tukang tersebut dating kerumah. Nah, bagaimana cara memperbaiki talang Air yang bocor di rumah Anda? Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk memperbaiki talang air di rumah.

Cek penyebab talang air bocor

Sebelum memperbaiki talang air ada baiknya Anda memeriksa penyebab terjadinya kebocoran. Biasanya ada beberapa penyebab terjadinya kebocoran yaitu karena sambungan yang lepas atau daya rekat lem yang sudah tidak optimal lagi dan lainnya. Untuk lebih memudahkan Anda mengeceknya, Anda dapat membersihkan dahulu kotoran-kotorang yang terdapat pada talang air. Segeralah untuk memeriksa dan memperbaiki talang air jika terjadi kebocoran agar rumah Anda tidak lembab dan berjamur.

Mulai memperbaiki

Setelah Anda mengetahui penyebab dari talang tersebut bocor maka selanjutnya Anda mengambil tindakan untuk segera memperbaikinya. Jika penyebabnya yaitu karena sambungan terlepas maka Anda dapat merekatkannya kembali dengan lem yang berkualitas. Sebelum mengelem, sebaiknya Anda membersihkan kedua ujung sambungan agar sisa lem terdahulu tidak ada lagi. Lem kedua ujung sambungan dan diamkan beberapa menit. Pastikan lem bener-benar merekat pada kedua ujung sambungan.

Cek Ulang

Ketika Anda selesai merekatkan lem pada kedua sambungan maka selanjutnya, Anda perlu mengecek ulang apakah yang diakukan sudah benar dan tidak akan terjadi kebocoran lagi. Anda bisa mngeceknya dengan menyiramkan air beberapa ember di talang tersebut, jika terjadi genangan air beberapa lama maka akan terjadi lagi kebocoran. Untuk itu, Anda dapat melakukan penebalan dengan adukan semen dan pasir.

Ganti baru

Jika perbaikan yang Anda lakukan juga tidak membawakan hasil yang baik, maka langkah terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu mengganti talang dengan yang baru. Sebelum membeli talang yang baru sebaikya Anda memperhatikan kualitas, bahan, ukuran, dan jenis talang yang akan dibeli. Sebelum memasang talang Anda dapat melapisi bagian bawah dengan seng. Ini berguna agar kebocoran pada talang tidak terjadi lagi.

Tags :

Bagikan Artikel