Pinhome

Tips Properti

Rumah Idaman: Nikmat Tuhan yang Kadang Terlupa Kita Syukuri

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Selain menjadi pelindung di saat hujan deras ataupun panas terik, rumah adalah tempat dimana kita berlindung dari berbagai masalah hidup. Tempat dimana kita berdoa, tempat dimana kita berusaha mengatasi berbagai masalah, tempat kita berbagi kebahagiaan hingga tempat kita membagi kasih terhadap orang tersayang dan kepada sesama.

Kita semua harus mengakui, hidup itu sebuah dinamika. Ada kalanya kita berbahagia, berada di atas dan seakan dunia milik kita. Namun, ada kalanya juga kita merasa terpuruk, berada di level paling bawah, merasa gagal ataupun sudah tak ada harapan lagi.

“Haa.. rasanya lelah. Aku mau pulang ke rumah saja”

Pins, sudah seberapa sering kata-kata ini terlontar dari mulut dan terpatri dalam pikiran kita. Jadi, sebuah rumah tidak hanya menjadi tempat beristirahat saat lelah saja, rumah juga menjadi tempat kembali. Tempat dimana kita mencari perlindungan dan tempat kita berusaha memecahkan masalah hidup.

Sebenarnya, apa sih yang membuat manfaat rumah menjadi salah satu tempat paling membahagiakan dan berharga yang bisa dimiliki seorang individu?

1. Tempat kita berbagi terhadap sesama dan orang-orang terkasih
Ketika akhir pekan datang, seluruh keluarga berada di dalam rumah. Anak-anak bersama orang tua bisa melakukan berbagai aktivitas bersama. Atau bisa saja setiap anggota keluarga melakukan kegiatannya masing-masing. Tak peduli hari, tak peduli waktu, apakah matahari sedang terbenam atau menerangi, rumah idaman menjadi saksi bisu dari setiap memori dan kenangan seluruh penghuni.

rumah idaman

2. Mendengarkan suara kehidupan
Tak hanya anak, ibu dan ayah, hewan peliharaan pun juga menjadi bagian penting di dalam rumah. Suara yang ditimbulkan dari berbagai aktivitas yang dilakukan bersama menjadi sebuah suara kehidupan yang khas. Dari mulai anak-anak yang bercanda riang, ibu yang membaca di ruang keluarga, ayah yang asyik mengurusi motor atau mobil hingga hewan peliharaan yang asyik bermain sendiri. Meski suara-suara ini kadang tidak membuat kita menjadi rileks, suara inilah yang membuat kita terkesan “hidup”.

rumah idaman

3. Tempat untuk mendapatkan momen ketenangan
Setelah sibuk beraktivitas pada siang, dan sepertiga malam, biasanya kedamaian dan ketentraman mulai datang di malam hari. Ketika suasana dan frekuensi aktivitas menjadi lebih tenang, damai dan terkontrol. Ketika masing-masing anggota keluarga biasanya mulai melakukan hal yang diinginkan.

rumah idaman

Di sisi lain, jika Pins hidup sendiri, rumah menjadi tempat beristirahat dan sekaligus menjadi tempat dimana kita bisa tenang dan beristirahat dari kebisingan dan kesibukan dunia. Ketika sampai di rumah, Pins masuk, menyalakan lampu, duduk di atas kursi dan bersyukur bisa melalui satu hari lagi.

4. Membentuk tradisi kehidupan
Maraton menonton film di malam Sabtu, kumpul dan makan bersama keluarga di hari Minggu hingga saling berkunjung diantara keluarga. Momen-momen penting inilah yang menghiasi bingkai kehidupan kita. Melakukan berbagai kegiatan dan berbagi rasa kepada keluarga, sahabat, teman dan rekan, menciptakan memori dan kenangan bersama. Setiap orang juga akan menantikan dan tak sabar untuk membuat momen kehidupan untuk dikenang di kemudian hari.

5. Membentuk momen memasak bersama
Untuk sebagian keluarga, memasak bersama menjadi sebuah momen berharga yang dinantikan. Keseluruhan proses, dari mulai membeli bahan-bahan makanan, membersihkan dan menyiapkan bahan masak, memasaknya bersama hingga menimbulkan aroma menggugah selera hingga memakannya bersama seluruh anggota keluarga. Semua proses tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi untuk badan tapi juga hati.

6. Mengenang tanda bekas kehidupan
Bekas opor yang tak bisa hilang di taplak meja hingga noda oli yang tak bisa hilang dari lap. Meskipun berupa noda yang tak bisa dibersihkan, bekas-bekas noda ini merupakan tanda bekas kehidupan yang menandakan keluarga ini pernah melakukan kegiatan bermakna bersama. Bekas opor di taplak meja menandakan keluarga ini pernah menghabiskan waktu bersama saat lebaran dan noda oli di lap menjadi bukti bahwa ayah dan anak pernah menghabiskan waktu bermakna dengan mengutak-atik kendaraan bersama-sama. Pastinya Pins akan merasakan sensasi kenangan lain saat melihat tanda-tanda bekas kehidupan tersebut.

rumah idaman

7. Melakukan kegiatan bersama-sama tanpa batas
Seluruh penghuni rumah tidak harus melakukan kesempurnaan bersama-sama. Melakukan hal simpel juga akan terasa membahagiakan jika dilakukan bersama orang-orang terkasih. Misalnya saja, saat melakukan renovasi rumah. Selama proses renovasi, pastinya seluruh penghuni rumah akan melalui masa-masa sulit bersama, banyak kebiasaan dan rutinitas yang terpaksa tidak dilakukan ataupun kenyamanan jadi terasa jauh berkurang. Namun ketika proses renovasi selesai, seluruh penghuni rumah juga merasakan kebahagiaan yang timbul karena akhirnya perbaikan itu selesai. Taraf hidup, keindahan dan kenyamanan hidup di rumah pun meningkat.

rumah idaman

8. Berantakan juga bisa menjadi momen manis
Ketika anak-anak sedang bermain atau anggota keluarga lainnya sedang asyik melakukan project tertentu, berjalan melewati ruang keluarga ataupun ruang tamu bisa jadi terasa menantang. Ada keberantakan disana dan disini, mainan yang terlempar hingga beberapa meter jauhnya, bekas lengket yang nantinya harus dibersihkan. Meskipun harus ada usaha membersihkan nantinya dan bekas berantakan di sana-sini, namun aktivitas inilah yang memberikan tanda kehidupan di dalam rumah.

9. Menjadi tempat paling nyaman
Entah itu kursi yang selalu Pins pakai untuk membaca, tempat tidur yang meskipun menimbulkan suara lucu tapi kita masih belum mau menggantinya dengan yang lain hingga mainan yang masih belum mau kita singkirkan dari jaman kecil. Tidak peduli seperti apa gaya rumah yang Pins tinggali, setiap rumah pasti memiliki salah satu sudut yang kita terasa paling nyaman jika berada di tempat tersebut.

rumah idaman

10. Tempat kita bisa membanggakan koleksi yang kita sayangi
Dari mulai benda-benda unik yang kita bawa ke rumah sebagai oleh-oleh, lukisan pertama dari anak-anak, karya seni yang dibuat bersama-sama para anggota keluarga, benda yang dibeli saat liburan bersama seluruh anggota keluarga, rumah menjadi saksi bahwa kita pernah menghabiskan waktu bersama sebagai keluarga.
Ketika Pins memiliki kebiasaan unik untuk mengumpulkan benda tertentu, Pins biasanya akan menatanya di dalam rumah. Membanggakannya kepada siapapun, entah itu sahabat, teman ataupun sebatas rekan kerja, berbagai koleksi benda yang dikumpulkan menjadi saksi dimana kita pernah pergi, apa yang kita pedulikan dan siapa sih diri kita.


Kesepuluh hal ini lah yang menjadi tanda-tanda sebuah rumah bisa memiliki arti lebih dan nilai sentimental. Lebih dari sebuah tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, lebih dari sekedar tempat untuk pulang. Rumah idaman menjadi gambaran ideal bagi seluruh penghuni rumah yang ada di dalamnya. Rumah menjadi tempat untuk membuat cerita dan kenangan baru bersama orang-orang terkasih.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel