BlogLifestyleEdukasiPerlu Tahu! Simak Beberapa Fungsi Rumah yang Mungkin Belum Kamu Sadari
0
0

Perlu Tahu! Simak Beberapa Fungsi Rumah yang Mungkin Belum Kamu Sadari

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Apr 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat rumahtop-right-banner

Rumah adalah kebutuhan bagi semua orang. Merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia, mulai dari sandang, pangan dan papan. Maka ungkapan rumahku surgaku ialah sebuah ungkapan yang sangat tepat. Manfaat rumah tentu sangat banyak, selain menjadi suatu tempat untuk berlindung.

Selain sebagai hunian, rumah juga memiliki banyak manfaat. Rumah merupakan tempat berlindung dari bencana alam, hewan buas, hujan, panas matahari, dan lain sebagainya. Rumah dapat dijadikan sebagai investasi masa depan yaitu bisa digunakan untuk hunian keturunan kelak.

Baca Juga: Cara Membangun Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Apa Saja Manfaat Rumah?

Tidak heran orang berlomba-lomba membangun rumah idaman yang sesuai dengan keinginan dan mimpi mereka. Karena pada dasarnya, rumah bukan hanya sebagai hunian, tapi memiliki banyak manfaat lain, seperti:

Tempat Berteduh

manfaat rumah
Source : Tribunnews.com

Salah satu fungsi rumah yang utama adalah untuk melindungi penghuni dari kondisi cuaca. Oleh sebab itu, tidak heran kalau rumah sering disebut sebagai tempat berteduh.

Rumah harus memiliki struktur yang kuat untuk menahan dari segala dampak lingkungan agar penghuninya merasa nyaman, aman, dan terlindungi. Penutup atap juga harus menggunakan material dan atap yang baik agar dapat melindungi dari kondisi cuaca seperti hujan dan teriknya musim kemarau.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Di Kota Dengan Aman dan Murah

Tempat Beraktivitas

Source : Todaysparent.com

Daripada harus pergi ke luar rumah, beraktivitas di dalam rumah akan jauh lebih menghemat keuangan Pins. Seperti tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi, menghemat biaya makan siang dengan masakan rumah, kemudian juga menghemat biaya untuk bersosialisasi di luar rumah seperti di kafe, dan sebagainya.

Dengan beraktivitas di rumah justru bisa membuat Pins menghemat biaya pengeluaran dan bahkan menjadikan biaya yang tadinya dipakai beraktivitas di luar rumah untuk tabungan Pins.

Baca Juga: Rumah Tumbuh: Mengapa Perlu Dibangun?

Tempat Hidup

manfaat rumah
Source : Stocksy.com

Dalam melakukan sebagian besar aktivitas kehidupannya, manusia menjadikan rumah sebagai tempat untuk hidup, seperti makan, tidur, mandi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu Pins harus mampu mengatur segala sudut rumah agar selalu nyaman.

Apalagi jika sudah lelah beraktivitas seharian di luar rumah seperti bekerja ataupun bersekolah, maka akan sangat menyenangkan ketika pulang ke rumah dengan keadaan rumah yang bersih dan nyaman. Maka istirahat di rumah akan menjadi hal yang Pins nanti-nantikan dibandingkan beristirahat dengan menghabiskan waktu di luar rumah.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah Murah Ala Pinhome

Cerminan Identitas Pemilik

manfaat rumah
Source : Unsplash

Selain sebagai tempat sebagai berlindung dan melakukan aktivitas, rumah juga merupakan salah satu identitas bagi sang pemiliknya. Identitas atau jati diri seseorang dapat terlihat bagaimana orang tersebut mengatur rumahnya, bagaimana model rumah yang orang tersebut bangun, dan lain sebagainya.

Status sosial seseorang juga dapat terlihat dari rumah seperti apa yang ia miliki dan di mana lokasi rumah orang tersebut tinggal. Semua akan menggambarkan identitas pemilik rumah tersebut. Maka tidak jarang, banyak orang yang senang mengajak teman-temannya untuk mengunjungi rumahnya atau mengadakan acara di rumahnya.

Baca juga: Model Rumah Tumbuh

Sebagai Tempat Berkumpulnya Keluarga

Source : Eatright.com

Dalam melakukan aktivitas selama berhari-hari tidak jarang sebuah keluarga akan jarang bertemu ataupun berkumpul, di saat seperti itu biasanya akhir pekan akan dijadikan sebagai ajang untuk menghabiskan waktu bersama di rumah.

Maka selain sebagai tempat untuk beristirahat, rumah juga merupakan tempat terbaik untuk berkumpulnya keluarga Pins setelah berhari-hari tidak menjalin komunikasi atau melakukan aktivitas bersama.

Baca Juga: Biaya Bangun Rumah Minimalis

Mengurangi Polusi

manfaat rumah
Source : Alodokter.com

Dengan Pins menghabiskan banyak waktu di rumah, hal tersebut dapat membuat udara di sekitar kita lebih sedikit tercemar oleh polusi. Karena ketika kita berpergian keluar rumah apalagi dengan menggunakan kendaraan maka hal tersebut dapat membuat udara lebih banyak terpapar polusi yang juga akan membuat kita menghirup udara yang tidak sehat tersebut. Oleh karena itu dengan berdiam diri di rumah, hal tersebut dapat mengurangi polusi udara di luar dan juga menjaga kesehatan kita.

Nah, itulah beberapa fungsi rumah yang mungkin belum kamu sadari Pins! Rumah sangat penting untuk manusia, oleh karena itu kamu harus selalu merawat rumah kamu dengan membersihkannya, ya! Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga: Ide Desain Rumah Kotak Minimalis & Keunggulannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download