Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Membuat Kamar Loteng yang Nyaman dan Aman

Tips Membuat Kamar Loteng yang Nyaman dan Aman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Loteng merupakan salah satu bagian didalam rumah yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang sudah jarang dipakai. Tempat yang biasanya menjadi sarang tikus dan kecoa tersebut, ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain yaitu sebagai kamar tidur. Hal tersebut mungkin jarang Anda dengar karena tidak kebanyakan orang berfikir demikian. Berikut adalah tips membuat kamar loteng yang nyaman sebagai kamar tidur.

Baca Juga: Desain Kamar Balita

Tips Membuat Kamar Loteng

Tips Membuat Kamar Loteng

Untuk membuat kamar loteng yang nyaman dan aman, Anda perlu memperhatikan tips membuat kamar loteng berikut ini:

Tips Membuat Kamar Loteng dengan Menambahkan Jendela 

 

Jendela merupakan sarana untuk memperlancar sirkulasi udara. Loteng biasanya tidak mempunyai jendela, sehingga ruangan ini akan terasa pengap dan berdebu. Tambahkanlah jendela dan ventilasi udara supaya ruangan akan terasa segar dan tidak pengap.

Periksalah Pencahayaan Yang Ada Diloteng

Untuk membuat kamar loteng yang nyaman dan aman, Anda perlu memperhatikan tips membuat kamar loteng berikut ini:

Loteng biasanya memperoleh pencahayaan alami yang berasal dari jendela sisi-sisi loteng. Pencahayaan tersebut juga dapat berasal dari skylight yang berada diatap. Apabila Anda lebih memilih untuk membuat skylight maka perhitungkanlah lokasi pada atap sehingga cahaya tidak menyilaukan. Lakukanlah pemasangan lampu apabila cahaya yang masuk dirasa kurang.

Tips Membuat Kamar Loteng, Periksalah Ruang Yang Tersedia

Kamar tidur yang nyaman biasanya mempunyai ruang yang lebih longgar. Loteng yang ingin dibuat sebagai kamar tidur harus cukup lega apabila untuk berdiri orang dewasa. Jarak yang ideal antara titik tertinggi pada plafon dengan lantai iala lebih dari 3 meter. Apabila kamar tidur dirancang untuk anak-anak hanya memerlukan ketinggian minimal 2 meter.

Tips Membuat Kamar Loteng Periksalah Kondisi Atap

Untuk membuat kamar loteng yang nyaman dan aman, Anda perlu memperhatikan tips membuat kamar loteng berikut ini:

Ruangan loteng akan berbatasan dengan atap rumah, sehingga panas dibagian loteng berasal dari serapan panas matahari oleh atap. Pilihlah material atap yang tidak mudah menyerap pans seperti genteng yang dapat mereduksi panas. Pasanglah juga lapisan insulasi dibagian plafon.

Pastikan Jika Akses Ke Loteng Mudah dan Aman

Akses ke loteng biasanya menggunakan tangga yang built-in dengan rumah. Letak tangga tersebut harus diperhatikan supaya tidak mengganggu penataan ruangan yang ada dibawahnya. Apabila loteng akan digunakan oleh anak-anak, lebih baik tangga dibuat lebih lebar dan cukup untuk pegangan sehingga aman untuk digunakan.

Pilihlah Material Lantai Loteng Yang Tepat

Loteng sebenarnya mempunyai lantai dengan berbahan palfon. Sebaiknya pilihlah material yang akan digunakan untuk melapisinya berbahhan ringan seperti vinyl dan kayu. Berilah lapisan anti rayap apabila anda memakai material kayu agar tidak cepat rusak.

Gunakan Furnitur Secukupnya

Untuk membuat kamar loteng yang nyaman dan aman, Anda perlu memperhatikan tips membuat kamar loteng berikut ini:

Ruangan loteng biasanya berukuran tidak terlalu besar sehingga tidak membutuhkan furnitur yang banyak. Sebaiknya gunakanlah furnitur secukupnya supaya loteng tidak terlihat sempit. Misalnya, anda dapat menaruh meja kerja serta lemari yang tidak terlalu tinggi. Itulah beberapa rahasia untuk memanfaatkan loteng sebagai kamar tidur. Loteng yang selama ini hanya dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang dapat Anda sulap menjadi kamar tidur yang nyaman. Tentunya hal ini sangat berguna apabila Anda mempunyai rumah kecil serta ruangan yang sedikit.

Selain untuk membuat kamar loteng, Anda juga dapat menemukan tips mendesain rumah lainnya yang bermanfaat. Rumah yang nyaman harus memiliki tata ruang yang tepat. Tentunya, rumah yang kecil akan menjadi nyaman dengan desain yang tepat.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel