BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPASimulasi dan Cara Menghitung KPR BTN dengan Tepat
0
0

Simulasi dan Cara Menghitung KPR BTN dengan Tepat

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung kpr btntop-right-banner

Proses mendapatkan hunian untuk mereka yang baru pertama kali membeli rumah alias first time buyer dapat memakan waktu cukup panjang. Mencari rumah pertama yang cocok dengan anggaran adalah pekerjaan tidak mudah. Para first time buyer tidak jarang gagal mengajukan KPR. Namun coba perhatikan cara menghitung KPR BTN agar kamu lebih memahami prosesnya.

Dengan memahami detailnya, semua syarat KPR subsisdi BTN yang dibutuhkan untuk mengajukan aplikasi KPR dapat disiapkan dengan benar. Salah satunya adalah penting untuk memperhatikan rekam jejak kredit yang tentu ditelusuri oleh pihak Bank ketika kamu mengajukan aplikasi KPR. Yuk coba intip cara perhitungan KPR BTN di bawah ini sebagai referensi!

Cara Menghitung KPR BTN

Source : Freepik/Tirachardz

KPR merupakan fasilitas kredit yang diberikan dari Bank kepada orang yang ingin membeli rumah dengan mencicil. Mengingat KPR adalah pinjaman dari Bank, maka proses cicilannya juga disertai dengan suku bunga. Sebagian dari kamu mungkin telah mengenal mengenai suku bunga flat dan bunga efektif pinjaman bank. Di dalam artikel ini Pinhome akan fokus pada proses KPR Bank Tabungan Negara (BTN)

Untuk membuat kamu ingat hal ini, bunga flat dapat digunakan untuk kredit konsumer jangka pendek seperti kartu kredit, atau kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit multiguna. Sedangkan bunga efektif adalah kombinasi bunga flat dan floating (mengambang), yang umumnya digunakan untuk pembayaran KPR termasuk juga KPR Subsidi. 

Namun bukannya mendapat bunga efektif, kamu mungkin lebih akrab dengan suku bunga floating dan fixed (tetap) dalam pembayaran angsuran rumah melalui skema KPR.

Baca juga: Ingin Beli Rumah? Kenali Dulu Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan KPR

Contoh Cicilan KPR 300 Juta Rupiah

Sebagai contoh cicilan rumah 300 juta Rupiah, kamu bisa ambil KPR BTN yang memiliki DP 0 Persen, bunga fixed 8,29%, dan floating 13,5% yang dihitung 5 tahun sampai 30 tahun cicilan. Anggaplah kamu mengambil rumah di dalam cluster yang dibanderol Rp300 juta rupiah dan tenor 10 tahun. 

Dengan begitu, maka kamu wajib membayar cicilan 5 tahun pertama senilai Rp3.774.600 per bulan. Jumlah ini di luar Biaya Bank, yakni:

  • Rp7.500.000 dengan rincian appraisal Rp1.500.000, 
  • Administrasi Rp0, 
  • Proses Rp0, 
  • Provisi Rp3.000.000, 
  • Asuransi Rp 3.000.000. 

Ini di luar Biaya Notaris senilai Rp15.000.000 yang meliputi: 

  • Akta Jual Beli Rp3.000.000, 
  • Bea Balik Nama Rp3.000.000, 
  • Akta SKMHT Rp1.500.000, 
  • Akta APHT Rp3.000.000, 
  • Perjanjian HT Rp3.500.000, 
  • Selain itu, cermati sertifikat ZNT, PNBT HT Rp1.500.000. 

Jadi, untuk pembayaran pertama kamu wajib membayar angsuran pertama, total biaya Bank, dan total biaya notaris senilai Rp26.274.600.

Baca juga: 4 Tips Membeli KPR Rumah Bekas, Jadi Lebih Untung!

Menelaah Cara Menghitung KPR BTN

Sebelum kamu mengajukan KPR, coba lakukan diskusi lebih dahulu dengan pihak Bank. Hitung dengan seksama besaran DP dan cicilan per bulan yang wajib kamu bayar. Setelahnya jangan lupakan mengenai panjang tenor atau jangka waktu melunasi kredit. Hal ini juga bisa mempengaruhi jumlah angsuran.

Ingat, tidak hanya dana untuk uang muka dan angsuran yang wajib kamu pikirkan. Dana ketika ingin membeli isi rumah pun juga harus kamu perhitungkan. Kamu tidak mungkin memiliki kehidupan dengan baik jika tinggal di rumah yang kosong bukan? Hal ini karena kebutuhan tidak bisa terpenuhi. Membeli isi rumah bisa menjadi prioritas, namun akan lebih baik jika dibuat daftarnya.

Tips beli rumah pertama melalui sistem KPR terakhir, yakni hindari membeli yang disebabkan emosi. Tips satu ini memang masih terkesan sepele, namun tidak kalah penting dari tips lainnya. Ingat, barang yang kamu ingin beli yaitu rumah, properti jangka panjang. Usahakan jangan terpikat dengan hal-hal emosional. Perhitungan detail simulasi KPR BTN dapat kamu lihat di situs resmi BTN, Pins!

Baca juga: KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jenis-Jenis KPR

cara menghitung kpr btn
Source : Freepik/jcomp

Bila kamu sudah mempunyai gambaran akan cara menghitung KPR BTN, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis KPR. Simak langsung yuk!

KPR Konvensional

KPR konvensional bisa diartikan menjadi fasilitas kredit yang diberikan dari Bank pada nasabah yang ingin membeli atau merenovasi rumah. Cara pembayaran KPR konvensional mewajibkan sistem bunga kredit yang menjadi balas jasa debitur untuk kreditur. 

Ada tiga jenis bunga yang lazim dilakukan dalam sistem pembayaran KPR konvensional, fixed atau tetap, bunga floating  atau mengambang, dan capped (suku bunga mengambang yang dibatasi maksimumnya pada nilai tertentu).

KPR Syariah

Dilihat dari fungsi, KPR syariah sama dengan KPR konvensional. Namun KPR syariah memiliki prinsip keuangan yang berpedoman syariat Islam. Maka dari itu, perbedaan KPR syariah dengan konvensional  bisa dilihat dari detail cara pembayaran kreditnya.

Jika KPR konvensional memakai sistem suku bunga, KPR syariah memakai sistem bagi hasil atau margin. Hal ini bertujuan untuk menghindari riba. Skema pembayaran berikut besaran margin bisa disesuaikan dengan akad pihak Bank dengan nasabah. Akad jual beli pada KPR syariah juga berbagai macam.

KPR Subsidi

Dikutip dari halaman pembiayaan pu.go.id, KPR bersubsidi merupakan kredit atau pembiayaan kepemilikan rumah yang mendapatkan bantuan pemerintah. Bantuan ini dapat berupa dana murah untuk jangka panjang dan subsidi perolehan rumah yang dikeluarkan oleh Bank pelaksana, baik dengan konvensional atau syariah.

Bagaimana, apa kini sudah lebih paham mengenai KPR BTN dan cara perhitungannya? Bila kamu masih ragu, coba konsultasikan secara langsung dengan pihak Bank bersangkutan ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik/xb100

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download