BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Model Pintu Mushola dalam Rumah
0
0

10 Model Pintu Mushola dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah yang nyaman tak hanya karena dilengkapi fasilitas mewah, tapi bisa menghadirkan perasaan tenang walaupun sederhana. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas ruang ibadah yang bisa digunakan seluruh anggota keluarga. Umat Muslim bisa merealisasikannya dengan mendirikan desain mushola minimalis di dalam rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui pintu mushola rumah!

Pins bisa mencari rumah idaman di Pinhome yang siap untuk dihuni di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Pins juga bisa menggunakan fitur PinValue untuk mencari tahu detail informasi rumah yang Pins ingin ketahui.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Mushola di Rumah yang Minimalis dan Simpel!

Model Pintu Mushola dalam Rumah

Cukup dengan tampilan pintu mushola rumah yang unik, ibadah kamu jadi tak hanya nyaman, tapi juga lebih istimewa.

Dikarenakan fungsinya sebagai tempat beribadah, pintu mushola dalam rumah diperlukan agar kekhusyukkan beribadah bisa tercipta. Berikut beberapa model pintu mushola dalam rumah yang bisa kamu terapkan pada hunianmu!

1. Pintu Mushola Rumah Berwarna Putih

Source : Freepik

Warna putih selalu menghadirkan suasana sejuk dan damai yang sangat dibutuhkan saat beribadah. Mushola bernuansa putih dengan dekorasi batu alam di sekitarnya akan menjadikan siapa pun betah menghabiskan waktu di ruang ibadah ini.

Terapkan model pintu mushola dengan konsep semi-terbuka dan mengandalkan nuansa putih sebagai pembeda ruangannya.

Baca juga: 8 Dekorasi Masjid Agar Suasana Lebih Syahdu

2. Pintu Mushola Rumah Tirai

Source : Pinterest

Hunian minimalis kadang membuat kamu tidak bisa membuat ruangan khusus untuk beribadah. Namun bukan berarti kamu tidak bisa beribadah dengan nyaman. Untuk menjamin kekhusyukan ibadahmu, manfaatkan ruang kosong yang paling luas di rumah untuk dijadikan mushola. 

Sediakan lemari kecil untuk meletakkan peralatan sholat agar tetap rapi. Sematkan tirai sebagai model pintu mushola dalam rumah kamu sehingga ruangan tetap bisa digunakan saat tidak digunakan untuk sholat.

3. Mushola Bernuansa Etnik

Source : Freepik

Tambahkan elemen dekorasi bernuansa etnik seperti ukiran lafaz Allah dari kayu jati untuk tampilan lebih menarik, tapi jangan berlebihan. Jadikan dinding tertutup pada bagian depan sebagai kiblat dan bukaan besar di bagian belakang sebagai pintu mushola dalam rumah kamu yang berfungsi sebagai jalur keluar masuk orang. Hasilnya pasti sangat menarik, Pins!

4. Pintu Kaca 

Source : Freepik

Jika hunianmu memiliki taman di bagian dalam, pertimbangkan untuk membangun mushola minimalis yang bersebelahan dengan taman. Nuansa hijau dari luar akan mendatangkan nuansa kesejukan dan kenyamanan beribadah untuk anggota keluarga kamu. Jadikan pintu kaca sebagai model pintu mushola dalam rumah kamu.

Pintu kaca pun kini memiliki model yang beraneka ragam. Mulai dari kaca buram, kaca warna-warni yang menarik hingga sentuhan motif kaca pada tampilannya.

Baca juga: 10 Model Sekat Mushola dalam Rumah yang Memaksimalkan Desain Interior Ruangan

5. Model Pintu dengan Sentuhan Industrial

Source : Archdaily

Suasana berbeda akan terasa jika kamu menerapkan desain industrialis untuk mushola dalam rumahmu. Gunakan material seperti semen dan beton ekspos untuk pintu mushola di rumah karena desain industrial selalu menonjolkan warna asli dari material bangunan. Cocok sekali disandingkan dengan tema desain rumah industrial.

6. Penggunaan Sekat Berbahan Besi

pintu mushola rumah
Source : Tokopedia

Untuk membuat mushola minimalis kamu tidak terkesan monoton karena warna dinding dan lantai yang sama, kamu bisa mengaplikasikan penggunaan pelapis lantai bermotif kayu. Terapkan pada bagian lantai mushola sebagai penyeimbang. Kontrasnya akan menghasilkan tampilan yang menarik. 

Cukup gunakan sekat besi berdesain minimalis sebagai pembatas sekaligus pintu yang memisahkan mushola dengan ruang yang lain. Motifnya beragam dan warna yang disajikan pun bisa menyesuaikan dengan selera. Menarik sekali bukan?

7. Model Pintu Mushola Rumah Sekat Tanaman

pintu mushola rumah
Source : IDN Times

Jendela besar di sudut ruangan sebagai arah kiblat? Tidak masalah, bahkan sinar matahari yang masuk terutama di pagi hari akan memberikan nuansa terang yang hangat. Supaya ruangan tidak menjadi terlalu panas, hindari model pintu mushola yang tertutup. 

Sebaiknya gunakan sekat atau partisi sebagai pintu yang desainnya bisa disesuaikan dengan interior mushola. Kamu bisa menambahkan dekorasi tanaman hidup di sudut ruangan untuk menghadirkan kesan natural yang segar.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Unik Mushola di Halaman Rumah 

8. Pintu Klasik Berbahan Kayu

pintu mushola rumah
Source : Freepik

Area sudut belakang rumah yang tak terpakai juga bisa kamu manfaatkan menjadi tempat sholat. Walaupun areanya tidak luas, kamu tetap bisa menggunakan pintu mushola dalam rumah tipe klasik berbahan kayu. Kamu hanya perlu membedakan lantai ruang ibadahmu menggunakan lantai klasik yang unik sebagai pembeda dengan ruangan yang lain.

9. Mushola dengan sliding door di Ruang Keluarga

pintu mushola rumah
Source : Unsplash

Mushola yang terletak di ruang keluarga akan memudahkan anggota keluarga yang ingin beribadah sekaligus mendapatkan suasana nyaman. Namun agar kekhusukan beribadah tetap dapat tercipta, penggunaan model pintu geser atau sliding door transparan bisa menjadi pilihan. 

Selain bisa meredam keriuhan ruang keluarga, pintu ini juga bisa membuat orang tua yang sedang melatih si kecil beribadah lebih tenang karena mereka tidak akan bisa kemana-mana saat orang tuanya sedang sholat.

Baca juga: 19 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

10. Desain Pintu Tembok Pembatas

pintu mushola rumah
Source : Pinterest

Menempatkan mushola pada posisi yang lebih tinggi dari ruangan lain akan memberi kesan suci pada ruang ibadah kamu. Kamu bisa membangun semacam panggung dilengkapi tangga untuk menujunya. Dinding pembatas pada sekeliling ruangan dapat berfungsi sebagai pintu mushola untuk suasana yang eksklusif dan tenang agar ibadah jadi lebih khusyuk.

Dari semua ide pintu mushola di atas yang ada, mana yang paling sesuai untuk diaplikasikan pada hunian kamu? Manapun pilihannya semoga bisa menambah kekhusyukkan anggota keluarga dalam beribadah sehingga membawa keberkahan dalam keluarga!

Baca juga: 12 Pilihan Warna Cat Mushola yang Mewakili Kesan Hangat dan Damai

Feature Source Image: Aksioma Design & Construction


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download