BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Rekomendasi Pelapis Genteng Agar Rumah Tidak Bocor
0
0

7 Rekomendasi Pelapis Genteng Agar Rumah Tidak Bocor

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 1, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Muncul rembesan air pada plafon dan bahkan dinding di rumah kamu? Sudah melakukan pengecekan genteng, namun tidak ditemukan kerusakan, tidak terdapat celah, dan sudah tertata dengan rapi. Perlu kamu ketahui, banyak sekali penyebab terjadinya genteng bocor, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan pelapis genteng anti air. Simak rekomendasinya berikut ini!

Pelapis genteng sangat dibutuhkan untuk alternatif pencegahan kebocoran di rumah baru yang akan kamu tempati, seperti di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung tentu lebih baik mencegah daripada mengobati bukan! Pins juga dapat menerapkan pemilihan rekomendasi pelapis genteng saat membangun rumah dengan Program KPR Bank.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi di sekitar Stasiun Bekasi Timur dan daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

7 Rekomendasi Pelapis Genteng Agar Rumah Tidak Bocor

Atap rumah menjadi komponen paling krusial untuk tempat tinggal yang Pins miliki. Tanpa adanya atap, sebuah tempat tinggal belum dapat dikatakan sebagai rumah. Atap memiliki peran untuk melindungi siapapun yang berada di dalam rumah dari sinar matahari, hujan, dan polusi. Perancangan atap rumah dibuat sefungsional mungkin, oleh karena itu memiliki suatu kemiringan dengan tujuan agar air hujan dapat mengalir ke bawah.

Perlu Pins ketahui, bahwa kita ini tinggal di negara yang memiliki iklim tropis. Iklim tropis membuat negara kita mendapatkan curah hujan yang tinggi. Ketika curah hujan membasahi atap, pada saat itu baru akan ketahuan bahwa atap kita memiliki kekurangan yang menyebabkan terjadinya kebocoran. Siapapun akan dibuat kerepotan saat kebocoran terjadi.

Kebocoran pada atap menjadi masalah yang selalu dikeluhkan oleh para pemilik rumah, ketika curah hujan sedang dalam keadaan tinggi. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab atap kamu terjadi kebocoran, salah satunya rembes yang terjadi dapat disebabkan oleh masuknya air ke dalam pori-pori genteng atau keretakan pada genteng. Salah satu solusi yang dapat kamu lakukan adalah dengan melapisi genteng tersebut dengan pelapis khusus genteng agar tidak bocor.

Berikut ini pelapis khusus genteng agar tidak bocor:

1. Waterproof Pelapis Genteng

pelapis genteng agar tidak bocor
Source : iStock

Rekomendasi pelapis genteng pertama agar tidak bocor adalah waterproof. Melapisi genteng dengan waterproof dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi dan mencegah terjadi kebocoran di genteng rumah. Pelapis ini dapat menahan air agar tidak rembes dan membuat air hanya numpang lewat saja di genteng kamu.

Pelapis waterproof dapat membantu genteng dari keretakan dengan menguatkan tekstur genteng menggunakan lapisan waterproof tersebut. Selain itu, penggunaan waterproof juga akan melindungi genteng kamu dari proses oksidasi genteng yang disebabkan oleh sinar matahari. Ketika terjadi oksidasi, maka genteng kamu akan melemah dan rentan mengalami kerusakan. Di sini lah fungsi pelapis waterproof yang akan menjaga dari pancaran sinar matahari.

Kamu dapat mengaplikasikan pelapis waterproof di genteng berbahan kayu, asbes, tanah liat, dan beton.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat

2. Acrylic Resin Pelapis Genteng

Source : Pexels

Rekomendasi pelapis genteng selanjutnya adalah penggunaan acrylic resin untuk melapisi genteng kamu yang bocor. Resin ini akan membantu menahan kadar air yang diturunkan oleh hujan, sehingga air tersebut tidak menembus permukaan genteng dan menyebabkan bocor. Pada dasarnya acrylic resin ini dibuat dari bahan karet yang dicampur senyawa kimia lainnya yang akan membentuk resin pelapis atap yang kuat dan tahan akan perubahan cuaca di Indonesia.

Manfaat yang akan kamu dapatkan selain pencegah atap bocor dari penggunaan acrylic resin adalah lapisannya akan tahan dari pelapukan dan juga tahan dari pertumbuhan jamur. Atap kamu akan terbebas dari kebocoran yang disebabkan oleh rembesan air dan genangan air. Pelapis ini dapat kamu gunakan di material genteng asbes, tanah liat, besi, dan beton.

Kamu dapat mengetahui tentang genteng yang terbuat dari metal pasir.

3. Zinc Chromate Primer Pelapis Genteng

pelapis genteng agar tidak bocor
Source : iStock

Rekomendasi ketiga untuk mengatasi genteng kamu yang bocor adalah menggunakan zinc chromate primer. Pelapis zinc chromate primer dikhususkan penggunaannya untuk genteng berbahan metal atau baja. Dengan melapisi pencegah bocor jenis ini kamu dapat menutup pori-pori metal yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran. Air akan merembes melalui pori-pori tersebut.

Pemanfaatan zinc chromate primer selain membantu menjaga genteng dari kebocoran, pelapis jenis ini juga menjaga ketahanan genteng dari karat dan korosi. Lapisannya sangat baik menghadapi cuaca tropis. Pilih warna cat pelapis berdasarkan rekomendasi kecocokan warna genteng.

4. Solvent Based Pelapis Genteng

Source : Pexels

Rekomendasi selanjutnya dalam menangani atap rumah yang bocor, disarankan menggunakan solvent based untuk melapisi genteng agar terbebas dari kerembesan air. Sesuai dengan namanya yaitu solvent based, artinya untuk memulai proses pelapisan harus dilarutkan terlebih dahulu dengan sebuah cairan. Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan senyawa-senyawa pelindung genteng yang ada di dalam pelapis jenis ini.

Cairan yang digunakan untuk melarutkan adalah thinner atau minyak tanah. Hasil yang diberikan ketika lapisan ini kering, genteng kamu menjadi mengkilap, sangat keras dan kokoh, tahan goresan, serta tahan dingin dan panasnya perubahan cuaca.

Baca juga:

5. Alkyd Synthetic Pelapis Genteng

pelapis genteng agar tidak bocor
Source : iStock

Rekomendasi pelapis genteng agar tidak bocor di urutan kelima terdapat alkyd synthetic. Pelapis alkyd synthetic dapat melapisi genteng berbahan kayu, besi, beton, dan tanah liat dari kemungkinan untuk bocor. Pelapis jenis satu ini akan menghasilkan warna yang mengkilap dan memiliki daya tahan yang bagus terhadap perubahan cuaca di negara kita. Selain itu, dengan melapisi genteng dengan alkyd synthetic, akan menjaga ketahanan warna asli genteng kamu loh.

Dalam penyusunan genteng, harus dilakukan perhitungan akan kebutuhan atap genteng rumah yang tepat. Hal ini akan menjaga kerapatan antar genteng semaksimal mungkin.

6. Styrene Acrylic Pelapis Genteng

Source : Pexels

Rekomendasi selanjutnya untuk menjaga ketahanan genteng kamu dari sumber kebocoran adalah penggunaan pelapis styrene acrylic pada genteng rumah Pins. Kelebihan pelapis ini adalah memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan cuaca, anti jamur, tidak dapat tergores, dan memiliki ketahanan dari pancaran sinar matahari. Pins dapat mengaplikasikan pelapis ini ke genteng berjenis asbes dan beton.

Baca juga: 11 Kelebihan Genteng Beton Dibandingkan Jenis Lainnya

7. Karpet Anti Air Pelapis Genteng

pelapis genteng agar tidak bocor
Source : iStock

Rekomendasi terakhir sebagai pelapis genteng pencegah bocor adalah dengan mengaplikasikan karpet anti air pada genteng rumah kamu. Karpet anti air ini akan dipasang di bagian bawah atap kamu, jadi ketika terdapat rembesan air yang menembus genteng, air rembesan tersebut tidak langsung mengenai atap rumah. Terdapat ketebalan-ketebalan pada karpet ini, semakin tebal semakin bagus kualitasnya dalam mencegah air, namun semakin mahal juga harganya. Ditambah lagi kamu membutuhkan pekerja untuk memasang karpet anti air ini.

Itulah beberapa rekomendasi pelapis genteng agar rumah tidak bocor, perhatikan penyebab kebocoran dan material atap genteng yang kamu gunakan ya Pins. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca jugaJenis Cat Genteng Anti Bocor & Tahan Lama

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download