BlogPemilik PropertiDesain HunianJenis Cat Genteng Anti Bocor & Tahan Lama
0
0

Jenis Cat Genteng Anti Bocor & Tahan Lama

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cat genteng ternyata punya banyak manfaat. Sama halnya dengan mengecat dinding rumah. Dari segi visual atap jadi lebih menarik.

Beberapa cat genteng didesain khusus sehingga memberikan perlindungan lebih pada atap. Atap anti bocor dan tahan akan berbagai cuaca ekstrim. Selain itu manfaat lainnya bisa disimak dibawah ini!

Kenapa Genteng Perlu Dicat ?

Source : Unsplash

Mengecat genteng bukanlah demi alasan estetika saja. Ada berbagai manfaat yang dimilikinya diantaranya adalah :

Anti Jamur dan Lumut

Atap rumah merupakan area yang mudah lembab. Hal ini mengakibatkan jamur dan lumut bisa dengan mudah tumbuh dan berkembang biak.

Jika sudah begitu tidak hanya tak sedap dilihat saja namun bisa merusak permukaan genteng itu sendiri. Genteng akan beresiko retak dan bocor. Cat genteng memiliki bahan yang mampu menutupi pori-pori genteng.

Dengan begitu air hujan tidak akan terserap. Alhasil jamur dan lumut tidak akan tumbuh dengan mudahnya.

Perlindungan Terhadap Sinar UV

Genteng juga menjaga rumah dari sengatan sinar matahari. Warna gelap mampu meningkatkan suhu dari dalam ruangan. 

Memakai cat untuk atap ini akan membuat sinar UV bisa dipantulkan. Walaupun suhu sedang tinggi bagian dalam rumah bisa terasa lebih sejuk. Cat genteng juga mampu bertahan dari guyuran hujan maupun teriknya sinar matahari.

Rumah Lebih Indah

Pilihan cat untuk atap rumah sangat beragam. Ada yang berwarna cerah hingga gelap. Hal ini sangat meningkatkan nilai keindahan dari hunian tersebut. Daya lekat catnya juga kuat sehingga warna tidak mudah pudar.

Baca juga : Macam-Macam Bentuk Atap Rumah Modern Berbagai Gaya

Tips Memilih Cat Genteng

Source : Unsplash

Dalam pemilihan catnya tentu tak boleh sembarangan. Harga terkadang bukan menjadi prioritas utama cat berkualitas atau tidak. Sebaiknya ikuti beberapa tips dibawah ini !

Pertimbangkan Gaya Desain Hunian

Desain hunian berperan penting menentukan warga genteng yang digunakan. Pilihlah warna yang sesuai dengan elemen dasar eksterior rumah. Misalnya dari warna pintu, kusen pintu, kisi-kisi balkon, dinding hingga lanskap.

Apabila plafon hunian cukup rendah maka gunakan warna terang agar rumah tampak lebih tinggi. Sebaliknya warna genteng gelap akan membuat atap tinggi terlihat mencolok.

Warna Hemat Energi

Warna atap juga mengesankan rumah tersebut hemat energi atau tidak. Warna genteng yang lebih terang memiliki keunggulan memantulkan panas lebih baik.

Apabila warna lebih gelap digunakan maka interior bisa terasa lebih panas. Jika tinggal di lingkungan yang dingin gunakan warna gelap begitupun sebaliknya.

Oil Based Atau Water Based ?

Jenis cat di pasaran di jual dalam dua macam yakni water based atau oil based. Jenis cat oil based memiliki kecenderungan bau yang menyengat. Hal ini disebabkan zat Volatile Organic Compound (VOC) yang ada di dalamnya.

Sementara jenis water based lebih banyak digunakan. Keunggulannya adalah mudah sekali kering dan bisa larut serta membersihkan air.

Efek Akhir Cat

Pilih juga warna cat dan efek akhir yang disukai. Kebanyakan warna genteng di tanah air adalah orange karena bahan dasarnya tanah liat.

Sementara itu ada pula yang memilih warna hitam untuk rumah minimalis. Pilihan efek akhir pada cat genteng ada yang mengkilap, glossy, eggshell, hingga matte.

Cek Daya Sebarnya

Terakhir cek daya sebar catnya dan jumlah lapisan yang diberikan. Contohnya jika rumah dengan luas atap sekitar 10 meter persegi maka pilih juga cat dengan daya sebar 10 meter persegi per kalengnya.

Tujuannya agar Pins tidak perlu melakukan pelapisan cat hingga dua kali. Untuk melapisi genteng tersebut dibutuhkan 10 kaleng cat.

Jumlah cat biasa dikurangi sebab akan diencerkan terlebih dulu. Hal ini dapat mempengaruhi budget yang dikeluarkan pemilik hunian.

Baca juga : 12 Model Atap Rumah Terbaru Untuk Hunian Modern

Jenis Cat Genteng

Source : Pixabay

Atap merupakan bagian penting dalam hunian. Cat yang bagus memiliki material dasar yang mampu melindungi rumah dari berbagai cuaca. Sekarang ini ada 6 jenis cat yang menawarkan anti bocor dan ketahanan lama : 

Acrylic Resin

Cat dengan dasar resin akrilik bisa digunakan pada atap dari asbes, beton hingga tanah liat. Lapisan film yang keras serta dapat kering dengan cepat. Selain itu keunggulannya adalah memiliki ketahanan yang baik serta finishing glossy.

Styrene Acrylic

Formula styrene acrylic melindungi genteng dari berbagai cuaca ekstrim. Perlindungan yang diberikannya mampu tahan akan lumut dan jamur.

Alkyd Synthetic

Cat jenis ini digunakan pula pada permukaan kayu dan besi. Hasil akhir tampak lebih mewah dan elegan. Warnanya mengkilap dan pekat serta mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Zinc Chromate Primer

Zinc Chromate Primer digunakan pada genteng berbahan metal. Kandungannya berupa logam dan besi yang melindungi genteng dari korosi.

Waterproof

Cat ini memiliki sifat elastis, anti-leleh, anti alkali, kedap air dan anti jamur. Cat dapat diimplementasikan ke atap seng, tanah liat, beton hingga kayu. Cat waterproof mampu menutupi genteng retak.

Vernis Thinner

Bahan dasarnya sendiri berupa solvent base. Hasil cat tampak bersih dan tidak mudah untuk luntur. Ampuh menjaga ketahanan genteng dan mengurangi debu yang menempel.

Vernis thinner mampu menjaga warna dasar genteng. Tak heran bila peminatnya juga semakin tinggi setiap tahunnya. Cat genteng ini mampu bertahan lama dari segala cuaca.

Baca juga : 7 Contoh Rumah Tanpa Atap Yang Estetik Dan Multifungsi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download