BlogPemilik PropertiDesain HunianBegini 5 Cara Mudah Menentukan Ukuran Bathtub
0
0

Begini 5 Cara Mudah Menentukan Ukuran Bathtub

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 29, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran bathtubtop-right-banner

Memiliki bathtub adalah salah satu cara yang dapat Pins lakukan untuk menambah kenyamanan di kamar mandi. Tetapi, memasang bathtub tidak bisa dilakukan sembarang. Pins harus tahu berapa ukuran bathtub yang tepat sehingga bisa pas dengan desain kamar mandi. Paling tidak kamu memerlukan ruangan yang cukup sehingga fungsi bathtub untuk memberikan kenyamanan dengan berendam menjadi lebih maksimal. Simak artikel ini untuk mengetahui cara mudah menentukan ukuran bathtub!

Kamu dapat menemukan atau menambahkan bathtub untuk kamar mandi di rumah baru kamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor di sekitar Stasiun Cibinong dan di rumah bekas di Kec Bandung. Kamu juga dapat membangun rumah yang dilengkapi kamar mandi ber-bathtub dengan desain kamu sendiri menggunakan bantuan Program KPR Bank.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Bathtub Minimalis

Detail Ukuran Bathtub Standar Sesuai Jenisnya

Cara paling mudah untuk menentukan bathtub yang ideal adalah dengan memilih jenis yang tepat. Saat ini ada beberapa jenis bathtub yang ada di pasaran yang dapat kamu pilih. 

Nah, sebagai gambarannya, berikut ini jenis bathtub serta detail ukurannya menurut The Spruce: 

Jenis BathtubPanjangLebarTinggi
Alcove Bathtub60 inches (152,4 cm)30 inches (76,2 cm)18 inches (45,72 cm)
Drop-in Bathtub45 to 72 inches (114,3 – 182,88 cm)30 to 32 inches (76,2- 81,28 cm)14 to 20 inches (35,56 – 50,8 cm)
Oval Bathtub60 inches (152,4 cm)41 inches (104,14 cm)24 inches (60,96 cm)
Whirlpool Bathtub60 inches (152,4 cm)32 inches to 36 inches (81,28 – 18 inches to 24 inches 45,72 – 60,96 cm)
Corner Bathtub60 inches (152,4 cm)60 inches (152,4 cm)22 inches (55,88 cm)
Freestanding Bathtub55 to 72 inches (139,7 – 182,88 cm)27 to 32 inches (68,58 – 81,28 cm) 15 to 20 inches (38,1 – 50,8 cm)

Tips Mudah Menentukan Ukuran Bathtub

Jika Pins memutuskan untuk menambahkan bathtub di kamar mandi milik Pins, Pins harus memperkirakan apakah penambahan bathtub akan membuat kamar mandi Pins menjadi sempit? Oleh karena itu, memetakkan luas kamar mandi menjadi penting agar mobilitas di kamar mandi tetap nyaman.

Selain untuk kenyamanan mengetahui ukuran bathtub yang tepat juga bertujuan untuk mengidentifikasikan posisi bak akan ditempatkan di kamar mandi. Apalagi jika Pins hendak merenovasi kamar mandi dari awal atau membangun kamar mandi sehingga perlu menentukan alur pemasangan pipa ledeng untuk bathtub. Yuk kita ketahui tips mudah menentukan ukuran bathtub!

1. Ketahui Luas Kamar Mandi

ukuran bathtub
Source : Freepik

Saat memutuskan untuk memasang bathtub di kamar mandi, hal pertama yang harus Pins perhatikan adalah mengetahui luas kamar mandi. Pasalnya, ukuran bathtub standar yang beredar saat ini, memerlukan kamar mandi yang luas

Luas kamar mandi juga harus cukup untuk mengisi toilet dan peralatan standar kamar mandi lain yang tentu memerlukan space. Paling tidak, Pins membutuhkan kamar mandi dengan luas minimal 3 x 4 meter untuk memasang bathtub

2. Sesuaikan Panjang Bathtub dengan Tinggi Tubuh

panjang bathtub
Source : Freepik

Setelah tahu berapa luas kamar mandi, Pins bisa dengan menentukan ukuran bathtub yang ideal. Nah, pertama Pins bisa menghitung panjang bathtub terlebih dahulu. Untuk mengetahui ukuran yang tepat, pastikan panjangnya minimal sama dengan tinggi tubuhmu. 

Misalnya, tinggi rata-rata pemakai bathtub yaitu 150-170 cm, maka ukuran panjang juga minimal sesuai, atau sedikit lebih panjang. 

Jangan memilih bathtub mini dengan panjang yang lebih pendek, ya, Pins. Hal ini hanya akan membuat kaki menjadi tidak bebas bergerak sehingga kamu jadi sulit untuk merasa rileks saat berendam. 

Baca juga: 13 Inspirasi Motif Lantai Kamar Mandi Modern

3. Lebar Bathtub Sesuai dengan Lebar Bahu

lebar bathtub
Source : Freepik

Sementara untuk lebar bathtub standar kamar mandi harus sesuai dengan lebar bahu dari kanan ke kiri. Idealnya, lebar bathtub antara 75-85 cm, atau 90-120 cm. Angka ini sesuai dengn sisi lebar bahu manusia secara umum. 

Hindari juga untuk memilih bathtub dengan lebar yang kurang dari angka standar, karena hanya akan membuat sesi berendam menjadi tidak menyenangkan karena terlalu sempit. Sebaliknya, jangan juga memilih bathtub yang terlalu lebar karena dapat membuat tangan sulit terentang sehingga tidak bisa bertumpu dengan nyaman di tepi bathtub.  

Baca juga: 7 Contoh Desain Kamar Mandi Desa yang Bersih

4. Tentukan Kedalaman untuk Kenyamanan

Source : Freepik

Selain panjang dan lebar, menentukan kedalamannya juga sangat penting karena akan berpengaruh pada kenyamanan saat berendam. Biasanya, Pins akan memerlukan air untuk mandi di bathtub sekitar 75-85 liter. 

Untuk menampung air, maka ukuran bak mandi untuk orang dewasa memiliki kedalaman sekitar 60 cm. Tingkat kedalaman yang sesuai akan membuat kamu lebih mudah untuk masuk dan keluar.

Tetapi, tingkat kedalaman ini juga berbeda antara pengguna orang dewasa dan anak-anak. Ukuran bathtub standar untuk anak-anak adalah 40 cm. Pastikan anak berendam tetap dalam pengawasan orang tua, ya, Pins! 

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

5. Sesuaikan dengan Jumlah Pemakainya

Source : Freepik

Lalu, bagaimana jika ingin menggunakan bathtub berdua? Ukuran bathtub untuk berdua tentu akan berbeda dan harus disesuaikan demi kenyamanannya. Menghitung bathtub untuk dua orang sebenarnya hanya perlu dikali 2 saja, Pins. 

Namun, jika ingin lebih mudah, Pins bisa memilih jenis bathtub yang lebih besar, yang biasanya berbentuk bulat atau persegi. 

Demikian informasi mengenai cara mudah menentukan ukuran bathtub yang ideal. Untuk menambah keamanan saat berendam, Pins bisa memilih bathtub yang sudah dilengkapi anti slip pada bagian dasarnya, ya. 

Semoga artikel ini dapat membantumu dalam memutuskan memasang bak mandi kamar mandimu!

Baca juga: Daftar Harga dan Model Wastafel Kamar Mandi Paling Awet

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download