BlogPemilik PropertiDesain HunianIde! 10 Model Rumah dengan Talang Cor dan Lainnya
0
0

Ide! 10 Model Rumah dengan Talang Cor dan Lainnya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
model rumah talang cortop-right-banner

Rumah talang cor itu adalah jenis rumah yang menggunakan struktur atap yang terbuat dari beton cor sebagai komponen bangunannya. Struktur ini sering kali dipasang langsung ke dinding rumah, menciptakan desain yang kokoh dan tahan lama. 

Rumah talang cor menjadi pilihan populer karena kekuatan dan kemampuannya yang unggul untuk menahan berbagai kondisi cuaca. Struktur beton cor memberi rumah kekuatan yang luar biasa. Ini membuatnya tahan terhadap gempa bumi, angin topan, dan beban berat lainnya. Model rumah talang cor memiliki umur yang lebih panjang daripada struktur kayu atau baja. 

Dari segi bentuk, talang rumah seringkali memiliki jaringan pipa. Sedangkan dari segi kegunaan, talang atap berfungsi sebagai saluran utama untuk mengalirkan air hujan ke bawah pada suatu titik tertentu. Jika kamu tidak memasang talang air di rumah kamu, kemungkinan besar air hujan akan langsung turun. Ini dapat menyebabkan rembesan langit-langit dan bahkan percikan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence  atau rumah second di Bekasi lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga:

Model Rumah dengan Talang Cor

Berikut inspirasi rumah talang cor yang bisa kamu terapkan di rumahmu, Pins!

1. Rumah Tradisional

Desain rumah tradisional ditambahkan sentuhan modern menggunakan elemen arsitektur tradisional yang dipadukan dengan struktur talang air cor. Menciptakan harmoni antara warisan budaya dan teknologi konstruksi modern. 

2. Rumah Modern

Model Rumah talang cor
Source : Pinterest

Rumah modern dengan talang air cor menekankan keberlanjutan dan penggunaan bahan ramah lingkungan. Penggunaan sumber energi terbarukan dan penggunaan material daur ulang dapat menjadi bagian dari konsep desain ini. 

3. Rumah Mewah

Source : Pinterest

Rumah mewah dengan talang cor menampilkan desain yang elegan dan mewah. Bahan dan tekstur yang berkualitas tinggi memberikan sentuhan yang mengesankan dan menarik.

4. Rumah Minimalis

Source : Pinterest

Rumah minimalis dengan talang cor menawarkan estetika yang simple namun fungsional. Bentuk dan garis yang jelas menciptakan kesan modern dan sistematis. 

5. Talang Half Around

Source : Pinterest

Bentuknya yang terbuka dan seperti palung membuatnya rentan terhadap sumbatan daun dan puing-puing, alasan mengapa banyak pemilik rumah memilih untuk memasang pelindung daun. Plus, sisi melengkung mereka berarti mereka tidak duduk rata dengan papan fascia, jadi umumnya, braket diperlukan untuk menahannya.

Sementara talang setengah lingkaran tidak terlalu dekoratif, itu adalah gaya tradisional yang ditemukan di rumah yang dibangun sebelum tahun 1960; jika kamu tinggal di lingkungan yang lebih tua atau di rumah bersejarah, peraturan setempat mungkin memerlukan talang hujan jenis ini.

6. Talang Air ala Victoria Ogee

Source : Pinterest

Terinspirasi oleh talang besi cor Victoria abad ke-19 dan cocok untuk periode dan properti kontemporer. Model rumah talang cor victoria ogee aluminium ini, menawarkan tampilan besi tuang yang bergaya dan tradisional dengan keunggulan talang air aluminium, seperti ringan dan rendah perawatan.

7. Talang Model K

Model Rumah talang cor
Source : Pinterest

Ini adalah tipe yang paling umum untuk rumah yang dibangun dalam 50 tahun terakhir, meskipun banyak pemilik rumah lama masih memasangnya sampai sekarang. Berkat bagian belakang selokan K-style yang rata, kamu dapat memakukannya langsung ke papan fascia. Tapi yang benar-benar membuat talang gaya K begitu populer adalah sisi depan yang biasanya dekoratif, yang umumnya menyerupai cetakan mahkota.

Berkat bagian bawahnya yang rata dan sisi-sisinya yang lurus dan miring ke luar, talang gaya K biasanya dapat membawa lebih banyak air daripada talang setengah lingkaran, jadi talang ini sangat cocok untuk iklim hujan. Sisi negatifnya, talang K-design sedikit lebih sulit dibersihkan daripada talang setengah lingkaran, karena sudut bagian dalam mengumpulkan puing-puing yang membusuk.

8. Model Fascia

Model Rumah talang cor
Source : iStockPhoto

Fascia tidak dijual dalam bagian yang cocok satu sama lain, meninggalkan lapisan yang rentan terhadap karat dan kebocoran. Alih-alih, talang fascia dibuat khusus untuk rumah dari satu bentangan aluminium yang panjang.

Talang fasia mahal dan harus dipasang secara profesional. kamu dapat membayar sebanyak dua kali untuk mereka sebagai talang setengah putaran atau gaya-K, yang dapat kamu pasang sendiri. Ini dapat bertambah hingga ratusan ribu, tergantung pada ukuran rumah kamu.

9. Ramah Lingkungan

Source : Pinterest

Model yang satu ini mengusung manfaat kelestarian alam, dimana air yang mengalir ditampung lagi untuk menyiram tanaman. Dengan begitu, air yang turun ke bawah tidak terbuang atau jatuh sia-sia, melainkan menjadi bermanfaat untuk tanaman di rumah.

10. Model Persegi

Source : Pinterest

Model rumah talang air persegi digunakan oleh kebanyakan orang. Penghuni rumah yang memilih model persegi untuk talang seringkali mengutamakan kepraktisan. Meski dari segi bentuk sangat sederhana, namun talang model ini mampu mengalirkan air dalam jumlah yang banyak. 

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Discovery Altezza dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download