BlogPemilik PropertiDesain Hunian11 Tips Dekorasi Kontrakan 1 Petak Supaya Terasa Luas
0
0

11 Tips Dekorasi Kontrakan 1 Petak Supaya Terasa Luas

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
dekorasi kontrakan 1 petaktop-right-banner

Apa Pins merupakan salah satu penghuni kontrakan 1 petak? Jangan khawatir, hunianmu akan tetap terlihat menarik dengan dekorasi terbaik yang bisa Pins pelajari. Dekorasi kontrakan 1 petak yang benar dapat membuat hunian pada lahan terbatas sekalipun terasa nyaman. Untuk itu pentingnya mengetahui tips menarik menatanya adalah hal terbaik.

Pinhome- Rumah kontrakan sederhana yang biasa kamu kenali berdiri di lahan dengan luas standar 24 m2 dan luas bangunan 21 m2. Rumah ini disebut juga rumah kontrakan 1 petak. Kontrakan ini biasanya disewakan dengan harga yang ekonomis. Cocok sekali untuk para pekerja ataupun mahasiswa yang ingin mempunyai tempat tinggal dekat dengan kesehariannya.

Walaupun terlihat sempit, namun dekorasi kontrakan 1 petak bisa membuat ruangan nyaman dan tentunya tetap layak huni. Berikut Pinhome sajikan 11 tips sederhana menata dekorasi kamar kontrakan 1 petak agar kamu betah dan ruang terasa luas.

Baca Juga: Tips Cari Rumah Kontrakan Murah dan Nyaman

Rajin Membersihkan Kamar

Rajin membersihkan kamar menjadi hal utama nih Pins saat kamu ingin membuat kontrakan milik kamu nyaman dan terasa luas. Kebersihan kamar akan mempengaruhi tampilannya. Itulah mengapa menjaga ruang tetap bersih menjadi hal utama. Dengan kamu terbiasa merawatnya, kamu pun akan merasakan hasilnya.

Dekorasi Kontrakan 1 Petak Nuansa Warna Cerah

dekorasi kontrakan 1 petak
Source : The Spruce

Nah, agar kontrakan terbatas yang kamu tempati terasa lebih luas, kamu bisa memberikan rona warna cerah pada desain kamar. Dekorasi kamar kontrakan 1 petak ini bisa dimulai dari pewarnaan pada dinding ruang, warna perabot hingga lantai. Cobalah dengan menggunakan lantai vinyl stiker yang tergolong mempunyai harga terjangkau dengan pemasangannya pun sangat mudah. Pilih warna kayu cerah dengan perpaduan dinding berwarna putih.

Berikan Ventilasi Udara yang Baik

dekorasi kontrakan 1 petak
Source : Appie

Ventilasi udara juga merupakan hal yang perlu Pins perhatikan nih! Selain terkait langsung dengan kesehatan penghuni, ventilasi yang baik juga dapat membuat ruang terasa lebih luas. Pencahayaan alami yang berasal dari sinar matahari yang dapat masuk ke dalam ruang, membuat ruang sehat dan tentunya terasa lebih nyaman. Bila tidak ada jendela kamar, rajinlah untuk membuka pintu kamar, agar hunian tidak lembap ya!

Dekorasi Kontrakan 1 Petak dengan Memaksimalkan Perabot

Selanjutnya adalah pemilihan dari perabot yang terdapat dalam ruang. Hal ini juga harus Pins perhatikan. Coba pikirkan apa saja yang utama wajib berada dalam kamar dan kesampingkan perabot yang tidak berfungsi maksimal. Contohnya adalah dahulukan untuk membeli kasur tempat tidur dibandingkan meja kerja. Kini meja kerja pun banyak yang dapat berfungsi fleksibel, seperti meja lipat kekinian.

Gunakan Cermin Besar Pada Kamar

Cermin yang digunakan untuk merias diri juga bisa menjadi barang fungsional dalam ruang. Kaca yang berukuran besar dapat memaksimalkan tampilan ruang semakin besar dan luas. Kamu bisa menaruhnya pada salah satu bagian dinding dalam ruang kontrakan. Kini pun sudah banyak desain kaca kekinian yang tentunya dapat membuat kontrakan kamu semakin menarik.

Dekorasi Kontrakan 1 Petak dengan Tema Menarik

dekorasi kontrakan 1 petak
Source : Sharp Aspirant

Nah, dekorasi kamar kontrakan 1 petak juga bisa terlihat nyaman dan tentunya artistik dengan desain atau tema yang selaras. Contohnya adalah mengadaptasi tema desain Japandi yaitu perpaduan akan japanese style dan scandinavian. Ruang kontrakan milik kamu akan dipenuhi dengan mayoritas warna putih dan pemakaian material kayu dengan warna yang cerah.

Memanfaatkan Furnitur Serbaguna

Membuat kontrakan terasa lebih luas adalah salah satunya dengan memanfaatkan furnitur serbaguna. Furnitur tersebut dapat Pins buat serbaguna dengan cara yang menarik. Contohnya seperti penggunaan rangka termpat tidur yang sekaligus dapat digunakan menjadi tempat penyimpanan atau lemari pakaian maupun meja kerja yang dapat digunakan pula sekaligus sebagai ruang makan.

Baca Juga: Rekomendasi Model Rak TV Minimalis Modern, Bikin Rumah Tambah Indah!

Dekorasi Kontrakan 1 Petak Desain Lesehan Sederhana

Source : Bangun Sumatera

Tidak hanya penggunaan furnitur serbaguna. Pins pun bisa mendekorasi kamar kontrakan 1 petak dengan tema lesehan sederhana. Seperti penggunaan kasur yang berada di bawah tanpa rangka maupun tempat makan lesehan ala negara Jepang. 

Berikan Lampu yang Terang

Selain ventilasi udara pada kamar, Pins pun bisa menggunakan pencahayaan dari lampu dalam ruang yang menampilkan warna cerah. Hindari menggunakan lampu redup atau warna kuning yang akan membuat ruang kecil semakin sempit. Gunakan lampu gantung untuk menghemat tempat ya!

Decluttering Secara Berkala

Source : Pexels

Bila beberapa dekorasi dan cara sudah dilakukan, selanjutnya adalah mengedepankan kebiasaan yang jangan sampai terlupakan, yaitu decluttering secara berkala. Barang-barang yang sudah tidak terpakai atau berfungsi maksimal, bisa dikeluarkan dari kamar agar tidak menjadi sampah yang menumpuk. Ini juga bisa membuat Pins berbelanja barang yang dibutuhkan saja.

Jangan Biarkan Barang Berserakan

Terakhir dalam dekorasi kamar kontrakan 1 petak adalah jangan pernah membiarkan barang berserakan. Kembalikan barang yang sudah selesai kamu pakai pada tempatnya. Hal ini akan membuat ruang tampak lebih luas dan tentunya terlihat bersih.

Bagaimana, cukup mudah bukan membuat kontrakan 1 petak milik kamu terasa luas dan tentunya nyaman? Ingat Pins kenyaman dalam ruang juga untuk kepentingan kamu semata. Setelah pulang beraktivitas seharian, kembali ke kamar yang rapi dan bersih akan membuat kamu nyaman dan tubuh kembali segar. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 12 Dekorasi Kamar Tidur Sempit Sederhana tapi Nyaman dan Menarik


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download