BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Inspirasi Model Pagar Perforated Metal yang Kekinian
0
0

4 Inspirasi Model Pagar Perforated Metal yang Kekinian

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jan 10, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Model Pagar Perforated Metaltop-right-banner

Perforated metal merupakan salah satu jenis material yang bisa dipilih untuk pagar rumah. Material ini dikenal kuat dan estetik karena hadir dengan berbagai pilihan corak yang enak dipandang. Berikut beberapa inspirasi model pagar perforated metal yang bisa kamu jadikan referensi. 

Beberapa desain pagar berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk meningkatkan keamanan serta tampilan eksterior rumah. Terlebih jika kamu tinggal di kompleks perumahan yang tidak one gate system sehingga orang luar kompleks bisa dengan mudah keluar masuk. 

Pagar dengan material perforated metal memiliki manfaat yang besar ketika dipasang di depan rumah. Hal ini sama dengan fitur PinValue yang bisa membantu kamu yang berencana membeli rumah eksklusif, salah satu rumah di perumahan di BSD, atau rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: 12 Model Pagar Rumah Full Tembok

Mengenal Perforated Metal

Model Pagar Perforated Metal
Source : iStock

Sebelum membahas tentang model pagar, kamu perlu mengetahui lebih jelas apa itu perforated metal. Melansir kamus istilah properti dari Pinhome, perforated metal adalah lembaran logam yang dilubangi dengan ditekan sehingga menghasilkan pola tertentu yang digunakan untuk material konstruksi.

Material ini merupakan salah satu pilihan saat kamu memerlukan bahan plat besi untuk keperluan rumah, salah satunya pagar. Bahan ini terbilang umum dan mudah ditemui, serta pengaplikasiannya pun multifungsi karena dapat dipakai untuk berbagai keperluan.

Perforated metal memiliki arti lembar besi perforated, yaitu lembaran logam yang dilubangi dengan ditekan sehingga menghasilkan pola, bentuk, dan lubang tertentu sesuai kebutuhan. Lembaran besi ini dibuat dengan  pola cetak tertentu yang bisa dipilih sesuai selera.

Selain dibuat secara manual, saat ini sudah tersedia mesin cetak untuk lembaran besi. Sehingga, para pengrajinnya tidak perlu lagi susah payah membentuk pola atau lubang-lubang karena sudah tercetak secara otomatis melalui mesin tersebut.

Pengrajin perforated metal juga bisa lebih cepat dalam membuat lembaran  yang sesuai keinginan dengan hasil yang presisi dan dalam waktu singkat. Harganya lembaran besi ini mulai dari Rp 250.000 untuk ukuran 1 x 2 meter, tebal 1 mm, dan lubang 0,8 mm. 

Baca juga: 12 Desain Pagar Rumah Unik Tapi Tetap Minimalis

Kelebihan Perforated Metal

Model Pagar Perforated Metal
Source : iStock

Perforated metal adalah salah satu material bangunan yang memiliki banyak kelebihan. Berikut ini sejumlah kelebihan dari lembaran plat besi perforated yang bisa dipertimbangkan.

1. Kekuatan dan Ketahanan

Perforated metal adalah lembaran yang terbuat dari besi, maka tak perlu heran kalau bahan ini memiliki kekuatan yang tinggi. Seperti yang diketahui, besi merupakan material unggulan yang memiliki daya tahan tinggi.

Selain itu, perforated metal juga terkenal akan ketahanannya. Material ini tidak mudah rusak sehingga jauh lebih lama jika dibandingkan material yang lain. Artinya, pagar rumah dari bahan ini akan awet dan berumur panjang.

2. Multifungsi

Perforated metal merupakan material yang multifungsi karena bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Selain pagar, kamu bisa menggunakan material ini untuk kanopi rumah, frame kaca jendela, bingkai pintu, dan sebagainya. Bahkan, tak ada salahnya untuk menambah lembaran plat ini besi hanya untuk hiasan rumah sehingga tampilan rumah lebih unik dan menarik.

3. Bisa Didaur Ulang

Plat besi perforated juga lebih ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Dibandingkan membuangnya, lebih baik mendaur ulang. Artinya jika Pns sudah tidak memakainya lagi, material masih bisa didaur ulang menjadi barang lain yang lebih bermanfaat.

Selain kelebihan, perforated metal juga memiliki beberapa kekurangan seperti harga yang cukup mahal, potensi berkarat, berpotensi penyok ketika mendapat benturan keras, hingga sulitnya perbaikan ketika material sudah berkarat. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Desain Pagar Rumah Mewah yang Terlihat Eksklusif

Model Pagar Perforated Metal

Ada banyak model pagar dengan material perforated metal yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Masing-masing model berikut ini diklasifikasikan berdasarkan jenis pola yang biasa ditemukan dalam material perforated metal. Berikut ulasannya!

1. Model Mild Steel

Model Pagar Perforated Metal
Source : Pinterest

Pertama adalah model pagar perforated metal dengan pola mild steel atau lebih dikenal dengan plat hitam. Ciri khasnya yaitu mempunyai ketebalan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Perbedaan ketebalan ini disesuaikan dengan kegunaan masing-masing.

2. Model Perforator

Model Pagar Perforated Metal
Source : Pinterest

Perforator adalah jenis plat lubang yang banyak digunakan. Biasanya, perforator yang sering digunakan yaitu jenis lubang dengan bentuk bulat. Banyaknya lubang pada jenis plat ini menentukan daya serap dan juga fungsinya nantinya.

3. Model Plat Expanded

Model Pagar Perforated Metal
Source : Pinterest

Selanjutnya adalah model pagar dengan pola yang paling estetik dan menarik. Seperti pada pagar ini, lubang-lubang pada pagar perforated berasal dari model plat yang dirangkai seperti anyaman bambu. Selain menjaga privasi, model ini juga sangat estetik dan enak dipandang.

4. Model Plat Bordes 

Source : Pinterest

Berikutnya adalah model plat bordes. Kelebihan jenis satu ini yaitu ketersediaan motif yang lebih banyak jika dibandingkan jenis plat lain. Bahkan kamu bisa memesan motif yang kamu suka untuk pagar di rumah seperti pada gambar di mana lubang dirangkai hingga membentuk karakter tertentu.

Itulah beberapa inspirasi model pagar perforated metal yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Featured Image Source: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download