BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Referensi Desain Gerbang Perumahan Sederhana dan Modern
0
0

10 Referensi Desain Gerbang Perumahan Sederhana dan Modern

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 28, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Gerbang Perumahantop-right-banner

Gerbang perumahan adalah pintu masuk ke suatu perumahan atau kompleks hunian. Desain gerbang perumahan ini cukup beragam dan biasanya merepresentasikan konsep perumahan tersebut sehingga orang bisa mengenali konsepnya hanya dengan melihat desain gerbangnya. 

Adanya gerbang perumahan bertujuan untuk mengatur akses dan memberikan keamanan serta privasi kepada penghuni atau pemilik properti di dalamnya. 

Desain gerbang perumahan yang unik bisa kamu temui ketika membeli rumah di Srimaya Residence, Dar’ Ar-Rayan, atau perumahan di Bekasi lainnya. Bahkan desain yang sama juga bisa dibuat untuk memperindah rumah bekas di Kota Bandung

Baca juga: 12 Ide Kreatif Desain Gapura 17 Agustus yang Unik dan Menarik

Fungsi Gerbang Perumahan

Source : iStock Photo

Gerbang perumahan berfungsi sebagai pengatur akses, baik bagi penghuni maupun tamu. Adanya gerbang akan mencegah akses yang tidak sah dan memberikan kontrol atas siapa yang berhak masuk ke dalam kompleks perumahan.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang fungsi gerbang perumahan yang perlu kamu ketahui. 

1. Keamanan dan Kendali Akses

Fungsi utama gerbang perumahan adalah untuk memastikan keamanan dan mengendalikan akses ke kompleks perumahan. Gerbang bertindak sebagai penghalang fisik pertama yang mencegah akses yang tidak diinginkan ke dalam perumahan. 

Dengan adanya gerbang, hanya penghuni, tamu yang diizinkan, atau orang yang memiliki izin akses yang dapat memasuki area perumahan. Ini membantu melindungi penghuni dari potensi risiko keamanan seperti pencurian, vandalisme, atau gangguan tidak diinginkan lainnya.

2. Menjaga Privasi dan Kepentingan Penghuni

Gerbang perumahan juga memastikan privasi bagi penghuni dengan memberikan pengendalian atas siapa yang dapat memasuki perumahan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi penghuni. 

Selain itu, gerbang membantu memisahkan kehidupan pribadi di dalam rumah dengan kegiatan publik di luar rumah. Dengan memiliki gerbang, penghuni bisa lebih fokus pada kepentingan dan aktivitas pribadi mereka tanpa interferensi yang tidak diinginkan.

3. Pengelolaan Lalu Lintas dan Keamanan Jalan

Desain Gerbang Perumahan
Source : iStock Photo

Gerbang perumahan berperan penting dalam mengelola lalu lintas kendaraan di dalam perumahan. Dengan adanya gerbang, arus lalu lintas dapat diatur dengan lebih baik, meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan keamanan penghuni, terutama anak-anak yang sering bermain di sekitar kompleks perumahan. 

Fungsi ini juga akan membantu dalam mengendalikan dan memastikan aturan parkir di perumahan yang sesuai, sehingga mencegah penumpukan kendaraan di area umum.

Baca juga: 13 Desain Gapura Keren untuk Perumahan atau Cluster

4. Menunjang Estetika dan Citra Perumahan

Selain aspek fungsional, gerbang perumahan juga memiliki peran dalam menciptakan estetika dan citra positif perumahan. Seperti yang disampaikan di atas, gerbang perumahan juga merepresentasikan konsep hunian.

Desain gerbang perumahan  yang menarik dan sesuai dengan gaya arsitektur kompleks perumahan dapat menambah daya tarik visual. Gerbang yang rapi, terawat, dan estetis akan meningkatkan reputasi dan nilai properti di dalam perumahan.

5. Mengontrol Pengunjung

Gerbang perumahan memungkinkan penghuni untuk mengontrol dan memantau siapa yang datang ke rumah mereka. Pengunjung harus melalui gerbang dan mendapatkan izin akses dari penghuni sebelum memasuki perumahan. 

Hal ini membantu dalam mengidentifikasi orang asing atau tamu yang tidak diinginkan. Selain itu, gerbang juga bisa dilengkapi dengan sistem pengawasan, seperti kamera pengawas, untuk memantau aktivitas di sekitar gerbang dan mencatat siapa yang masuk atau keluar.

Baca juga: 10 Perumahan Dekat Gerbang Jalan Tol dan Keuntungannya

Inspirasi Desain Gerbang Perumahan

Berikut adalah beberapa inspirasi desain gerbang perumahan yang sederhana dan modern yang bisa menjadi referensi bagi kamu. 

1. Gerbang Baja Ringan

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Gerbang ini memiliki struktur utama dari baja ringan yang kuat dan tahan lama. Baja ringan memberikan tampilan modern dan garis bersih. Kamu bisa menambah aksen kayu untuk memberikan sentuhan alami dan kehangatan.

2. Gerbang Minimalis

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Desain gerbang ini mencirikan bentuk geometris sederhana dengan garis-garis yang bersih dan tajam. Biasanya menggunakan bahan seperti besi atau baja dengan penampilan yang minimalis, menciptakan tampilan yang modern dan simple.

3. Gerbang Transparan

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Gerbang dengan material transparan memberikan tampilan modern dan terbuka. Ini memungkinkan pemandangan ke dalam properti dan juga menampilkan pencahayaan alami, menciptakan suasana modern dan elegan.

4. Gerbang Batu Alam

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Desain ini menggunakan batu alam sebagai elemen utama. Batu alam memberikan tampilan alami dan tahan lama. Desain gerbang dengan batu alam bisa berupa potongan batu yang disusun secara artistik untuk menciptakan tampilan yang menarik.

5. Gerbang Besi Minimalis

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Menggunakan besi dengan desain minimalis dan motif simpel seperti garis-garis horizontal atau vertikal. Material besi memberikan kesan modern dan elegan, dan motif sederhana menambah sentuhan estetika yang halus.

Baca juga: 5 Hal Penting Untuk Menjadi Developer Rumah

6. Gerbang dengan Sentuhan Taman

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Desain ini memasukkan elemen taman vertikal seperti tanaman hias pada bagian gerbang. Hal ini menciptakan tampilan yang hijau, memberikan kesan segar dan mendekatkan gerbang dengan alam sekitar.

7. Gerbang Otomatis

Source : Pinterest

Gerbang otomatis adalah solusi modern dan fungsional. Mekanisme buka atau geser otomatis memudahkan penggunaan dan memberikan kesan modern. Bahan-bahan seperti baja atau kayu dapat digunakan untuk desain ini.

8. Gerbang Kayu

Desain Gerbang Perumahan
Source : Pinterest

Desain ini memanfaatkan kayu sebagai elemen utama pada pintu gerbang atau struktur. Kayu memberikan tampilan hangat, alami, dan mengundang, serta cocok untuk perumahan dengan konsep yang lebih ramah lingkungan.

9. Gerbang dengan Lampu Sorot LED

Desain Gerbang Perumahan
Source : PInterest

Menggunakan lampu sorot LED pada gerbang untuk memberikan efek pencahayaan yang modern, terutama saat malam hari. Pencahayaan yang baik membantu meningkatkan estetika dan keamanan.

10. Gerbang Modern dengan Aksen Corak Abstrak

Desain Gerbang Perumahan
Source : PInterest

Desain gerbang ini memiliki aksen atau corak abstrak pada permukaannya. Corak ini bisa berupa garis-garis atau bentuk-bentuk abstrak yang menambahkan elemen artistik dan membuat gerbang lebih menarik secara visual.

Setiap desain gerbang perumahan memiliki karakteristik uniknya sendiri, bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing pemilik rumah. Pemilihan desain gerbang yang tepat akan mempengaruhi tampilan keseluruhan rumah dan memberikan kesan yang diinginkan.

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download