Pinhome

Elemen Penting Pada Bangunan Bergaya Klasik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 7 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Dekorasi klasik adalah salah satu jenis dekorasi rumah yang populer belakangan, menyaingi gaya dekorasi sejenis yang juga mengusung tema tempo dulu (Antique and Olds), yaitu konsep retro dan vintage.

Gaya desain klasik memang hampir berkaitan dengan dua gaya desain lain yang mengusung tema lama. Perbedaan gaya desain klasik lebih ditampakkan pada faktor bentuk bangunan dari segi desain interior, termasuk pada bentuk bangunan, struktur dan hal sejenis.

Artikel kali ini akan menyajikan elemen penting yang perlu ditambahkan saat membangun sebuah rumah dengan konsep klasik.

Pilar, Kain Dan Langit-Langit Tinggi Ciri Bangunan Bergaya Klasik

Ciri khas dari bangunan bergaya klasik adalah gaya bangunan tinggi, dengan banyak elemen kayu, jendela besar dan kain kelambu panjang. Selain itu cat putih juga menjadi bagian dari elemen penting lain yang perlu ditambahkan dalam konsep bangunan klasik yang dibangun. Tak hanya itu, elemen berikut juga akan menjadikan bangunan yang dirintis kini tampil dengan gaya klasik ala tempo dulu.

Bangunan bergaya klasik
(Pixabay)

1. Setidaknya 3,5 Meter

Judul dari bagian ini mungkin sedikit mengundang tanya, bagian manakah yang perlu dibuat dengan tinggi 3,5 meter? Jika langit-langit menjadi jawabannya hal tersebut adalah benar adanya. Sebuah bangunan klasik memang dicirikan dengan high ceiling atau langit-langit tinggi, atap bergaya tumpang atau prisma, yang membuat bangunan berdiri tegak, anggun bergaya aristokrat.

Baca Juga: Data yang Perlu Disiapkan Untuk Desain Rumah

2. Tangga Sudut Bergaya Kipas Melingkar

Tinggi dan besar bangunan bergaya klasik sangat memungkinkan untuk dibangun dengan dua lantai. Pemilihan model tangga ada baiknya dengan mengadopsi gaya melingkar dengan penempatan di sudut rumah. Material yang dipergunakan ada baiknya menggunakan material beton dan semen, bukan logam seperti bangunan bergaya vintage.

Baca Juga: Dekorasi Rumah Klasik

3. Ubin Berukuran Besar

Di masa lalu, banyak rumah bergaya aristokrat atau klasik yang menggunakan marmer untuk dipergunakan sebagai lantainya. Hal ini menjadikan rumah bergaya klasik banyak didominasi dengan pemasangan ubin berukuran besar yang demikian menjadikannya tampak mewah.

4. Pilar Dan Jendela Besar

Rumah yang mengusung gaya klasik juga acapkali dicerminkan dengan model dula pilar besar di bagian teras sebagai penyangga terusan atau balkon yang menjadi teras depan rumah. Selain itu jendela kupu-kupu dengan frame berukuran jumbo juga kerap dipasang di bagian depan sebagai bagian dari ventilasi ruangan.

Rumah bergaya klasik akan menjadi sebuah hunian yang pas bagi keluarga kecil yang beranjak menuju kemapanan. Teras depan, taman kecil serta perabotan lawas atau retro bisa juga ditambahkan sebagai bagian dari keperluan untuk menciptakan kesan klasik yang tidak hanya sekedar unik namun juga sekedar unik namun juga enak dipandang mata. Semoga bermanfaat! Salam!

Baca Juga: Pertimbangan Menggunakan Keramik Dinding Rumah

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel