Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Menghitung kebutuhan pondasi batu kali per meter kubik

Properti

Menghitung kebutuhan pondasi batu kali per meter kubik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Menghitung kebutuhan pondasi batu kali per meter kubik dapat dilakukan dengan cara mencari luas penampang pondasi terlebih dahulu kemudian dikalikan dengan panjang pondasi yang dihitung sehingga didapatkan satuan volume dalam m3, contohnya jika kita sedang membangun rumah 1 lantai dengan pondasi batu kali yang setelah dilihat pada denah rumah dapat ditemukan total panjang pondasi adalah 100 m, gambar desain pondasi batu kali yang digunakan adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 

Dari gambar pondasi batu kali diatas dapat kita lihat penampangnya adalah berbentuk trapesium dan persegi panjang, bagian atas berbentuk trapesium dengan ukuran lebar bagian bawah 0,6 m dan lebar bagian atas 0,3 m ketinggian o,6 m , rumus perhitungan luas trapesium adalah jumlah sisi sejajar dibagi dua dikalikan tingginya jadi luas =  ((0,6+0,3)/2)x0,6 = 0,27 m2, sedangkan pada area persegi panjang dengan panjang 0,7 m dan lebar 0,15 m dapat dicari luasnya dengan rumah panjang dikalikan lebar yaitu 0,7 x 0,15 = 0,105 m2, jadi luas total penampang pondasi batu kali adalah 0,27 m2 + 0,105 m2 = 0,375 m2.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Rumah Limas

Setelah luas penampangnya kita ketahui langkah selanjutnya adalah menghitung kebutuhan volume pasangan pondasi batu kali dalam satuan meter kubik, berapapun panjang pondasinya tinggal dikalikan dengan luas penampangnya maka bisa didapatkan volumenya dalam m3, karena pada rumah ini menggunakan pasangan pondasi batu kali dengan total panjang 100 m maka kebutuhan pondasi batu kali adalah 0,375 m2 x 100 m = 37,5 m3. dari perhitungan volume pondasi batu kali tersebut kita dapatkan kebutuhan pondasi batu kali sebesar 37,5 m3 yang untuk membeli batu kali di toko bangunan perlu ditambahkan angka keamanan jumlah batu kali sebesar 2 % dari perhitungan sebelumnya yaitu senilai 0,75 m3, jadi kebutuhan total batu kali yang dibeli adalah 37,5 + 0,75 = 38,25 m3. selanjutnya datang ke toko bangunan untuk membeli batu kali dengan jumlah sesuai dengan perhitungan volume.

Baca Juga: 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti koleksi pada perumahan Magnolia Residence di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel