BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Jenis Pondasi Tanah Lunak dan Tips Memilihnya
0
0

4 Jenis Pondasi Tanah Lunak dan Tips Memilihnya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Pondasi untuk tanah lunaktop-right-banner

Rumah yang kuat harus ditopang oleh struktur pondasi yang kuat, pondasi tersebut harus mampu berdiri kokoh diatas tanah, permasalahannya adalah bagaimana jika kondisi tanah tidak keras? untuk itu disini kita akan membahas tentang jenis pondasi yang cocok pada tanah lunak.

Baca juga: Persiapan Sebelum Membangun Rumah

Pondasi Dangkal

Pondasi tanah lunak
Source : Kobra Post Online

Pondasi dangkal adalah jenis pondasi yang digunakan untuk mendukung beban bangunan secara langsung. Pondasi ini digunakan ketika lapisan tanah di bawah dasar bangunan tidak cukup kuat atau terletak jauh dari permukaan tanah. Pondasi dangkal diidentifikasikan sebagai pondasi yang kedalaman dasarnya kurang atau sama dengan lebar pondasi.

Sistem ini digunakan pada lapisan tanah yang baik dan tidak terlalu dalam, serta tidak terdampak oleh air tanah atau air sungai sehingga dapat dikerjakan dalam keadaan kering, sehingga mutu pondasinya akan lebih baik dan ekonomis.

Pondasi Tanah Strauss Pile

pondasi tanah lunak
Source : Jasa Sumur Bor

Pondasi Strauss pile adalah salah satu metode pembuatan struktur konstruksi bangunan yang sering digunakan. Pondasi ini dikerjakan secara manual menggunakan alat bor auger dengan cara mengebor atau menggali tanah hingga mencapai kedalaman yang ditentukan. Proses pembuatan pondasi ini cukup sederhana karena tidak memerlukan peralatan mesin yang rumit dan dapat digerakkan oleh tenaga manusia.

Alat bor auger yang digunakan untuk jenis pondasi ini juga cenderung tidak bising, berbeda dengan teknik pondasi bor pile yang menggunakan mesin diesel yang menimbulkan suara bising saat pekerjaan.

Pondasi Tanah Cakar Ayam

Pondasi tanah lunak
Source : Klopmart

Pondasi cakar ayam adalah teknik konstruksi yang berasal dari Indonesia yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo ketika menjabat sebagai Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tahun 1961. Pada saat itu, Prof. Sedijatmo harus membangun 7 menara listrik bertegangan tinggi di daerah yang berawa di sekitar Ancol, Jakarta.

Awalnya, dia berhasil membangun dua menara dengan menggunakan metode konvensional, tetapi lima menara lainnya tidak dapat dibangun karena akan menyalurkan listrik dari Tanjung Priok ke Gelanggang Olahraga Senayan, tempat penyelenggaraan Asian Games 1962.

Pondasi Tanah Raft

Pondasi tanah lunak
Source : Ilmu Teknik Sipil

Pondasi Raft adalah jenis pondasi yang digunakan untuk mendistribusikan beban struktur pada area yang luas. Ini dibuat dengan mengecor permukaan tanah dengan beton atau material lain sehingga dapat menopang beban bangunan. Keuntungan dari jenis pondasi ini adalah mampu menopang beban pada area yang luas dengan kondisi tanah yang lunak atau longgar. Namun, Pondasi ini memerlukan biaya yang cukup tinggi dan kurang cocok digunakan untuk lahan dengan kondisi tanah yang keras atau stabil.

Tips Memilih Pondasi Tanah Lunak

  1. Sebelumnya perlu dilihat terlebih dahulu bagaimana struktur tanahnya apakah tergolong sangat lunak sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan cara melakukan galian kemudian mengganti dengan tanah yang baru.
  2. Jenis pondasi cakar ayam cukup aman untuk digunakan pada tanah lunak karena desainnya terinspirasi oleh akar pohon kelapa yang mampu menahan pohon tinggi menjulang meskipun berdiri di tepi pantai yang tanahnya lunak. Jenis pondasi ini sering salah dalam penyebutan sebagai pondasi foot plat, karena sebenarnya berbeda.
  3. Alternatif lain yaitu melakukan penggalian tanah lalu melakukan pengecoran plat beton kemudian menggunakan pasangan pondasi batu kali di atasnya.

Baca Juga : Pondasi untuk Rumah 1 Lantai

Pondasi untuk tanah lunak
Source : Unsplash

Dalam membuat rumah, kamu tidak bisa mencontoh secara penuh desain pondasi ataupun desain rumah orang lain secara penuh. Karena setiap rumah tentu dibuat dengan aspek pertimbangan masing-masing.

Jadi ketika Pins menentukan pondasi untuk tanah lunak. Pins harus mempertimbangkan banyak aspek. Pondasi ini juga akan mempengaruhi desain rumah yang akan Pins buat. Karena jika pondasi dan desain tidak berkesinambungan, rumah Pins justru bisa jadi akan berbahaya untuk kedepannya.

Baca Juga :


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Central Laguna Hills dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download