Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Nama dan Bentuk Rumah Adat Kalimantan Barat

Lifestyle

Ini Dia Nama dan Bentuk Rumah Adat Kalimantan Barat

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 11 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Mengenal identitas suatu suku bangsa bisa terlihat dari lagu daerah, pakaian daerah, bahasa yang digunakan, tarian, hingga rumah adat. Unsur kebudayaan yang terkandung hingga kepercayaan masyarakat sekitar membuat desain rumah adat setiap daerah memiliki makna mendalam. Nama rumah adat Kalimantan Barat yang bisa disebut rumah panjang merupakan salah satu diantara puluhan rumah adat lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia.

Pinhome- Keunikan yang berada pada setiap rumah adat, bisa dijadikan ide desain rumah kayu modern lho! Tidak terkecuali untuk rumah panjang yang merupakan nama rumah adat Kalimantan Barat dengan desain yang unik. Mengenal rumah adat Kalbar yang juga disebut dengan rumah radakng ini memang tidak ada habisnya.

Untuk mempelajari lebih dalam, mari kita lihat bersama-sama bagaimana penampakan dan juga ciri khas dari desainnya. Rumah yang berasal dari suku dayak ini juga pernah memperoleh rekor MURI sebagai rumah adat terbesar di Indonesia. Makin penasaran bukan, intip yuk penjelasan detailnya di bawah ini!

Baca Juga: Intip Yuk Macam-Macam Rumah Adat di Indonesia yang Sangat Beragam

Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

Nama Rumah Radakng

Dalam penyebutannya, rumah radakng juga dikenal dengan istilah rumah Panjang. Hal tersebut dikarenakan rumah adat Kalbar ini berbentuk memanjang. Fakta ini dikutip dari salah satu buku karya Mahmud Jauhari Ali (2017) yang berjudul “Mengenal Rumah Tradisional di Kalimantan”. Tidak tanggung-tanggung Pins, nama rumah adat Kalimantan barat ini ada yang mencapai panjang kurang lebih 300 meter. Tidak heran masuk dalam salah satu pemegang rekor Muri.

Untuk filosofi secara keseluruhan sendiri, nama rumah adat Kalimantan Barat tidak hanya sebagai tempat untuk berlindung tetapi juga mempunyai arti kebersamaan dan toleransi yang mendalam antar masyarakatnya. Ini dapat terlihat dari 60 Kepala Keluarga (KK) yang hidup dalam satu atap yang sama dalam satu rumah panjang. Apa Pins bisa membayangkannya?

Makna Pada Setiap Detail

(instagram/fraulenjill)

Salah satu simbol yang sering ditemui pada rumah adat Kalimantan Barat adalah burung enggang. Burung satu ini merupakan simbol kekuatan dan kegagahan dari rumah radakng. Namun tidak hanya persoalan simbol rumah, bagian dalamnya pun memiliki beberapa makna yang mendalam yang terbagi atas empat bagian utama, antara lain:

  • Pante

Sebutan untuk bagian depan rumah yang terlihat seperti teras rumah.

  • Bilik

Bagian ruang dalam rumah untuk tempat istirahat yang biasa disebut dengan kamar tidur.

  • Samik

Tempat dimana musayawarah adat dilakukan sekaligus sebagai tempat menjamu para tamu yang hadir.

  • Uankng Mik

Bagian belakang rumah yang berfungsi sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan atau biasa disebut ruang dapur.

Selain 4 bagian utama pada rumah tersebut, Pins pun akan menemui bagian depan rumah radakng yang selalu mengadap ke tempat matahari terbit dan bagian belakang mengadap tempat terbenamnya matahari. Ini juga sebagai lambang kerja keras dalam menjalankan kehidupan yang dimulai dari terbitnya sang fajar hingga terbenam.

Tujuan Pembangunan Rumah Adat Kalimantan Barat

Tidak hanya sebagai rumah tinggal, tujuan pembangunan rumah adat Kalimantan Barat adalah sebagai pusat kebudayaan. Faktor banyaknya kepala keluarga yang tinggal dalam satu rumah, menambah nilai baik pada tujuannya sebagai tempat dan sarana musyawarah. Baik pertemuan hingga menentukan nilai-nilai sanksi dan norma adat. Sarana interaksi terbaik dan kehidupan saling menghargai benar-benar dijunjung tinggi anggota keluarga di dalamnya. Inilah mengapa rumah panjang bisa hampir lebih besar dari lapangan bola.

Ciri Khas Bangunan Rumah Adat Kalimantan Barat

(flickr)

Anak Tangga Berjumlah Ganjil

Salah satu ciri unik dari rumah adat kalimantan barat adalah anak tangga yang berjumlah ganjil. Tangga yang disebut dengan sebutan hejot ini, biasanya terdapat tiga buah dengan anak tangga yang cenderung lebar. Dikarenakan banyaknya warga yang tinggal dalam satu tempat, anak tangga lebar akan mempermudah anggota di dalamnya berlalu lalang.

Rumah Bergaya Panggung

Rumah bergaya panggung memang banyak diadaptasi pada rumah adat tradisonal Indonesia. Tidak terkecuali pada rumah radakng yang berasal dari Kalimantan Barat ini. Tingginya mencapai 3-7 meter dengan tujuan umum untuk terhindar dari banjir, binatang buas dan juga musuh antar adat yang menyerang. Ciri khas lainnya pada rumah adat kalimantan barat adalah jenis atap memanjang yang biasa disebut pelana. Selain itu, lebar rumah panjang ini bisa mencapai 30 meter lho!

Ukiran Khas Suku Dayak

(antara)

Seperti rumah adat pada umumnya, rumah adat Kalbar juga memiliki ciri khas keunikan pada ukiran-ukiran yang menghiasi rumah tersebut. Ukiran khas suku Dayak memang banyak digunakan pada bagian-bagian rumah baik eksterior maupun interior di dalamnya. Ciri khas ornamen dan lukisan Kalimantan dapat terlihat dari berbagai bentuk tumbuhan maupun binatang di dalamnya. Selain itu pun beberapa gambar perisai yang banyak ditemui baik di pilar-pilar bangunan maupun dinding menggambarkan kokohnya pertahanan suku Dayak.

Material Kayu Mendominasi

Untuk ciri khas bangunan rumah adat Kalbar dalam segi material, mayoritas menggunakan bahan kayu. Jenis kayu ulin yang kokoh dipadukan pada lantai berbahan kayu maupun bambu membuat rumah radakng terlihat hangat dan tentunya menarik. Kayu ulin yang biasa digunakan pada rumah radakng merupakan kayu yang berasal dari Kalimantan yang kini mulai jarang ditemui atau bisa disebut langka. Kayu ini juga terkenal anti rayap selain ketahanannya untuk menampung beban yang cukup berat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai karakteristik bangunan dan juga filosofi rumah adat Kalimantan Barat. Pins dapat menemui secara langsung di Kota Pontianak tepatnya di Jalan Sutan Syahrir. Rumah adat tersebut juga menjadi salah satu ikon baru setelah Tugu Khatulistiwa. 

Baca Juga: Ini Dia Keunikan Rumah Adat Baileo Asal Maluku


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel