Pinhome

Tips Properti

Mengenal Besi Beton dan Harga Terbarunya di Tahun 2021

Ditulis oleh Puri ∙ 8 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Besi beton merupakan material yang diklaim termahal di kalangan material bangunan lainnya. Bagaimana tidak, sebuah pondasi awal sebuah gedung dimulai dari besi beton. Pintar memilih besi beton yang baik bergantung kepada ketahanan suatu bangunan. Harga besi beton pun beragam sesuai kebutuhan dan mempunyai dua jenis. Yaitu besi beton polos dan besi beton ulir.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai besi beton, jenis dan harga besi beton polos maupun harga besi beton ulir, Pins harus paham terlebih dahulu mengenai material bahan bangunan dan kegunaan vital besi beton dalam sebuah bangunan.

Informasi dan Harga

Kegunaan

kegunaan besi beton
(Freepik)

Struktur vital bangunan dimulai dari material besi beton. Besi Tulang Beton (BTB) yang sering juga disebut dengan reinforcement steel bar (rebar), menahan bangunan dari guncangan yang terduga maupun tak terduga seperti gempa bumi maupun keretakan dalam struktur bangunan. Intinya adalah besi beton berguna untuk menjaga bangunan agar tidak mudah runtuh. Selain itu cocok digunakan pada bangunan tinggi bertingkat karena dapat bertahan di temperatur yang tinggi. Karena memiliki struktur tulang bangunan yang kuat, besi beton sangat sulit untuk dihancurkan.

Jenis

penggunaan

Besi Beton Polos

Besi beton polos atau plain bar merupakan jenis besi beton dengan permukaan yang polos atau tidak diulir. Permukaannya pun mulus, lebih lentur dan lebih mudah ditemukan di pasaran. Selain mudah dibengkokkan, harga besi beton polos pun lebih murah dibandingkan harga besi beton ulir. Maka dari itu, besi beton banyak digunakan sebagai pengait atau pembungkus rangkaian besi beton ulir dalam sebuah bangunan. Untuk ketahanan minimal besi beton polos mencapai 240 mpa.

Besi Beton Ulir

Nah Pins, tentu untuk besi beton ulir pasti sudah dapat menduganya ya? Besi beton ulir atau deformed rebar, menjadi besi beton yang mudah dikenali karena permukaannya yang tidak mulus melainkan berulir. Kebalikan dari besi beton polos, harga besi beton ulir memang lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan besi ulir kurang lentur dan kaku, sehingga pemasangannya pun tidak mudah. Daya tahan tekan minimal besi beton ulir mencapai 400 mpa. Tidak heran besi beton ulir mempunyai ketahanan terhadap air dan api dan selalu digunakan sebagai pondasi gedung pencakar langit dan juga pondasi cakar ayam.

Harga Besi Beton Tahun 2021

bentuk besi beton
(Freepik)

Untuk Pins yang ingin mengetahui harga terbaru dari besi beton, Pins harus mengetahui bahwa terdapat beberapa istilah dalam harga besi beton polos dan harga besi beton ulir. Seperti D (besi beton ulir), SNI (Standar Nasional Indonesia), dan BjKU (Baja Batangan Untuk Keperluan umum). Semua ini telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bangunan. Terlampir dibawah ini tabel harga terbaru besi beton tahun 2021.

daftar harga

Standar ukuran besi beton memiliki panjang 12 meter dengan diameter yang cukup beragam. Mulai dari 6,8,10,12,13,16, 22 dan 25 millimeter. Tetapi yang umum digunakan adalah dengan diameter 8 mm dan 10 mm. Untuk harga besi beton 10 mm sendiri mempunyai range harga mulai dari Rp. 57.000 – Rp. 63.000. Yang perlu Pins ketahui, semakin besar dimensi konstruksi beton, maka akan semakin besar pula diameter dan besi beton yang diperlukan. Tentu akan mempengaruhi pemilihan dari harga besi beton itu sendiri ya Pins.

Jadi, apa sekarang Pins sudah lebih mengenal besi beton? Dan kisaran harganya di pasaran? Besi beton memang menjadi pondasi terkuat dan vital yang dimiliki dalam suatu bangunan. Maka dari itu, pemilihan besi beton pun harus dilakukan secara serius dan penuh perhitungan. Jangan sampai karena adanya penghematan, menjadikan rangka yang dibuat untuk besi beton pun tidak berstandar SNI. Ini harus hati-hati Pins, karena akan dapat menelan banyak korban bila tidak diperkirakan secara matang. Semoga dapat bermanfaat untuk pembangunan yang Pins rencanakan ya!


Untuk menemukan ragam properti yang kalian inginkan, kalian dapat langsung mengunjungi situs Pinhome dan melihat Daftar Rumah sesuai impian. Selain itu, kalian pun dapat mengiklankan properti di Jual Properti yang ada di Pinhome. Unduh aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store dan Google Play Store dan nikmati kemudahan bertransaksi bersama Pinhome!

Hanya di Pinhome yang memberi kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel