Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengapa Vinyl Adalah Material Paling Favorit untuk Lantai? Ini Dia Penjelasan Detailnya!

Lifestyle

Mengapa Vinyl Adalah Material Paling Favorit untuk Lantai? Ini Dia Penjelasan Detailnya!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Lantai adalah hal yang sangat penting dalam rumah. Tidak hanya menopang, lantai juga menjadi alas permukaan dalam rumah. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan material yang Anda gunakan saat membangun lantai rumah. Berbagai material lantai dijual dengan harga yang bervariasi, begitu juga dengan kualitas yang ditawarkan. Namun saat ini banyak berbagai pelapis lantai yang dapat mempercantik tampilan lantai rumah Anda, lho, salah satunya Vinyl! Sebagai pelapis lantai Vinyl adalah material yang pas untuk menghangatkan ruangan.

Pinhome – Saat ini Vinyl menjadi material terbaik untuk lantai. Ya, mungkin sudah banyak dari Pins yang famliar dengan material lantai yang satu ini. Vinyl adalah material favorit banyak orang karena motif cantiknya yang beragam. Tentu banyak dari Pins yang penasaran apa itu vinyl dan kelebihan bahan vinyl. Tenang! Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Melirik Harga Lantai Vinyl Yang Populer Di Kalangan Masyarakat

Mengenal Bahan Vinyl

(Unsplash)

Bagi Anda yang masih penasaran apa itu vinyl? Vinyl adalah bahan yang cukup tipis namun memiliki kekuatan yang sangat baik. Bahkan banyak sekali para produsen bahan vinyl yang menyebutkan bahwa vinyl bisa awet 20-25 tahun. Hal ini karena campuran bahan kimia yang digunakan dalam vinyl sehingga membuat bahan yang satu ini sangat awet sebagai pelapis lantai.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai Hunian Keluarga

Pelapis lantai yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat. Selain kualitasnya yang baik dan ketahanannya yang cukup lama, bahan vinyl memiliki varian motif yang sangat cantik. Motif-motif ini terdiri dari motif kayu, batuan, marble dan masih banyak lagi. Bahkan motif-motif vinyl terlihat sangat nyata sehingga membuat tampilan lantai seperti benar-benar terbuat dari bahan dasar kayu atau batuan. Jadi dengan bahan vinyl, Pins bisa mendapatkan lantai dengan motif-motif tertentu namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Kelebihan Bahan Vinyl

vinyl adalah
(Unsplash)

Selain motif cantiknya yang sangat beragam, bahan vinyl memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjadi pertimbangan Pins dalam memilih material pelapis lantai. Berikut ini beberapa kelebihan vinyl yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Daftar Harga Rumput Sintetis Sebagai Hiasan Lantai Rumah

Water Resistant

Kelebihan pertama bahan vinyl adalah water resistant atau memiliki bahan yang tahan air. Ya, dengan bahan yang tahan air tentu membuat material yang satu ini unggul dibandingkan dengan pelapis lantai lainnya. Dengan kemampuan water resistant dari bahan yang satu ini membuat bahan vinyl jadi lebih awet dan tidak rusak jika terkena air.

Tahan Goresan

Selain tahan goresan, bahan vinyl juga cukup tahan terkena goresan benda lain seperti furnitur. Hal ini karena bahan vinyl memiliki layer anti-scratch yang membuatnya tahan terhadap goresan benda yang berada di atasnya atau melewatinya. Tidak heran, material pelapis yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang.

Tahan Lama

Kelebihan bahan vinyl selanjutnya yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih material pelapis lantai adalah ketahanan dari bahan itu sendiri. Vinyl adalah pelapis lantai yang memiliki ketahanan yang cukup kuat sehingga dapat awet jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan banyak produsen yang menyebutkan bahwa bahan vinyl bisa awet 20-25 tahun jika terpasang dengan benar dan sesuai dengan prosedur.

Tahan Sinar Matahari

Sinar matahari memang dapat memengaruhi kualitas dari suatu bahan pelapis lantai. Biasanya pelapis lantai akan mudah pudar, memuai atau rusak akibat terkena sinar matahari. Hal ini berbeda pada bahan vinyl. Bahan yang satu ini tidak memuai atau rusak jika terkena sinar matahari. Jadi Pins tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan vinyl pada area indoor ataupun outdoor.

Anti Rayap

Selain tahan sinar matahari, kelebihan lantai vinyl selanjutnya adalah tidak dimakan rayap. Ya hal ini berbeda jika Pins menggunakan lantai berbahan dasar kayu yang besar kemungkinan akan menjadi sasaran rayap. Dengan menggunakan vinyl, Pins tidak perlu lagi khawatir akan rayap yang sewaktu-waktu bisa merusak lantai Anda.

Kekurangan Vinyl

vinyl adalah
(Unsplash)

Setelah mengetahui apa itu vinyl dan kelebihan dari material vinyl, hal yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah kekurangan vinyl. Hal ini penting untuk dijadikan pertimbangan sebelum Pins menggunakan bahan yang satu ini sebagai pelapis lantai di rumah.

Tidak Bisa Dibeli Satuan

Terkadang dalam pemasangan lapisan lantai terdapat ketidaksengajaan yang membuat pelapis lantai rusak. Sayangnya pada vinyl, Anda tidak bisa membelinya secara satuan, melainkan harus dibeli sebanyak satu dus. Dengan begini tentu akan membutuhkan pengeluaran yang lebih besar. Oleh karena itu ketelitian dan kehati-hatian sangat dibutuhkan dalam memasang bahan vinyl.

Rentan Benda Tajam

Kekurangan vinyl selanjutnya adalah bahannya yang rentan terhadap benda tajam. Ya, meski tahan terhadap goresan benda berat, vinyl juga dapat rusak lho jika tergores benda tajam seperti pisau atau cutter.

Material VOC (Volatile Organic Compounds)

Sebagian orang memiliki sensitivitas lebih terhadap material VOC (Volatile Organic Compounds). Sayangnya vinyl adalah pelapis lantai yang terbuat dari material VOC. Sehingga banyak yang menyebutkan lantai vinyl tidak baik bagi kesehatan akibat kandungan VOC yang bisa terlepas ke udara.

Itulah informasi tentang apa itu vinyl serta kelebihan dan kekurangan vinyl yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih bahan pelapis lantai yang satu ini.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel