Pinhome

Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Memiliki kamar tidur yang nyaman adalah impian semua orang. Kenyamanan kamar tidur adalah prioritas semua orang. Jika kamar sendiri tidak nyaman bagaimana kita bisa tidur yang nyenyak? Namun tentu saja jika ingin membuat ruang tidur senyaman mungkin, harus mengubah desain atau posisi barang-barang yang ada di kamar. Artinya harus mendekor ulang kamar kembali. Mendesain kamar sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan.

Membuat kamar tidur yang ideal harus dengan perencanaan yang matang. Memang bukan sesuatu yang mudah karena mendesain rumah banyak pertimbangannya meliputi ukuran bidang tanah yang dibangun mempengaruhi ukuran sebuah kamar. Selain itu mempengaruhi kebutuhan ruangan lainnya yang ada di dalam rumah, serta fungsi dari kamar tidur itu sendiri. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips untuk menentukan kamar tidur yang ideal sesuai penghuni kamar:

Tips Menentukan Ukuran Kamar yang Ideal

menentukan ukuran kamar tidur
(Pixabay)

Pada dasarnya idealnya kamar itu sifatnya relatif, tergantung berapa besar dimensi mebel yang dibutuhkan. Tentu berbagai mebel yang ada di dalam kamar harus memiliki jarak agar penghuni bisa bergerak dengan leluasa. Apalagi di dalam kamar banyak perabotan seperti kasur, lemari pakaian, meja rias, dan perabotan lainnya. Berdasarkan penghuni masing-masing kamar ada ukurannya sendiri.

  • Untuk kamar tidur utama, idealnya memiliki luas minimal 11,15 m2 dan memiliki panjang sisi terpendek kira-kira 2,85 m bersih dari dinding ke dinding lain.
  • Sedangkan untuk kamar tidur anak, idealnya memiliki ruang tidur dengan luas 7,43 m2dan memiliki panjang sisi paling pendek 2,50 m dari dinding ke dinding.
  • Apabila rumah yang memiliki kamar tidur pembantu, sebaiknya menyediakan ruangan sekitar 5-6 m2 dengan panjang sisi paling tidak 2 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran kamar di atas didasarkan dari kebutuhan ruang gerak penghuni yang beraktivitas selama di ruang tidur tersebut. Ada beberapa pertimbangan yang mungkin masih disesuaikan dengan ukuran kamar misalnya adanya perabotan yang akan dipakai dalam kamar, ukuran perabotan tersebut kira-kira 100 cm, sedangkan tempat tidur ada yang memiliki lebar mulai dari 90 cm, 100 cm, 150, hingga 200 cm.

Selain itu, fungsi dari kamar itu sendiri juga sering dijadikan pertimbangan. Ada orang yang mungkin tidak berniat menjadikan kamar tidur, hanya sekedar ruang kerja atau aktivitas lainnya. Hal itu tentu mempengaruhi peletakan barang-barang yang akan ditaruh di dalam ruangan. Bisa jadi, jika tidak dijadikan kamar tidur, barang-barang yang diletakkan di dalam tidak terlalu spesifik.

Namun, sebenarnya apapun yang diletakkan dalam ruang tidur tersebut, pada dasarnya penghuni menginginkan hal yang sama yaitu kenyamanan saat berada di dalamnya. Jadi, sebaiknya perencanaan untuk membuat kamar yang ideal harus direncanakan dengan tepat agar fungsi dari kamar itu terpenuhi secara psikis.

Baca Juga:

·         Tips Mendekorasi Ruang Tamu

·         Dekorasi Rumah Dengan Piring

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

eKamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia