Pinhome

Tips Properti

Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Memiliki kamar tidur yang nyaman adalah impian semua orang. Kenyamanan kamar tidur adalah prioritas semua orang. Jika kamar sendiri tidak nyaman bagaimana kita bisa tidur yang nyenyak? Namun tentu saja jika ingin membuat ruang tidur senyaman mungkin, harus mengubah desain atau posisi barang-barang yang ada di kamar. Artinya harus mendekor ulang kamar kembali. Mendesain kamar sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan.

Membuat kamar tidur yang idel harus dengan perancanaan yang matang. Memang bukan sesuatu yang mudah karena mendesain rumah banyak pertimbangannya meliputi ukuran bidang tanah yang dibangun mempengaruhi ukuran sebuah kamar. Selain itu mempengaruhi kebutuhan ruangan lainnya yang ada di dalam rumah, serta fungsi dari kamar tidur itu sendiri. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips untuk menentukan kamar tidur yang ideal sesuai penghuni kamar:

ukuran kamar tidur yang ideal
ukuran kamar tidur yang ideal

Pada dasarnya idealnya kamar itu sifatnya relatif, tergantung berapa besar dimensi mebel yang dibutuhkan. Tentu berbagai mebel yang ada di dalam kamar harus memiliki jarak agar penghuni bisa bergerak dengan leluasa. Apalagi di dalam kamar banyak perabotan seperti kasur, lemari pakaian, meja rias, dan perabotan lainnya. Berdasarkan penghuni masing-masing kamar ada ukurannya sendiri.

  • Untuk kamar tidur utama, idealnya memiliki luas minimal 11,15 m2 dan memiliki panjang sisi terpendek kira-kira 2,85 m bersih dari dinding ke dinding lain.
  • Sedangkan untuk kamar tidur anak, idealnya memiliki ruang tidur dengan luas 7,43 m2dan memiliki panjang sisi paling pendek 2,50 m dari dinding ke dinding.
  • Apabila rumah yang memiliki kamar tidur pembantu, sebaiknya menyediakan ruangan sekitar 5-6 m2dengan panjang sisi paling tidak 2 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran kamar di atas didasarkan dari kebutuhan ruang gerak penghuni yang beraktivitas selama di ruang tidur tersebut. Ada beberapa pertimbangan yang mungkin masih disesuaikan dengan ukuran kamar misalnya adanya perabotan yang akan dipakai dalam kamar, ukuran perabotan tersebut kira-kira 100 cm, sedangkan tempat tidur ada yang memiliki lebar mulai dari 90 cm, 100 cm, 150, hingga 200 cm.

Selain itu, fungsi dari kamar itu sendiri juga sering dijadikan pertimbangan. Ada orang yang mungkin tidak berniat menjadikan kamar tidur, hanya sekedar ruang kerja atau aktivitas lainnya. Hal itu tentu mempengaruhi peletakan barang-barang yang akan ditaruh di dalam ruangan. Bisa jadi, jika tidak dijadikan kamar tidur, barang-barang yang diletakkan di dalam tidak terlalu spesifik.

Namun, sebenarnya apapun yang diletakkan dalam ruang tidur tersebut, pada dasarnya penghuni menginginkan hal yang sama yaitu kenyamanan saat berada di dalamnya. Jadi, sebaiknya perencanaan untuk membuat kamar yang ideal harus direncanakan dengan tepat agar fungsi dari kamar itu terpenuhi secara psikis.

Tags :

Bagikan Artikel