BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal
0
0

Cara Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 25, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki ukuran kamar tidur ideal adalah impian semua orang. Kamar tidur yang nyaman akan membuat Pins bisa tidur dengan nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Namun jika ingin membuat ruang tidur senyaman mungkin, tentunya Pins harus mengubah desain atau posisi barang-barang yang ada di kamar. Simak artikel ini untuk mengetahui ukuran kamar tidur yang ideal!

Sebelum itu segera instal aplikasi Pinhome terlebih dulu. Coba telusuri owner yang jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung seperti Grand Sharon Residence maupun manfaatkan fitur PinValue guna menemukan properti sesuai budget dan keinginan. Apabila kamu ingin membangun rumah dengan desain milikmu sendiri, coba manfaatkan Program KPR Bank!

Baca juga: 5 Rekomendasi Perumahan di Bali Bergaya Resort

Cara Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Artinya Pins harus mendekor ulang kamar kembali. Pada dasarnya, mendesain kamar tidur sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Membuat ukuran kamar tidur ideal harus dengan perencanaan yang matang.

Namun tentunya ini memang bukan sesuatu yang mudah, karena membutuhkan banyak pertimbangannya. Seperti menentukan ukuran kamar tidur standar dan sebagainya.

Selain itu, ukuran kamar juga mempengaruhi kebutuhan ruangan serta fungsi dari kamar tidur itu sendiri. Beberapa cara menentukan ukuran kamar tidur ideal untuk Pins, di antaranya:

1. Ukuran Kamar Tidur Ideal Sesuai Standar

Ukuran kamar tidur ideal
Source : Pexels

Pada dasarnya ukuran kamar tidur ideal bersifat relatif, tergantung berapa besar dimensi furniture yang dibutuhkan. Tentu berbagai funiture yang ada di dalam kamar harus memiliki jarak agar penghuni bisa bergerak dengan leluasa.

Apalagi di dalam kamar banyak perabotan seperti kasur, lemari pakaian, meja rias, dan perabotan lainnya. Berikut ini ukuran kamar tidur standar yang umum digunakan:

  • Untuk kamar tidur utama, idealnya memiliki luas minimal 11,15 m2 dan memiliki panjang sisi terpendek kira-kira 2,85 m bersih dari dinding ke dinding lain.
  • Untuk kamar tidur anak, idealnya memiliki ruang tidur dengan luas 7,43 m2 dan memiliki panjang sisi paling pendek 2,50 m dari dinding ke dinding.
  • Apabila rumah yang memiliki kamar tidur ART, sebaiknya menyediakan ruangan sekitar 5-6 m2 dengan panjang sisi paling tidak 2 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran kamar tidur ideal di atas didasarkan dari kebutuhan ruang gerak penghuni yang beraktivitas selama di ruang tidur tersebut. Ada beberapa pertimbangan yang mungkin masih disesuaikan dengan ukuran kamar.

Misalnya adanya perabotan yang akan dipakai dalam kamar, ukuran perabotan tersebut kira-kira 100 cm. Sedangkan tempat tidur ada yang memiliki lebar mulai dari 90 cm, 100 cm, 150, hingga 200 cm.

Baca juga: 11 Desain Rumah Bata Merah

2. Ukuran Kamar Tidur Berdasarkan Fungsi

Ukuran kamar tidur ideal
Source : Pexels

Selain itu, fungsi dari kamar juga sering dijadikan pertimbangan untuk menentukan ukuran kamar tidur. Beberapa orang lebih menyukai kamar tidur hanya sebagai tempat istirahat. Beberapa lagi ada yang menyukai kamar tidur multifungsi sehingga bisa dijadikan tempat istirahat dan melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja atau belajar.

Hal ini tentu akan mempengaruhi ukuran kamar. Kamar yang hanya dijadikan tempat istirahat bisa dibuat lebih kecil. Sedangkan jika Pins ingin membuat kamar tidur multifungsi, Pins harus bisa menyediakan space yang sedikit lebih besar.

3. Ukuran Kamar Tidur 3×3

Source : iStock

Selanjutnya ukuran kamar tidur ideal mengikuti standar yang ada, yaitu kamar tidur dengan ukuran 3×3. Ukuran 3×3 ini tercantum dalam dokumen Dasar-Dasar Rumah Sehat yang diterbitkan oleh Kementrian PUPR pada tahun 2017.

4. Ukuran Kamar Tidur 3×3,5

Source : iStock

Lalu berikutnya, ukuran kamar tidur ideal mengikuti standar yang ada adalah dengan ukuran 3×3,5. Ukuran kamar satu ini biasanya digunakan pada rumah yang memiliki tipe 36. Ukuran kamar ini lebih luas dari sebelumnya, dapat menampung ranjang dan lemari di ruangannya.

Baca juga: 15 Desain Rumah Cantik yang Bisa Kamu Tiru

5. Ukuran Kamar Tidur 3×5

Source : iStock

Ukuran kamar tidur berikut ini lebih besar dari ukuran-ukuran sebelumnya, yaitu berukuran 3×5. Ukuran yang lebih besar ini termasuk ideal dan dapat menampung banyak furniture di dalamnya. Kamu dapat menggunakan ranjang dengan ukuran king size, menambahkan lemari pakaian, bahkan meja rias.

6. Ukuran Kamar Tidur 4×4

Source : iStock

Ukuran kamar tidur 4×4 ini biasanya banyak sekali digunakan oleh orang pada umumnya. Ukuran 4×4 memiliki dimensi yang sama sehingga akan terbangun simetris. Bagi kamu yang sedang membuat kamar tidur bersama pasangan, ukuran ini sudah termasuk ideal untuk menampung dua orang.

7. Ukuran Kamar Tidur 4×6

Source : iStock

Ukuran kamar tidur ideal yang terakhir ini lebih luas dari pada ukuran kamar tidur sebelumnya. Ukuran satu ini dapat menampung banyak furniture di dalamnya, seperti kasur king size, lemari besar, meja rias, ruang kerja, dan ruang tv. Pastikan kamu tidak terlalu banyak menambahkan furniturenya Pins, agar kamar kamu tidak terlihat penuh.

Itulah beberapa cara menentukan ukuran kamar ideal. Sebaiknya perencanaan untuk membuat kamar yang ideal harus direncanakan dengan tepat agar fungsi dari kamar itu terpenuhi dengan baik dan Pins nyaman ketika menggunakannya.

Baca juga:

Feature Source Image: Rawpixel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download