Pinhome

Tips Properti

5 Cara Memasang Gorden Jendela Berdasarkan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Mempunyai sebuah hunian tidak lengkap tanpa kehadiran dari pintu dan jendela. Kedua media sirkulasi udara tersebut memang mempunyai peranan penting dalam sebuah hunian. Cahaya matahari dan udara yang masuk ke dalam hunian, memerlukan kedua media di atas sebagai penyempurna. Nah, pelengkap dekorasi berupa gorden maupun vitrase yang sering membalut keduanya juga menjadi hal yang tidak bisa dilupakan. Itulah mengapa pentingnya mengetahui cara memasang gorden sebagai pelengkap dekorasi.

Pinhome – Dari sekian banyak jenis gorden yang beredar di pasaran, pasti Pins senang memilih model yang simple dan mudah dalam melakukan pemasangannya. Gorden jendela yang berfungsi selain sebagai penghalau sinar matahari, juga bisa membuat privasi hunian tetap terjaga apalagi ditambah vitrase di dalamnya. Untuk itu, agar dapat rutin dibersihkan dan diganti, Pins perlu mengetahui cara memasang gorden jendela yang benar. Di bawah ini Pinhome sajikan ke-5 cara mudahnya berdasarkan jenisnya!

Baca Juga: Teralis Jendela Minimalis untuk Pelindung Rumah Anda

Cara Memasang Gorden Model Biasa

(The New York Times)

Cara memasang gorden biasa dalam jenis yang umum memang cenderung mudah tanpa adanya halangan yang berarti. Untuk Pins yang baru pertama kali memiliki gorden sendiri di rumah pun pasti dengan cukup mudah memasangnya. Sebelum memasangnya, ada baiknya memperhatikan ukuran dari jendela yang akan Pins berikan gorden. Pengukuran ini berguna untuk mengukur berapa panjang batang rel yang dibutuhkan. Jangan sampai batang rel terlampau panjang dari ujung jendela.

Untuk rel dalam bentuk cincin, Pins hanya perlu memasukan cincin pada ujung-ujung gorden untuk dikaitkan pada batang. Namun, bila menggunakan batang rel, kamu perlu masukan rel ke lubang gorden. Cara memasang gorden biasa ini dengan mengaitkan satu persatu pada rel yang telah disediakan. Harap bersabar ya Pins dan tidak terburu-buru. Bila Pins terburu-buru, bisa merusak rel maupun bahan gorden itu sendiri. Ingat walaupun cara memasang besi gorden biasa terbilang mudah, namun detailnya tetap harus diperhatikan ya!

Gorden Tanpa Batang Rel

cara memasang gorden
(Pinterest)

Lazimnya gorden jendela memang menggunakan batang rel yang berfungsi sebagai pengait rel dari tirai yang dipasang. Namun, apa jadinya bila batang rel tidak ada? Beberapa penghuni, benar-benar memikirkan konstruksi dari bangunan rumah yang sangat ingin meminimalisir adanya pengeboran pada bagian tembok. Hal tersebut yang membuat beberapa gorden jendela bisa dipasang walaupun tidak menggunakan batang rel. Cara memasang besi gorden jendela tanpa batang bisa menggunakan beberapa alternatif yang pastinya tidak kalah menarik, antara lain:

  • Menggunakan kawat, kawat bisa dipasang sepanjang lebar jendela. Setelahnya buatlah mata di kedua sisi jendela berupa kait. Kawat panjang tersebut mampu menopang tirai atau gorden kesayangan dengan jenis yang ringan.
  • Cara selanjutnya dapat menggunakan tali. Tali diregangkan sama sesuai lebar dari jendela. Pastikan memasangnya benar-benar kencang dan tidak kendur agar saat pemasangan, gorden terlihat apik dan menarik.
  • Nah, untuk Pins yang senang dengan ide-ide kreatif yang dipadukan dengan rumah bergaya industrial. Pins bisa membuat beberapa ide cemerlang dalam membuat batang rel. Bisa menggunakan kayu pohon, tali anyaman cantik atau pun besi bekas.

Cara Memasang Gorden Jendela Berponi

cara memasang gorden
(Century Mills)

Bila Pins memilih jenis gorden berponi, maka Pins harus mempersiapkan batang rel yang cukup kuat menampung gorden dan terdiri dari dua buah. Hal tersebut dikarenakan batang pertama digunakan untuk mengaitkan gorden biasa, dan batang satu lagi untuk gorden berponi. Penasaran bagaimana cara memasang gorden jendela model berponi? Sebenarnya cukup mudah. Langkah pertama Pins memasang gorden pada batang rel pertama. Ini biasanya berjenis gorden biasa, lurus dan panjangnya menutupi keseluruhan jendela. 

Selanjutnya pasang gorden pada bagian batang ke-2 yang berada di depan gorden sebelumnya. Jenis model satu ini setengah jendela atau yang biasa diistilahkan sebagai poni gorden. Letaknya berada menutupi pada bagian atas jendela. Untuk informasi tambahan, jenis gorden ukuran setengah hanya bisa dioperasikan pada salah satu sisi dari gorden saja, tidak keduanya seperti gorden jenis biasa yang ada di belakangnya. Jadi, untuk bagian poni gordennya tidak bisa dibuka tutup.

Gorden Jendela Model Tirai Kupu-Kupu

(OLX)

Selanjutnya adalah mengetahui cara memasang besi gorden biasa model kupu-kupu. Mengapa disebut mirip hewan kupu-kupu? Bila Pins lihat lebih seksama, bagian tirai yang diikat adalah badan kupu-kupu dan yang tidak diikat menyerupai sayap kupu-kupu. Bagaimana cara memasang besi gorden biasa model kupu-kupu ini?

  • Pertama hal yang perlu Pins ketahui bahwa cara memasang gorden biasa jenis kupu-kupu terbilang cukup mudah. Namun, usahakan diaplikasikan pada jendela dengan ukuran yang tinggi dan cenderung sempit. Ini akan menambah estetika tersendiri dari penampilan ruang.
  • Rel jendela harus dipasang pada kedua sisi, yaitu atas dan bawah. Tidak seperti model tirai jendela biasa yang berada hanya pada sisi atas, untuk model kupu-kupu rel tersedia pada kedua bagian. Fungsinya adalah membuat tirai tetap berada pada model yang diinginkan dan rapi.
  • Cara memasang gorden biasa jenis kupu-kupu ini bisa Pins samakan seperti jenis gorden lainnya. Mulai dari rel bagian atas satu persatu dan lanjut ke bagian bawah. Bila kedua sisi sudah sejajar dan rapi. Kini saatnya Pins mengikatnya pada bagian tengah gorden agar menghasilkan model gorden kupu-kupu yang cantik.

Gorden Roller Blind

(Smith and Noble)

Nah, untuk model terbaru yang sering menghiasi hunian modern adalah gorden roller blind. Gorden satu ini memiliki tampilan minimalis dan tentunya tidak kalah sedap dipandang. Cocok untuk Pins dan keluarga yang tetap menginginkan privasi terjaga tanpa perlu repot mencucinya. Dengan rajin mengelap dengan kain yang lembut, maka gorden Pins akan jauh dari debu-debu bertebaran.

Tidak seperti cara memasang besi gorden biasa, jenis gordon roller blind jauh lebih mudah. Biasanya sudah dijual dipasaran satu set, baik dengan teknologi berupa remote maupun manual dengan tangan. Setelah bracket dipasang beserta gorden, Pins hanya perlu melakukan pengecekan dengan cara buka tutup gorden. Hal ini untuk memastikan gorden berfungsi dengan baik. 

Beragam jenis model gorden yang terjual memang sangat bervariasi. Pins hanya perlu menyesuaikan dengan tema hunian, kebutuhan dan budget yang dimiliki. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Baca Juga: Berbagai Pilihan Model Gorden Mewah Minimalis


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel