Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Masih Bingung Beli Rumah atau Apartemen? Cek Pertimbangannya di Sini

Masih Bingung Beli Rumah atau Apartemen? Cek Pertimbangannya di Sini

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 25 November 2021 ∙ 8 menit membaca

Apakah salah satu resolusi Pins tahun ini adalah memiliki hunian pribadi? Jika iya, hunian seperti apa yang ingin dimiliki, apakah akan beli rumah atau apartemen?

Pasalnya, tidak sedikit Pins yang ternyata bingung dalam memilih jenis hunian pribadi. Terlebih lagi bagi kaum millenials yang mulai berpikir untuk memulai investasi masa depan.

Pinhome – Baik rumah atau apartemen memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa Pins sesuaikan dengan kebutuhan dan juga gaya hidup. Pins juga pasti memiliki pandangan tersendiri mengenai hal yang satu ini, bukan?

Namun, apapun pertimbangnnya dalam memilih, simak dahulu apa saja yang bisa Pins jadikan bahan pertimbangan sebelum beli rumah atau apartemen.

Baca juga: Beli Rumah Tapak atau Apartemen? Keduanya Sama Bagus!

Beli Rumah Atau Apartemen

Seperti yang Pins sudah tahu sebelumnya, beli rumah ataupun apartemen memiliki keistimewaan masing-masing. Hal tersebut tentu tergantung dari banyak faktor sehingga Pins bisa memutuskan apakah akan membeli salah satu dari jenis hunian tersebut.

Berikut ini adalah hal yang perlu Pins pertimbangkan jika masih bingung ingin beli rumah atau apartemen:

1. Status Hak Milik

Jika Pins membeli rumah, Pins akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik yang berlaku selamanya. Sedangkan untuk pembelian apartemen, Pins hanya mendapat Hak Guna Bangunan yang berlaku hanya 20 tahun saja.

Jika masa Hak Guna Bangunan apartemen habis, Pins hanya bisa memperpanjangnya. Selain itu, untuk memperpanjang SHGB, Pins pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam prosesnya.

Oleh karena itu, jika ingin memutuskan pilihan antara ingin beli rumah atau apartemen, pertimbangkan status hak milik terlebih dahulu.

Baca juga: Perbedaan SHM dan SHGB | Sertifikat Rumah

2. Faktor Pemeliharaan, Kenyamanan, dan Keamanan

Hal berikutnya yang perlu Pins pertimbangkan sebelum memutuskan apakah ingin beli rumah atau apartemen adalah faktor pemeliharaan, kenyamanan, dan keamanan.

Dibandingkan di perumahan, apartemen memiliki banyak fasilitas penunjang yang membuat Pins nyaman, seperti swalayan, kolam renang, pusat kebugaran, dan lain sebagainya.

Selain itu, pemeliharaan unit apartemen juga akan ditangani pengembang dan keamanan apartemen pun cenderung memiliki sistem yang canggih dengan tenaga profesional.

Namun, untuk menikmati fasilitas tersebut, Pins harus melakukan pembayaran tiap bulannya dengan harga yang tergolong mahal.

Sedangkan jika Pins membeli rumah, baik dari segi pemeliharaan, kenyamanan, dan juga keamanan, Pins akan melakukannya secara mandiri. Namun, secara pengeluaran Pins dapat mengatur keuangannya sendiri sehingga biayanya tidak membengkak.

Dengan begitu, sebelum memutuskan beli rumah atau apartemen, cobalah melihat sisi kemudahan dalam pemeliharaan, kenyamanan, dan keamanan dalam sebuah hunian.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keamanan Rumah dengan Renovasi

3. Lokasi

beli rumah atau apartemen

 

Sebelum memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen, cobalah pertimbangkan soal lokasi keduanya. Pasalnya, lokasi akan mempengaruhi banyak faktor, mulai dari kenyamanan sampai harga.

Misalnya, kini hunian semakin padat sehingga sulit menemukan rumah tapak yang dekat dengan pusat kota maupun wilayah perkantoran. Sedangkan untuk apartemen, kini semakin banyak hadir di lokasi yang lebih strategis dibandingkan dengan rumah hunian.

Oleh karena itu, jika Pins ingin beli rumah atau apartemen, pertimbangkan lokasinya juga, ya!

Baca juga: Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini

4. Harga

Salah satu topik yang hangat diperbincangkan saat Pins mencari hunian adalah memutuskan apakah beli rumah atau apartemen. Pasalnya, pilihan keduanya memiliki sisi positif dan negative masing-masing yang perlu dipikirkan masak-masak.

Sebelum menentukan kedua hal tersebut, coba bandingkan harga yang sanggup Pins bayarkan.

Berbicara tentang harga, apartemen memiliki harga yang lebih murah jika Pins mencari hunian di lokasi strategis. Jika Pins membeli rumah dengan harga murah, Pins akan mendapat lokasi yang jauh dari wilayah perkantoran bahkan pusat kota.

Pasalnya, di pusat kota, fasilitasnya lebih lengkap dan maju sehingga mempengaruhi nilai jual perumahan yang berada di lokasi strategis.

Baca juga: Faktor Penentu Harga Rumah Lebih Mahal

5. Investasi

beli rumah atau apartemen
(Shutterstock)

 

Hal berikutnya yang perlu Pins pertimbangkan saat memutuskan apakah beli rumah atau apartemen adalah nilai investasinya. Jika Pins ingin berinvestasi, beli rumah akan lebih menguntungkan daripada beli apartemen.

Hal ini karena saat Pins membeli rumah, Pins akan mendapatkan bangunan dan juga tanahnya. Sehingga, jika Pins ingin menjualnya kembali, harganya akan jauh lebih menguntungkan.

Namun, investasi rumah juga harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti fasilitas, akses, dan juga lokasi. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan perihal investasi sebelum memutuskan pilihan apakah beli rumah atau apartemen.

Baca juga: Tips Beli Rumah Pertama Bagi Para Millenials

Keuntungan Membeli Rumah

beli rumah atau apartemen
(Shutterstock)

Ternyata ada beberapa hal yang perlu Pins pertimbangkan sebelum memutuskan apakah beli rumah atau apartemen. Apapun pertimbangannya, kedua jenis hunian tersebut tentunya memiliki keuntungan masing-masing bagi Pins.

Jika Pins memilih untuk membeli rumah dibandingkan apartemen, simak apa saja keuntungan yang akan Pins dapatkan berikut ini:

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Memilih Rumah atau Apartemen

1. Mudah Dijual

Bagi sebagian orang, memutuskan untuk beli rumah atau apartemen merupakan hal yang tidak mudah. Namun, jika Pins memutuskan untuk membeli rumah dibandingkan dengan apartemen, Pins akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan pertama yang akan Pins dapatkan yaitu rumah lebih mudah dijual kembali dibandingkan dengan apartemen.

Hal ini karena adanya kecenderungan untuk mudah bosan tinggal di apartemen sehingga banyak yang berminat untuk membeli rumah tapak. Selain itu, sertifikat rumah bisa digadaikan apabila Pins memiliki kebutuhan dana yang amat mendesak.

Baca juga: Kenali Surat Jual Beli Rumah Sebelum Membeli Rumah

2. Memiliki Rumah Sekaligus Lahan

Apabila Pins membeli rumah, Pins akan memiliki bangunan rumah sekaligus dengan tanahnya. Dengan lahan yang luas dan milik pribadi, Pins juga akan lebih mudah berkreasi sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan.

Selain itu, lahan di rumah tapak biasanya jauh lebih luas dibandingkan dengan apartemen yang memiliki ruang terbatas.

3. Memiliki Dua Legalitas

Pins akan mendapatkan dua legalitas jika membeli rumah, yaitu legalitas rumah sebagai bangunan dan tanah dalam bentuk sertifikat legal.

Inilah yang tidak akan Pins dapatkan jika membeli apartemen. Dua legalitas ini juga membuat Pins lebih fleksibel dalam mengelola hunian. Dengan adanya keuntungan ini, apakah Pins sudah memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen?

Baca juga: Mengenal Proses Jual Beli Rumah Agar Aman di Mata Hukum

4. Lebih Menguntungkan Untuk Investasi

beli rumah atau apartemen
(Pixabay)

 

Berbicara tentang investasi, Pins akan jauh lebih menguntungkan ketika membeli beli rumah dibandingkan dengan investasi. Pasalnya, dari tahun ke tahun harga properti rumah tapak selalu naik, apalagi jika rumah yang Pins miliki sangat strategis dengan fasilitas yang lengkap.

Sebenarnya, membeli apartemen juga menguntungkan jika Pins mengontrakkannya. Nilai jualnya pun akan tetap tumbuh setiap tahun, meskipun tidak setinggi rumah tapak. Namun, Pins harus tetap melakukan pembayaran lagi setelah 20 tahun untuk memperpanjang SHGB.

Baca juga: 3 Cara Investasi Rumah Paling Menguntungkan!

Keuntungan Membeli Apartemen

Setelah mengetahui beberapa keuntungan jika Pins membeli rumah, saatnya simak tentang ulasan keuntungan yang akan Pins dapatkan jika membeli apartemen.

Ulasan ini akan membantu Pins dalam memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen. Jika penasaran, simak 4 keuntungan yang akan Pins dapatkan jika membeli apartemen.

Baca juga: Lebih Mudah Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau Apartemen?

1. Lokasi Strategis

beli rumah atau apartemen
(Pexels)

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, sebelum memutuskan untuk beli rumah atau apartemen, pertimbangkan soal lokasi. Pasalnya, kini sulit mencari hunian yang dekat dengan wilayah perkantoran atau dekat dengan pusat kota.

Dibandingkan dengan perumahan, apartemen lebih banyak berada di lokasi yang strategis yang dekat dengan pusat kota dan wilayah perkantoran.

Dengan begitu, apartemen sangat cocok bagi Pins yang masih bekerja dan memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, Pins juga akan lebih mudah dan cepat dalam mengakses tempat tertentu tanpa bermacet-macet ria.

2. Lebih Praktis

Beli rumah atau apartemen adalah momok yang sedang hangat diperbincangkan sekarang ini. Namun, jika Pins mencari hunian yang lebih praktis, cobalah membeli apartemen.

Pasalnya, apartemen memberikan solusi gaya hidup praktis karena pemeliharaan, keamanan, dan kebersihannya dijalankan oleh pengelola. Pins hanya membayar service charge secara bulanan dan nikmatilah kepraktisannya.

Baca juga: Apartemen atau Rumah? Pilih Hunian Terbaik Versi Pins

3. Fasilitas Lengkap

Sudah tidak diragukan lagi jika apartemen memiliki fasilitas yang lengkap dibandingkan dengan rumah tapak. Misalnya, apartemen memiliki fasilitas seperti supermarket, tempat peribadatan, lapangan olahraga, spa, gym, kolam renang, sekolah, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang lengkap inilah yang dijadikan sebagai daya tarik jika Pins membeli apartemen dibandingkan dengan rumah tapak.

Berbeda dengan hunian rumah tapak yang fasilitasnya tidak selengkap jika Pins membeli apartemen. Jadi, sebelum memutuskan pilihan antara beli rumah atau apartemen, pertimbangkan juga kelengkapan fasilitas yang akan Pins dapatkan.

Jika mencari hunian dengan fasilitas yang lengkap dan mudah dijangkau, apartemen merupakan pilihan yang tepat untuk Pins.

4. Meningkatkan Prestise Bagi Pemiliknya

Apartemen masih dipandang sebagai jenis hunian yang mewah dan pemiliknya memiliki status sosial yang tinggi. Persepsi inilah yang membuat orang-orang yang membeli apartemen hanyalah orang-orang yang mampu dan sudah mandiri secara finansial.

Oleh karena itu, tidak heran jika Pins membeli apartemen, maka prestise Pins juga akan meningkat.

Baca juga: Rumah Apartemen Minimalis, Hunian Yang Unggul Dan Cara Penataannya

Kesimpulan

Baik beli rumah atau apartemen, ternyata memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Dengan adanya ulasan ini, diharapkan dapat memberikan pandangan bagi Pins yang masih bingung dalam memilih jenis hunian.

Pins juga sebaiknya bijak dalam memilih jenis hunian karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan akan digunakan dalam jangka panjang.

Nah, itulah sedikit pertimbangan sebelum memilih untuk beli rumah atau apartemen. Jadi bagaimana Pins, kamu pilih rumah atau apartemen?

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel