Keuntungan Investasi Properti yang Harus Diketahui!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ January 7, 2023 ∙ 6 menit membaca

Saat ini masih banyak orang yang bertanya–tanya, apa saja keuntungan investasi properti. Pasalnya, ada banyak keuntungan investasi properti yang bisa Pins dapatkan, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Seperti yang kita ketahui, semua orang tentu membutuhkan rumah dan tanah untuk membangun rumah. Mengingat bahwa ketersediaan tanah yang semakin terbatas, maka dapat dipastikan bahwa harga properti akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh karena itulah, investasi properti merupakan pilihan tepat untuk jangka panjang. Selain karena harganya yang akan semakin mahal, Pins juga bisa menyewakan rumah atau properti tersebut dan menjadikannya sebagai sumber passive income yang menjanjikan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang investasi properti, di bawah ini kami sajikan berbagai keuntungan investasi properti yang bisa Pins dapatkan!

Baca juga: 

Keuntungan Investasi Properti

Keuntungan Investasi Properti
(Shutterstock)

Bisnis properti menjadi salah satu jenis usaha yang paling menguntungkan dan digemari oleh banyak kalangan. Tentunya, keuntungan investasi di bidang properti juga sangat banyak, seperti berikut:

Harga Properti Tidak Akan Turun

Fakta bahwa harga properti tidak akan turun disebabkan karena semakin banyak orang yang membutuhkan. Bahkan untuk daerah tertentu, harga properti kerap mengalami kenaikan yang sangat signifikan di setiap tahunnya. Seperti harga rumah di Jakarta, bali, jogja, bandung, dan di kota besar lainnya.

Semakin banyak orang berlomba mencari ataupun mendapatkan rumah di daerah tersebut. Selain untuk kebutuhan, tanah dan rumah juga dapat digunakan sebagai investasi yang sangat menggiurkan. Banyak orang atau pengusaha yang memilih properti sebagai investasi atau tabungan masa depan.

Bisnis Berkembang dengan Pesat

rumah pajak
(Shutterstock)

Setiap orang pasti melihat perkembangan pembangunan di daerah masing – masing. Ada yang berkembang pesat, bahkan ada yang sangat pesat sekalipun. Tentunya, tidak ada daerah yang perkembangan pembangunannya justru menurun.

Apalagi sekarang banyak tempat wisata yang baru di temukan, sebenarnya itu adalah peluang bagi Pins yang ingin menginvestasikan uangnya ke dunia properti. Pins bisa membeli tanah di daerah yang sudah ramai dibicarakan orang banyak.

Baca juga: Mencoba Bisnis Properti? Ini To Do List yang Bisa Kamu Lakukan

Potensi Pengembalian Tinggi

Investasi real estate menawarkan potensi pengembalian yang tinggi. Seorang sirip rumah, misalnya, secara realistis dapat menginvestasikan $100.000 untuk biaya akuisisi dan renovasi, kemudian menjual properti tersebut seharga $ 150.000.

Itu adalah laba atas investasi 50% dalam beberapa bulan, dan bahkan tidak memperhitungkan leverage. Investor persewaan secara rutin memperoleh hasil tahunan dalam kisaran 8% hingga 12%. Investasi real estate memiliki beberapa hambatan untuk masuk, sehingga membatasi persaingan di antara investor.

Sementara siapa pun yang memiliki $ 100 dapat berinvestasi di saham secara instan melalui akun perantara mereka, dibutuhkan lebih banyak uang, waktu, dan keterampilan untuk investasi real estate. Ini membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Baca juga: Apa Skill yang Harus Dimiliki Investor Real Estate?

Leverage

Mengapa banyak orang berinvestasi di Real Estat
(Shutterstock)

Investor real estate dapat menggunakan uang orang lain untuk membangun portofolio mereka sendiri atau membiayai kegagalan mereka.

Perhatikan contoh di atas, tetapi bayangkan jika kamu meminjam 80% dari harga beli dan biaya renovasi. Secara keseluruhan, kamu mungkin menginvestasikan sekitar $20.000 dalam bentuk tunai dari $100.000 dalam total biaya.

Alih-alih mendapatkan $50.000 dari investasi $100.000, pengembalian 50%, kamu justru mendapatkan $50.000 dari investasi $20.000. Itu adalah pengembalian 250% atas investasi tunai. Itulah kekuatan leverage.

Penghasilan Pasif yang Berkelanjutan

Saat Pins membeli properti sewaan, Pins akan langsung mendapatkan penghasilan pasif dalam bentuk sewa. Properti itu dapat terus menghasilkan pendapatan selamanya.

Jika Pins memiliki properti sewaan yang cukup, pada akhirnya kamu dapat menutupi biaya hidup tanpa pekerjaan harian. Pins juga akan mencapai kemandirian finansial dan dapat pensiun jika mau, berapa pun usiamu.

Beberapa investasi menawarkan hasil pendapatan yang sama seperti properti sewaan pada tingkat risiko yang dapat dikelola yang sama.

Pengembalian yang Dapat Diprediksi

cara gadai sertifikat rumah di pegadaian
(Shutterstock)

Ketika Pins berinvestasi dalam reksa dana indeks saham, yang dapat dilakukan hanyalah melihat pengembalian pasar saham historis dan berharap masa depan membawa pengembalian jangka panjang yang sama. Namun di sini, Pins dapat memprediksi keuntungan infestasi properti secara akurat.

Seorang sirip rumah, dapat memperkirakan biayanya: harga beli, biaya penutupan awal, biaya renovasi, biaya pembawa, dan biaya pemasaran. Mereka juga dapat memperkirakan pendapatan dalam bentuk nilai setelah perbaikan rumah (ARV).

Perbedaan antara keduanya adalah margin keuntungan mereka. Demikian pula, investor persewaan dapat meramalkan semua pengeluaran, dan mereka mengetahui sewa pasar. Itu membuat mereka memiliki angka arus kas tahunan rata-rata.

Keuntungan Pajak

Investor real estat dapat memotong setiap biaya yang dapat dibayangkan dari tagihan pajak mereka, tanpa harus merinci pemotongan mereka.

Dari perbaikan hingga manajemen properti, perjalanan hingga biaya pembukuan, investor real estate mengurangi semuanya. Mereka bahkan dapat mengurangi beberapa biaya kertas yang sebenarnya tidak perlu mereka keluarkan, seperti depresiasi.

Jika Pins memiliki properti setidaknya selama satu tahun, Pins akan membayar tarif pajak capital gain yang lebih rendah. Melalui taktik seperti 1031 pertukaran, bahkan dapat menghindari membayar pajak capital gain.

Perlindungan Inflasi

Setiap orang tentu akan membutuhkan tempat tinggal. Real estate memiliki nilai intrinsik, jadi ketika inflasi melanda, orang cukup membayar lebih banyak dolar untuk properti yang sama.

Hal yang sama tidak berlaku untuk investasi hutang seperti obligasi, selain dari kasus-kasus khusus seperti Surat Berharga yang dilindungi Inflasi Treasury.

Jika Pins membeli obligasi satu tahun dengan pembayaran bunga 3%, dan inflasi melonjak sebesar 5% tahun itu, secara efektif akan kehilangan 2% atas investasi.

Mengingat kinerja komparatifnya yang kuat, real estat tetap menjadi investasi favorit abadi untuk melindungi dari inflasi.

Keuntungan Investasi Properti Villa dan Hotel

Keuntungan Investasi Properti
(Shutterstock)

Properti tidak harus dalam bentuk rumah, Pins juga bisa membeli tanah. Tidak perlu langsung di bangun hunian seperti rumah, villa, ataupun guest house. Jika belum memiliki modal untuk membangun, cukup membiarkan tanah begitu saja.

Tunggu waktu beberapa tahun kemudian, pasti harga tanah akan naik. Apalagi jika tanah yang dibeli mempunyai prospek yang baik. Semua itu tergantung kejelianmu saat melihat peluang prospek tidaknya properti yang kamu beli.

Keuntungan Sistem Sewa Tanah

Bisnis properti akan sangat menguntungkan, terlebih lagi jika ada yang tertarik untuk menyewa tanah. Keuntungan yang dimiliki saat berinvestasi menjadi ganda, yang pertama untung karena biaya sewa, dan yang kedua keuntungan karena kenaikan harga properti.

Jika memiliki sisa lahan dan lokasinya strategis, kamu bisa mendirikan ruko, lalu disewakan. Dengan demikian, Pins sudah bisa menjadikan aset tanah tersebut sebagai passive income yang menguntungkan.

Nah, itu dia Pins berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi Properti. Bagaimana, apakah Pins tertarik untuk investasi properti? Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ruma Priva dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia