BlogLifestyleKesehatan15 Jenis Makanan Karbohidrat Tinggi yang Baik untuk Tubuh
0
0

15 Jenis Makanan Karbohidrat Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Jul 20, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
makanan karbohidrat tinggitop-right-banner

Karbohidrat merupakan zat gizi yang sangat penting bagi proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Konsumsi makanan karbohidrat tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena manfaat karbohidrat yang sangat banyak. Sebaliknya, kekurangan karbohidrat bisa mengundang masalah bagi kesehatan. 

Kamu yang tinggal di daerah perkotaan seperti perumahan di Bekasi atau rumah eksklusif lainnya perlu memastikan asupan karbohidrat. Manfaatnya yang banyak sama seperti banyaknya fungsi PinValue dari Pinhome untuk mengetahui estimasi harga rumah. 

Karbohidrat sendiri adalah satu atau beberapa senyawa kimia termasuk gula, pati, dan serat yang mengandung atom C, H, dan O dengan rumus Cn(H2O)n.

Di dalam karbohidrat terdapat beberapa unsur seperti karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat bisa ditemui di sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, jagung, gandum, dan sebagainya. 

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Tinggi Karbohidrat

Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang diproses secara minimal adalah sumber karbohidrat yang baik di samping mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya. 

Sebagai perbandingan, produk karbohidrat olahan sering mengandung lebih sedikit atau tidak sama sekali nutrisi tambahan ini. Berikut adalah makanan tinggi karbohidrat yang sebaiknya diolah secara minimal.

1. Ubi Jalar

makanan tinggi karbohidrat
Source : Pixabay

Makanan tinggi karbohidrat pertama adalah ubi jalar atau sweet potatoes. Satu ubi jalar berukuran besar 180 gram (g) dengan kulitnya mengandung 37,3 g karbohidrat. 

Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber potasium dan vitamin A dan C yang sangat baik. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa beberapa molekul karbohidrat dalam ubi ungu juga memiliki manfaat antioksidan dan antitumor.

2. Buah Bit

Buah bit atau akar bit adalah sayuran akar ungu manis yang bisa dimakan mentah atau dimasak. Satu cangkir bit mentah mengandung 13 g karbohidrat. Bit kaya akan potasium, kalsium, folat, dan vitamin A. Selain itu, bit juga memberi nitrat anorganik alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Jagung

Jagung adalah sayuran populer yang dapat dinikmati sepanjang tahun sebagai lauk, direbus, atau salad. 100 gram jagung mengandung 18,7 g karbohidrat dan 3,27 gram protein. Manfaat jagung banyak karena menyediakan vitamin C dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

4. Gandum

makanan tinggi karbohidrat
Source : Pixabay

Gandum adalah pseudo grain yang bergizi. Rasanya mirip dengan jenis biji-bijian lainnya. Satu cangkir gandum mengandung 39,4 gram karbohidrat, 8,14 gram protein, dan 1,61 gram gula. Gandum juga kaya akan mineral, termasuk magnesium, potasium, dan fosfor.

5. Nasi Merah

Makanan tinggi karbohidrat berikutnya adalah nasi merah. Makanan yang satu ini seringkali dijadikan alternatif untuk nasi putih karena dianggap lebih sehat. Satu cangkir nasi merah matang mengandung 45,8 gram karbohidrat. Nasi merah juga kaya antioksidan.

6. Oatmeal

Oat adalah biji-bijian serbaguna. Secangkir oat mentah menyediakan 103 gram karbohidrat, 26,4 gram protein, dan 16,5 gram serat. Manfaat oatmeal dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sementara serat oat dapat mengurangi risiko kejadian kardiovaskular pada pasien dengan penyakit arteri koroner.

7. Pisang

Pisang merupakan buah yang bisa dinikmati secara langsung maupun diolah lebih dahulu. Jenis-jenis pisang juga banyak dan semuanya bisa dikonsumsi.  Satu pisang ukuran sedang mengandung 26,9 gram karbohidrat. Seperti ubi jalar, pisang juga kaya potasium dan vitamin A dan C.

Baca juga: Nah Ini Dia 10 Manfaat Jagung yang Penting untuk Tubuh

8. Apel

makanan tinggi karbohidrat
Source : Pixabay

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) memperkirakan bahwa satu apel berukuran sedang mengandung 20,6 gram karbohidrat. Apel juga menyediakan vitamin A dan C, potasium, dan serat. Buah apel dapat menurunkan risiko kematian terkait penyakit, termasuk kematian akibat kanker.

9. Mangga

Mangga adalah buah tropis yang manis. Satu cangkir mangga mengandung sekitar 24,8 gram karbohidrat. Buah ini juga tinggi vitamin A dan C, potasium, dan serat.

10. Kurma

Ada banyak jenis kurma, dan secara alami cukup manis untuk dijadikan makanan ringan atau pencuci mulut. Ada 18 gram karbohidrat dalam satu kurma Medjool. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, potasium, dan vitamin A. Manfaat kurma untuk kesehatan juga sangat banyak.

11. Kismis

Kismis adalah anggur kering yang berfungsi sebagai camilan yang bisa dimakan langsung atau dijadikan campuran makanan lain. Satu cangkir kismis mengandung 130 gram karbohidrat. Kismis juga mengandung kalium, magnesium, fosfor, dan kalsium.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh

12. Goji Berry

makanan tinggi karbohidrat
Source : Pixabay

Ada 77 gram karbohidrat dan 13 gram serat dalam 100 gram Goji berry. Buah yang satu ini juga merupakan sumber vitamin A. Kandungan antioksidannya juga sangat tinggi sehingga goji berry dijuluki sebagai “makanan super”.

13. Kacang Merah

Kacang merah termasuk dalam makanan tinggi karbohidrat berikutnya. Dalam satu cangkir kacang merah rebus terdapat 40 gram karbohidrat. Kacang yang satu ini juga merupakan sumber protein dan serat yang baik, masing-masing dengan 15,3 gram dan 13,1 gram per cangkir.

14. Buncis

Buncis juga termasuk dalam jenis kacang-kacangan. Satu cangkir buncis matang menyediakan sekitar 44,9 gram karbohidrat dan 14,5 gram protein. Manfaat buncis untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi karena kaya akan serat dan kalsium.

15. Kacang Lentil

Lentil adalah kacang-kacangan berprotein tinggi dan termasuk dalam makanan tinggi karbohidrat. Satu cangkir lentil rebus menyediakan 39,8 gram karbohidrat di samping 17,9 gram protein dan 15,6 gram serat. Kacang lentil juga tinggi fosfor, kalium, kalsium, dan folat.

Itulah 15 jenis makanan tinggi karbohidrat yang perlu kamu ketahui. Perlu diketahui, kekurangan karbohidrat bisa berpengaruh pada gula darah, berat badan, hingga tingkat kolesterol.

Baca juga: 

Feature Image Source: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini:


KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download