Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Tanaman Sayur Paling Cocok di Rumah

Hobi

Tanaman Sayur Paling Cocok di Rumah

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Berkebun adalah hobi yang menguntungkan. Selain dari segi bisnis, berkebun juga dapat menjaga kesehatan seseorang lahir dan batin. Dengan merawat tanaman, suasana pikiran yang penat karena bekerja dapat tersalurkan pada sesuatu yang produktif juga. Hasilnya, tubuh lebih bugar karena hati dan pikiran tenang lewat berkebun.

Belakangan semakin dikenal apa yang disebut dengan konsep berkebun di rumah atau urban farming. Konsep ini khusus mengacu pada kegiatan berkebun dengan menanam sayuran yang biasa dikonsumi dan ditanam di perkebunan besar, hanya saja perbedaanya cara ini dilakukan di lahan sempit perkotaan dengan memanfaatkan polybag, atau bahkan hidroponik sebagai media tanam. Tapi tentunya tak semua sayur pas untuk jenis berkebun yang satu ini, kenali jenis tanaman apa saja yang cocok untuk ditanam di rumah atau pekarangan.

Lima Jenis Sayur Untuk Urban Farming, Kenali Dan Dapatkan Manfaatnya

Berkebun dirumah jelas berbeda dengan diladang. Perbedaan mendasar tentu dari segi luasan lahan yang digarap, serta tujuannya. Kebanyakan berkebun di ladang yang luas bertujuan memang untuk bisnis dan konsumsi masal, tapi berkebun dirumah lebih pada kesenangan atau hobi, tak jarang juga bisnis hanya dalam skala yang lebih kecil dan eksklusif. Ingin mencoba? Lima jenis sayuran ini pas tampaknya untuk memulai keinginan tersebut.

rumah tanaman
rumah tanaman

1. Cabai Rawit, Si Kecil Dengan Harga Selangit

Saat harga sedang tinggi, sekilo cabe rawit bisa tembus kisaran 100 ribu an. Tapi kita sebenarnya bisa membudidaya tanaman ini dengan mudah dirumah. Tak perlu lahan luas, cukup pot dengan media tanam yang baik, niscaya cabai rawit tumbuh subur. Meski harga mahal, tentu kegemaran makan pedas tak perlu terhenti, sebab tanaman ini tumbuh subur di hampir semua habitat dengan mudah.

2. Terung, Tampak Indah Lezat Tuk Aneka Sayur atau Lalapan

Bagi yang masih punya lahan pekarangan kosong, tumbuhan bernama inggris eggplant ini pas untuk coba ditanam. Bibit yang mudah didapat serta kecepatan tumbuh hingga berbuah bisa jadi pertimbangan tersendiri untuk menanamnya. Perawatannya pun tak rewel, asal habitat pas serta penyiraman benar, niscaya kegemaran makan sayur tak lagi terhambat meski tak pergi kepasar.

3. Sawi, Segar Nan Hijau, Mudah Dibudidaya Aneka Media

Identik dengan bakmie, sayuran berwarna hijau ini sangat cantik dan mudah ditanam dirumah. Warna hijaunya bisa segarkan mata. Sementara usia tanam yang tak terlalu lama bisa jadi pertimbangan bagi penyuka urban farming yang hobi bertanam sayur yang cepat panen.

4. Daun Bawang, Pelengkap Bumbu Dapur, Penyedap Masakan

Beberapa masakan Indonesia atau oriental identik dengan sayuran dengan aroma yang khas ini. Mudah untuk menanamnya di lahan sempit tanahnya subur. Meski dikenal sebagai tanaman bersuhu dingin antara 19-24 derajat celcius. Tanaman ini juga bisa tumbuh di daerah berhawa hangat hingga panas. Untuk mendapatkan bibit bisa dilakukan dengan dua cara, vegetatif atau menyepih dari daun bawang yang sudah tumbuh, juga generatif atau langsung dari bibitnya.

5. Tomat, Mudah Dibudidaya, Cantik Bila Berbuah, Untuk Aneka Masakan, Utamanya Sambal

Penyuka sambal tentu kenal sayur yang satu ini. Apalagi kalau bukan tomat, si buah dengan aneka warna mulai hijau hingga merah. Tak lengkap rasanya bila belum menyantap sambal tombat dengan tempe goreng, sungguh membuat liur menetes. Tapi siapa sangka sayur dalam bentuk buah yang satu ini sangat mudah dibudidaya, bibitnya cukup dengan tomat busuk yang tak habis terpakai. Media tanamanya bisa menggunakan polybag atau ditanam langsung di tanah, jarak semai ideal berkisar 5 cm bila inggin ditanam berjajar.

Urban farming adalah hobi yang menyenangkan sekaligus menyegarkan. Tak hanya itu, bila berhasil maka sayur yang tumbuh bisa dipakai untuk konsumsi pribadi. Setidaknya akan mengurangi beban belanja, terutama bila harga cabai sedang tinggi. Selamat berkebun. Semoga mendapatkan manfaat!

Tags :

Bagikan Artikel