Pinhome

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 2 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Penyakit jantung merupakan penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Saat ini penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di Indonesia. Mengetahui cara menjaga kesehatan jantung tentu dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Faktanya, banyak orang yang meninggal karena penyakit ini. Fakta ini juga menimbulkan reaksi yang berbeda-beda dari setiap individu. Ada yang berubah menjadi lebih waspada dan melakukan cara-cara menjaga kesehatan jantung. Ada juga yang masih bersikap masa bodoh, berpikiran bahwa setiap orang akan meninggal pada waktunya.

Namun tetap saja, banyak hal yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat mengurangi serangan jantung dan meningkatkan peluang untuk bertahan hidup jika mendapat serangan jantung.  

Baca juga : Cara Mengobati Malaria Pada Anak

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh. Ia bekerja sepanjang hari tanpa ada henti. Seperti yang kita tahu jantung berfungsi memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Setiap harinya, organ ini memompa 16.000 liter darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah sepanjang sekitar 90.000 km.

Meski ukurannya hanya sekepalan tangan, jantung bekerja dua kali lipat lebih keras dan tanpa pamrih. Denyut jantung akan berdetak lebih cepat, saat seseorang membutuhkan lebih banyak oksigen saat bekerja atau beraktivitas, dan akan kembali normal setelahnya.

Sudah sepatutnya adalah kewajiban kita untuk menjaganya. Rasanya tidak adil jika kita lalai menjaga kesehatan jantung. Maka dari itu, sebaiknya kita menjaga kesehatan organ jantung yang merupakan “jantungnya” kesehatan.

Berikut di bawah ini anjuran-anjuran yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil risiko penyakit jantung dan cara menjaga kesehatan jantung dengan rumus JANTUNG SEHAT.

Baca juga : Kebiasaan Mandi yang Salah dan Buruk Bagi Kesehatan

JANTUNG SEHAT

Jangan pernah merasa bahwa diri kita kebal terhadap penyakit jantung, apalagi jika memiliki faktor risiko keturunan yang mengidap penyakit jantung. Apalagi jika dirasa kita tidak menerapkan pola hidup sehat. Sudah jelas, akan ada kecenderungan kita bisa mengidap penyakit ini.

Anda sangat terlibat dan bertanggung jawab atas kondisi jantung yang dimiliki. Seseorang tidak bisa menyerahkan kesehatan jantung pada dokter sekalipun.

Nah, yang terpenting adalah sebuah ketelatenan untuk melangkah ke arah selanjutnya

Turunkan berat badan, supaya tidak melebihi batas normal. orang yang terlalu gemuk dapat berisiko besar terkena penyakit jantung karena terhimpit lemak. Sebab jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah tambahan sepanjang 300 km untuk setiap ½ kg lemak tambahan pada tubuh.

Usahakan agar tekanan darah tetap stabil. Sebab tekanan darah tinggi menjadi faktor utama dalam terjadinya serangan jantung.

Nikotin dapat meningkatkan tekanan darah secara mendadak dan merangsang jantung untuk berdenyut lebih cepat. Itu sebabnya mengapa merokok menjadi salah satu dari ketiga faktor risiko utama bagi serangan jantung, selain tekanan darah tinggi serta kolesterol.

Gula darah yang tinggi juga harus diturunkan. Usahakan untuk menjaga pola makan dengan menghindari terlalu banyak makanan manis dan rutin berolahraga.

Baca juga : Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Cepat

Serat sangat penting bagi pencernaan dan penurunan kolesterol. Usahakan untuk makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan sebanyak mungkin.

Enggan mengurangi asupan makanan yang berasal dari hewan sama saja meningkatkan risiko terhadap serangan jantung. Makanan tinggi lemak bisa menyebabkan tinggi kolesterol. Cobalah untuk membatasi makan-makanan tersebut.  

Hiduplah dengan bergerak aktif. Rutin olahraga adalah solusi dari berbagai macam penyakit. Cobalah untuk melakukannya secara teratur dan terukur. Minimal 30 menit dalam sehari, lakukan olahraga yang mampu menyenangkan hatimu. Seperti jogging, berenang, bersepeda atau jalan-jalan kecil.

Atur segala aktivitas hari-hari dengan membuat jadwal. Supaya hidup menjadi lebih teratur dan tidak menimbulkan pekerjaan yang menumpuk. Sehingga dapat mengurangi beban dan mengurangi stress sehari-hari. Sedialah waktu untuk bersantai atau beristirahat menikmati hari dengan tenang.

Tuhan selalu menolong setiap yang berada dalam kesulitan. Sebagai manusia yang bertuhan, hendaklah melakukan kewajibannya sebagai hamba, hal ini juga dapat memberikan ketenangan pada jiwa.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kaki Pecah Pecah Secara Alami

Gaya Hidup Sehat

Sayangi jantung kita mulai dari sekarang, cukup lakukan kebiasaan sederhana namun baik untuk membantu tubuh agar terhindar dari penyakit jantung. hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk cara menjaga kesehatan jantung:

Sarapan

Awali pagi harimu dengan sarapan, supaya siap untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. Selain itu sarapan juga dapat mengurangi keinginanmu untuk ngemil, sehingga dapat mengurangi risiko obesitas yang akan menyumbat pembuluh darah.

Jalan Kaki

Hal sederhana ini cocok untuk kamu yang malas untuk bergerak banyak atau tidak memiliki waktu banyak untuk sekadar lari pagi atau pergi ke tempat gym, namun tetap ingin menghindari risiko penyakit jantung. kamu bisa melakukan aktivitas jalan kaki untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Tertawa

Gelak tawa dapat membantu mengurangi hormon penyebab stres dan meningkatkan produksi oksigen. Selain itu, tertawa juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab risiko penyakit jantung.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur menyebabkan hormon berubah menjadi tidak seimbang dan sering kali memicu adanya stres. Kemudian tekanan darah, gula darah dan denyut jantung meningkat. Maka dari itu setiap orang disarankan untuk tidur 8 jam sehari supaya imun dapat memproduksi sel-sel baru dan mencegah munculnya berbagai macam penyakit.

Cobalah untuk melakukan anjuran-anjuran di atas, hal ini juga menunjukkan betapa kita bisa menghargai setiap apa yang tuhan berikan. Maka kita telah melakukan cara menjaga kesehatan jantung dan berlaku adil kepada jantung kita.

Baca juga : 16 Cara Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Cepat dan Alami

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang cara menjaga kesehatan jantung. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui cara menjaga kesehatan jantung.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Properti
Properti 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Dalam jual beli property, transaksi yang terjadi memiliki nominal yang sangat besar. Oleh sebab itu

Properti
Properti 5 Rekomendasi Perumahan di Bogor

Kota Bogor sering dijadikan destinasi wisata, terutama bagi orang-orang yang tinggal ibukota. Se

Properti
Properti Wajib Tahu! Kenali Perbedaan antara Perumahan Cluster, Residence, dan Townhouse

Perumahan terdiri dari berbagai macam model. Hal ini dapat disebabkan dari konsep awal perancang da

Properti
Properti 6 Rekomendasi Perumahan di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Tujuan orang-orang m

Lifestyle
Lifestyle 7 Tampilan Rumah Mak'e Soimah, Ada Di Jakarta dan Di Jogja, Lho!

Bukan hanya di Jakarta saja, ternyata Soimah juga punya rumah di Jogja, tepatnya di Bantul. Rumah S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia