BlogKesehatanNah Ini Dia 10 Manfaat Jagung yang Penting untuk Tubuh
0
0

Nah Ini Dia 10 Manfaat Jagung yang Penting untuk Tubuh

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jun 27, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat Jagungtop-right-banner

Jagung atau nama lainnya Zea mays adalah salah satu sumber makanan pokok yang paling penting dan umum di dunia. Selain rasanya yang lezat, manfaat jagung juga banyak terutama untuk kesehatan serta memberikan dampak positif untuk tubuh.

Tak ayalnya dengan aplikasi Pinhome yang punya segudang manfaat di bidang properti. Kamu yang ingin menjual rumah bisa pasang iklan rumah gratis di Pinhome.

Sedangkan kamu yang hendak mencari rumah bisa menggunakan fitur pencarian personalisasi. Misalnya kamu ingin mencari perumahan di Jakarta Selatan. Filter pencarian akan membantu kamu menampilkan rumah yang sesuai kriteria saja. Selain itu kamu juga melakukan pengajuan KPR untuk membeli rumah impian kamu hanya lewat aplikasi.

Siapa sangka jagung yang biasanya hanya menjadi camilan ternyata punya banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat jagung untuk kesehatan.

Baca juga: 15 Manfaat Sereh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Gizi Jagung

Manfaat Jagung
Source : Shutterstock

Bukan hanya jagungnya saja, namun manfaat air rebusan jagung juga banyak loh. Hal ini dikarenakan adanya kandung gizi yang melimpah di dalam jagung. Berikut kandungan yang ada.

Kalori:96
Air:73%
Protein:3,4 gram
Karbohidrat:21 gram
Gula:4,5 gram
Serat:2,4 gram
Lemak:1,5 gram

Baca juga: Catat! 15 Manfaat Daun Pepaya Ketika Dikonsumsi

10 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jagung
Source : Shutterstock

Banyaknya kandungan gizi di dalam jagung, tidak heran jika jagung memiliki segudang manfaat. Lalu apa saja manfaat jagung untuk tubuh?

1. Sumber Energi yang Tinggi

Jagung adalah sumber energi yang kaya, terutama karena mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan pasokan energi bertahap. Karbohidrat ini dipecah menjadi glukosa, yang menjadi bahan bakar utama bagi otak dan otot. Konsumsi jagung dapat membantu menjaga stamina fisik dan meningkatkan kinerja atletik.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh

2. Kaya Akan Serat

Jagung mengandung serat pangan yang tinggi, baik serat larut maupun serat tak larut. Serat ini berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus besar. Serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengendalikan kadar gula darah.

3. Sumber Antioksidan

Jagung mengandung senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang berperan dalam melindungi mata dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca juga: 15 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam jagung juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL jahat, sementara antioksidan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengkonsumsi jagung secara teratur, Kamu dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam jagung membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan mengurangi risiko gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare. Serat tak larut dalam jagung juga berperan dalam menjaga kesehatan usus dengan memberikan makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

6. Sumber Vitamin B

Jagung mengandung berbagai jenis vitamin B, termasuk thiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), dan asam folat (B9). Vitamin B berperan penting dalam metabolisme energi, fungsi saraf, produksi sel darah merah, serta perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Jagung mengandung mineral penting seperti fosfor dan magnesium, yang diperlukan untuk kesehatan tulang yang optimal. Fosfor berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, sementara magnesium membantu dalam penyerapan kalsium dan pembentukan struktur tulang yang kuat.

8. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam jagung membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang menjaga kekencangan dan kelembapan kulit. Sementara itu, vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

9. Menjaga Kesehatan Otak

Jagung mengandung asam folat, yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang sehat. Asam folat juga memiliki peran dalam produksi dan pemeliharaan sel saraf. Konsumsi jagung dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan kesehatan kognitif secara keseluruhan.

10. Menurunkan Risiko Kanker

Jagung mengandung senyawa fitokimia, seperti karotenoid dan flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan DNA dan peradangan, sehingga mengurangi risiko perkembangan kanker tertentu, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

Jagung bukan hanya makanan yang lezat, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan yang penting untuk tubuh. Dari sumber energi yang tinggi hingga perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker, jagung dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Untuk memanfaatkan manfaat jagung ini, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk segar atau dimasak dengan cara yang sehat, seperti dikukus atau direbus, tanpa menambahkan gula atau lemak berlebih. Selamat menikmati jagung dan menjaga kesehatanmu dengan baik!

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Secara Baik dan Benar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download