Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Hobi

Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tanaman bidara dikenal di kalangan kaum muslim sebagai tanaman yang ampuh dan berkhasiat mengusir setan dan roh jahat. Tanaman ini juga telah disebutkan di beberapa ayat suci Al-quran dan dikaitkan memiliki khasiat menangkal dan mengobati sihir. Tapi apakah hal itu benar, Pins? Faktanya, daun bidara juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Mari kita simak apa saja fakta dan mitos mengenai tanaman bidara.

Ampuh Obati Penyakit Sihir, Mengusir Jin dan Menangkal Sihir, Mitos?

Dilansir dari Tribun Jabar, awalnya daun bidara disebutkan pada surat Al Baqarah ayat 102 ketika digunakan untuk mengusir setan kepada Nabi Sulaiman menggunakan air dan daun bidara yang ditumbuk halus. Sembari dibacakan ayat kursi dan surat lainnya. Walaupun sampai saat ini, daun bidara sering digadang-gadang ampuh untuk mengusir setan, faktanya belum ada dalil dasar yang dapat diketahui untuk hal tersebut, Pins.

Namun bagi kamu yang memiliki ataupun berencana menanam tanaman bidara, jangan khawatir, karena daun bidara memiliki banyak khasiat untuk kesehatan

Faktanya, Daun Bidara Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Tanaman bidara yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana berasal dari Timur Tengah. Di Indonesia sendiri, tanaman ini biasanya tumbuh di daerah Nusa Tenggara Barat, Pins. Kandungan buah dan daunnya yang kaya akan polifenol dan flavonoid, menjadikan daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

#1 Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan antiinflamasi dan antibakteri dalam daun bidara dapat membantu luka sayatan, luka goresan maupun luka bakar  menjadi cepat sembuh. Cara menggunakannya adalah tumbuk daun bidara dan campurkan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu kamu bisa membalurkannya pada area yang terluka, Pins.

#2 Mencegah berbagai penyakit

Dengan kandungan fenolat di daun dan buahnya, tanaman bidara dijadikan juga sebagai pengobatan alternatif karena dapat bertindak sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba dan anti jamur. Kandungan antibakteri dan antiseptik dalam daun bidara biasanya digunakan untuk membantu mengatasi masalah keputihan dan menjaga kebersihan daerah kewanitaan.

#3 Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi sembelit / konstipasi. Jika kamu sedang sembelit, minumlah rebusan daun bidara setiap hari, Pins. Daun bidara dipercaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengobati wasir. Caranya adalah dengan minum air rebusan daun bidara secara rutin, atau mengaplikasikan daun bidara ke bagian wasir.

#4 Melawan sel kanker

Kandungan saponin dalam daun bidara dapat melawan pertumbuhan sel kanker tertentu di dalam tubuh.

#5 Membantu melawan diabetes

Daun bidara dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Bagi para penderita diabetes disarankan mengonsumsi air rebusan daun bidara setiap hari.

#6 Membantu mengatasi jerawat

Kandungan antibakteri di daun bidara juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Daun bidara dapat membantu membersihkan kulit agar tetap sehat. Caranya mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun bidara dan berikan sedikit air serta lemon hingga mengental menjadi pasta. Setelah itu, Pins bisa mengoleskan ke bagian yang berjerawat dan menggunakannya sebagai masker.

Diamkan masker alami bidara selama 20 menit atau hingga mengering. Bilas hingga bersih. Lakukan ini secara rutin selama 2 bulan, sebanyak 3 – 4 x seminggu.

#7 Membantu merawat rambut

Selain itu, air rebusan daun bidara dapat digunakan sebagai hair tonic untuk mencegah rambut rusak dan rontok serta membuat rambut menjadi lebih kuat.

Baca juga 9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

Itulah fakta dan mitos mengenai tanaman bidara. Baca juga Cara Menanam Pohon Bidara. Semoga bermanfaat!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel