BlogLifestyleKesehatan10 Jenis Minuman yang Bisa Meredakan Sariawan
0
0

10 Jenis Minuman yang Bisa Meredakan Sariawan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Agu 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
minuman untuk sariawantop-right-banner

Mengalami sariawan bukanlah hal yang menyenangkan. Tidak hanya merasakan sakit, sariawan juga dapat membuat penderitanya jadi malas untuk makan, beraktivitas, dan berbicara. Menhindari sariawan merupakan hal yang sangat penting, khususnya bagi seseorang yang setiap harinya dituntut untuk aktif berbicara atau berkomunikasi secara verbal. Pada artikel kali ini Pinhome telah merangkum beberapa jenis minuman untuk sariawan.

Sariawan harus dicegah dan diwaspadai, karena bisa mengganggu aktivitas dan menurunkan produktivitas. Mencega sariawan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari istirahat cukup, memenuhi kebetuhan cairan harian, menghindari stres, menjaga kesehatan mulut, dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan mulut cedera.

 kamu bisa cek estimasi harga rumah. Selain itu kamu juga bisa cek cara pengajuan KPRApabila kamu sedang cari rumah di Bogor, mencari rumah di Jakarta Timur, rumah di Paradise Serpong City dan rumah bekas di Kec Bandung Wetan bisa juga cari di Pinhome. 

Baca juga:

Jenis Minuman Yang Bisa Meredakan Sariawan

minuman untuk sariawan
Source : Freepik

Sariawan merupakan luka kecil dengan gejala bercak putih, abu-abu, atau kunig namun kemerahan di bagian pinggirnya. Sariawan dapat terjadi di mulut bagian bibir, lidah, bagian dalam pipi, atau tenggorokan. Walaupun tidak membahayakan, akan tetapi luka ini dapat menyebabkan rasa nyeri, perih, sensansi terbakar. Pada umumnya, gejala sariawan ringan dapat disembuhkan dengan perawatan alami. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi sariawan secara alami, seperti minuman untuk sariawan dibawah ini!

1. Air Kelapa

Minuman pencegah sariawan yang pertama yaitu air kelapa. Tidak hanya mempunyai rasa yang segar, air kelapa juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Air kelapa dikenal sebagai sumber klorida, elektrolit, magnesium, kalium, mengandung serat makan, kalsium, riboflavin, dan vitamin C. Air kelapa tidak hanya dapat mengurangi stres dan kecemasan, akan tetapi juga dapat membantu Kamu tidur lebih nyenyak, dapat membuat kita merasa lebih tenang, dan juga meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan otot.

2. Teh Chamomile

minuman untuk sariawan
Source : Pixabay

Teh chamomile mempunyai kandungan antiinflamasi yang dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi akibat sariawan. Teh chamomile juga dapat Kamu campurkan dengan madu yang bisa menambah khasiatnya.

Madu mempunyai kandungan antiseptik yang bisa menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Selain meminum tehnya, kantong dari teh chamomile juga dapat Kamu tempelkan ke bagian mulut yang sedang sariawan untuk mengobatinya.

3. Smoothies

Smoothes juga dapat menjadi minuman yang meredakan sariawan. Karena terbuat dari berbagai buah-buahan segar, pastinya smoothie mempunyai kandungan nutrisi yang banyak seperti mineral dan vitamin yang bisa menyembuhkan sariawan.

4. Jus Jeruk

Salah satu minuman yang bagus untuk dikonsumsi pada saat mengalami sariawan yaitu jus jeruk. Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang bisa mencegah dan menyembuhkan sariawan. Kamu dapat mencoba untuk minum 2 gelas jus jeruk setiap harinya agar sariawanmu dapat terobati.

Sariawan juga dapat disebabkan kekurangnnya vitamin C pada tubuh. Jus jeruk akan memastikan kebutuhan vitamin C tubuh Kamu bisa terpenuhi. Kandungan vitamin C juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga Kamu tidak akan mudah jatuh sakit.

5. Jus Sayur dan Kacang Hijau

Source : Pixabay

Sariawan juga biasanya dihubungkan dengan kekurangan zat besi dan vitamin B kompleks, khususnya vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B. Minuman pencegah sariawan yang dapat dikonsumsi sebagai sumber vitamin B dan zat besi di antaranya adalah jus kacang hijau dan jus sayuran seperti jus bayam.

6. Susu Hangat

Minum susu hangat pada malam hari sebelum tidur adalah tradisi kuno pada masyarakat India yang sangat berguna untuk memberikan perasaan tenang dan membantu Kamu tidur lebih nyenyak.

Susu hangat bisa memberikan perasaan rileks karena mempunyai efek menenangkan dan bisa membantu memperbaiki suasana hati. Manfaat susu tentunya karena terdapat kandungan asam aminio triptofan yang bisa diubah menjadi serotonin oleh neurotransmitter.

7. Kayu Manis

Kayu manis mempunyai sifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang. Untuk mengatasi sariawan, Kamu dapat mengonsumsi campuran dari bubuk kayu manis dan dicampurkan dengan air hangat. Walaupun bermanfaat, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap hal ini.

8. Madu

Madu merupakan salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi pada saat Kamu mengalami sariawan. Mempunyai kandungan antiinflamasi dan antibakteri, madu efektif untuk mengurangi rasa sakit, ukuran, dan kemerahan yang diakibatkan oleh sariawan.

Sebuah penelitian tentang manfaat madu mengatakan bahwa madu bisa mencegah terjadinya infeksi di kemudian hari. Terdapat banyak cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengolah madu. Salah satunya dengan mencampurkan madu dengan teh atau air hangat lalu meminumnya.

9. Jus Lemon

Source : Pixabay

Lemon mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu menyembuhkan luka sariawan yang terjadi di area mulut. Untuk cara mengonsumsinya, Kamu dapat memeras satu buah lemon, lalu campurkan dengan air teh, air hangat, atau air dingin. Minumlah, atau dapat juga dijadikan sebagai obat kumur.

10. Susu Kunyit

Susu kunyi atau golden milk merupakan salah satu minuman tradisional India, dan dipercaya mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan sebagai pengobatan alami. Kunyit mempunyai kandungan senyawa aktif yang bernama curcumin yang mengandung agen antiinflamasi.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2010 yang di uji coba pada tikut, didapatkan hasil bahwa curcumin bisa mengobati sariawan. Penelitian ini menemukan bahwa curcumin mengandung agen antijamur untuk membunuh spesies jamur Candida albicans dan non-albicans, apalagi jika dikombinasikan dengan piperin-senyawa aktif pada lada hitam.

Kamu dapat menggunakan ¼ sampai ½ sendok teh pasta kunyi atau bubuk kunyit, lalu campurkan dengan sedikit lada hitam dan 1 cangkir air atau susu. Kemudia panaskan dalam suhu yang hangat, lalu aduk hingga semuanya larut. Kamu juga dapat menyaring terlebih dahulu sebelum meninumnya.

Itu dia beberapa minuman yang bisa meredakan sariawan. Bagi Pins yang sedang menderita sariawan, Kamu dapat mencoba untuk mengonsumsi beberapa minuman diatas untuk mempercepat penyembuhannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download