BlogKesehatan13 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh
0
0

13 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jun 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat vitamin ctop-right-banner

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Juga dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C tidak hanya berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Tidak berbeda jauh dengan aplikasi Pinhome yang manfaatnya sangat banyak. Bagi penjual rumah akan sangat terbantu dengan banyaknya pengunjung di aplikasi Pinhome. Selain itu kamu bisa pasang iklan rumah gratis di Pinhome.

Sedangkan kamu yang mencari rumah akan sangat terbantu dengan fitur personalisasi pencarian. Selain itu kamu bisa konsultasi dengan rekan agen Pinhome yang berpengalaman. Kamu juga bisa melakukan pengajuan KPR untuk membeli rumah impian kamu tanpa harus kemana-mana. Lewat aplikasi Pinhome, semua proses akan jauh lebih mudah tanpa harus beranjak dari tempat tidur.

Pinhome sudah merangkum beberapa manfaat vitamin C jika dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Tanaman Sayuran yang Bisa Ditanam di Rumah

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat kacang hijau
Source : Shutterstock

Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu dalam produksi sel-sel kekebalan tubuh yang melawan infeksi dan penyakit. Konsumsi yang cukup dari vitamin C dapat membantu mengurangi risiko terkena pilek, flu, dan infeksi lainnya.

2. Antioksidan yang Kuat

manfaat vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang membantu melawan radikal bebas di tubuh kita. Radikal bebas dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan berbagai penyakit. Mengkonsumsi vitamin C dapat membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

manfaat vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, protein yang penting untuk penyembuhan luka. Mengkonsumsi vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka operasi, luka bakar, atau luka lainnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kacang hijau
Source : Shutterstock

Studi menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan dalam vitamin C membantu melindungi arteri dari kerusakan oksidatif, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Vitamin C juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok untuk Dirawat Oleh Pemula, Apa Saja?

5. Menjaga Kesehatan Gusi

manfaat wortel
Source : Shutterstock

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan masalah gusi seperti peradangan dan pendarahan gusi. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah penyakit gusi seperti periodontitis.

6. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi non-heme, yang ditemukan dalam makanan nabati. Jika Kamu adalah vegetarian atau vegan, mengkonsumsi vitamin C bersama dengan sumber zat besi non-heme dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Meningkatkan Kebugaran Tubuh

7. Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Karena sifat antioksidannya, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan jangka panjang.

8. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C juga berperan dalam menjaga kecantikan kulit kita. Sebagai antioksidan, vitamin C membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, yang membantu menjaga elastisitas kulit. Ini membantu mencegah penuaan dini dan munculnya kerutan.

Baca juga: 15 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

9. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat wortel
Source : Shutterstock

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Antioksidan dalam vitamin C membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas. Mengkonsumsi vitamin C secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

10. Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh kita. Ini membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan masalah tulang seperti osteoporosis.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

11. Meningkatkan Mood

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat berperan dalam meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi. Vitamin C membantu dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin, yang memainkan peran penting dalam keseimbangan mood dan emosi.

12. Menjaga Kesehatan Penuaan

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit, tulang, dan sendi tetap sehat saat menua. Mengkonsumsi vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan penuaan dan mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan usia.

13. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi Lainnya

Manfaat Vitamin C
Source : Shutterstock

Vitamin C juga berperan dalam meningkatkan penyerapan nutrisi lain dalam tubuh kita, seperti vitamin E dan beberapa mineral. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C bersama dengan makanan lain yang mengandung nutrisi penting dapat membantu memaksimalkan manfaat kesehatan yang kita dapatkan.

Itulah 13 manfaat mengkonsumsi vitamin C untuk tubuh kita. Penting untuk memastikan bahwa kita mendapatkan asupan yang cukup melalui makanan sehari-hari atau suplemen. Jika Kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengubah pola makan atau mengonsumsi suplemen baru.

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Secara Baik dan Benar


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download