BlogPemilik PropertiDesain HunianBeragam Contoh Kerajinan Kayu Palet Hasil Daur Ulang
0
0

Beragam Contoh Kerajinan Kayu Palet Hasil Daur Ulang

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kerajinan kayu palettop-right-banner

Dengan memiliki banyak waktu di rumah, Pins bisa membuat beberapa kerajinan tangan dari bahan bekas yang tentunya sangat bermanfaat, salah satunya kerajinan dari kayu palet hasil daur ulang. Bagi Pins yang masih belum memahami apa itu kayu palet dan belum memiliki ide kerajinan kayu palet, yuk simak ulasan di bawah ini!

Pinhome – Kreativitas tentu perlu diasah agar dapat berkembang dengan baik. Tidak hanya mencari inspirasi dari membaca buku atau internet saja, Pins juga harus mengasah kreativitas dengan membuat sesuatu, misalnya adalah kerajinan tangan. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini memaksa kita untuk berdiam diri di rumah demi menekan penyebaran infeksi. 

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu Kayu Palet

kerajinan kayu palet

Kayu palet atau palet kayu adalah susunan rangka kayu yang dibentuk atau disusun menjadi peti barang. Peti-peti ini digunakan untuk melindungi barang di dalamnya agar tidak rusak, lecet atau pecah. 

Biasanya peti kayu ini digunakan saat pengiriman barang-barang yang rentan pecah atau lecet. Tidak hanya saat pengiriman, peti dari kayu palet ini juga sering digunakan pada supermarket. Kayu palet sendiri adalah jenis kayu yang berasal dari pohon rambutan.

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu palet ini, antara lain:

  • Mudah ditemukan
  • Harganya murah
  • Bobot lebih ringan
  • Tampilannya rustic dan dapat dipadukan dengan barang lain
  • Kuat

Jika sebelumnya kita membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh kayu palet, jenis kayu ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Bentuknya yang tidak rata karena fungsinya yang digunakan untuk menopang berat
  • Ukuran kayu yang cenderung kecil
  • Proses finishing yang harus teliti karena mudah dimakan rayap

Setelah mengetahui apa itu kayu palet, kelebihan serta kekurangannya, maka hal selanjutnya adalah berbagai contoh kerajinan tangan dari kayu palet yang dapat kamu tiru sendiri di rumah.

Baca Juga:

Beragam Contoh Kerajinan Kayu Palet yang Unik

Jangan langsung membuang kayu yang sudah tidak terpakai, yuk lihat beragam contoh kerajinan kayu palet yang unik dan inspiratif ini!

Meja Kopi

kerajinan kayu palet

(Pinterest)

Inspirasi kerajinan dari kayu palet yang pertama adalah meja kopi. Ya, meja kopi memang cukup mudah dibuat terutama menggunakan kayu palet. Kerajinan palet kayu ini hanya memerlukan beberapa palet kayu yang kemudian disusun hingga membentuk papan yang nantinya akan digunakan sebagai alas meja. 

Jangan lupa untuk menyisakan beberapa palet kayu yang akan digunakan sebagai kaki-kaki meja. Usahakan membuat kaki-kaki meja secara kuat dan kokoh agar mampu menahan beban barang yang akan diletakkan di atas meja. 

Jika ingin tampilan meja kopi lebih keren, kamu bisa mewarnainya dengan cat atau pernis kayu jika ingin menggunakan warna alami dari kayu palet.

Baca Juga:

Kursi

(Cassie Fairy)

Selain meja kopi, kamu juga bisa membuat kursi pasangan meja kopi menggunakan palet kayu lho! Kamu bisa membuat kerajinan kayu palet ini dengan menyusun beberapa kayu palet yang kemudian dipaku agar merekat dengan kuat. 

Kamu bisa membuat dua susunan kayu hingga berbentuk persegi agar dapat digunakan sebagai alas duduk dan sandaran. Jika ingin kaki-kaki kursi yang lebih kokoh dan kuat, Pins bisa menggunakan kusen kayu kecil yang kuat. Jangan lupa untuk memberikan warna yang senada pada kursi agar lebih serasi dengan meja kopi yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga:

Floating Shelves

kerajinan kayu palet

(Pinterest)

Floating shelves atau rak melayang adalah salah satu kerajinan palet kayu yang bisa kamu buat dengan mudah. Kamu bisa membuatnya dengan berbagai model, mulai dari satu tingkat, dua tingkat atau bahkan dengan pintu penutup. 

Pins hanya membutuhkan kayu palet dan paku untuk membuat kerajinan dari kayu palet yang satu ini. Sama dengan kerajinan lainnya, jika ingin menambah estetika pada rak melayang ini, kamu bisa memberinya warna dengan cat atau menggunakan pernis kayu yang akan membuat warna kayu lebih menonjol dan bagus.

Baca Juga:

Storage Box

(Pinterest)

Kerajinan palet kayu selanjutnya yang dapat kamu buat sendiri adalah storage box atau kotak tempat penyimpanan barang. Pins bisa membuatnya dengan berbagai ukuran sesuai dengan jumlah kayu palet yang kamu miliki. 

Jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan seperti kayu palet, paku, palu, meteran dan pensil untuk mempermudah prosesnya pembuatan storage box. Supaya storage box ini memiliki tampilan rustic, Pins bisa menggunakan pernis kayu agar membuat kayu pada storage box lebih mengkilap. Pins juga perlu menambahkan gagang pintu yang membuat pintu kotak penyimpanan akan lebih mudah untuk dibuka.

Baca Juga:

Gantungan Baju

kerajinan kayu palet

(Pinterest)

Inspirasi kerajinan palet kayu lainnya adalah gantungan baju. Kerajinan yang satu ini dibuat dengan posisi menempel pada dinding, jadi kamu hanya menyusun kayu palet hingga membentuk persegi agar bisa ditempelkan dengan pengait supaya menggantung baju lebih mudah. 

Pins perlu menyiapkan kayu palet, paku, palu dan meteran supaya mempermudah proses pembuatan kerajinan kayu palet ini. Supaya mempercantik tampilan gantungan baju, kamu bisa mengecatnya dengan berbagai warna atau menyemprotkan pernis agar warna kayu pada kerajinan lebih keluar dan mengkilap.

Itulah informasi mengenai apa itu kayu palet, kelebihan dan kekurangannya, serta daftar kerajinan palet kayu yang bisa kamu contoh dan lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan terlebih dulu supaya proses pembuatan kerajinan lebih mudah dilakukan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download